Tari Kontemporer Prancis “CIE EMANUEL GAT”

Posted on May 25, 2010

0


Dalam rangka Le Printemps Français 2010, Centre Culturel Français (CCF) Jakarta mempersembahkan:

« Le Sacre du printemps » & « Voyage d’hiver » Cie Emanuel Gat Dance

Rabu, 19 Mei 2010 pk. 20.00

di Graha Bhakti Budaya – TIM

Jl. Cikini Raya No.73 Jakarta Pusat

Ritme yang memukau, irama yang luar biasa, gerakan-gerakan yang murni, gamblang, penuh keanggunan serta keindahan dalam koreografi… Dikemas dengan perasaan yang kuat dan tulus, Emanual Gat menciptakan karya tari yang sensual dan liris yang dapat kita nikmati dengan suka cita. « Saya sudah mulai menari sebelum melihat suatu koreografi. Saya pun langsung merasa bagikan ikan dalam air. » (E. Gat)

Musik dan gerak menghasilkan program ganda yang berani dimana kelompok ini menampilkan dua karya agung repertori seni musik dan dianugerahi penghargaan pada tahun 2006 yaitu Bessie Award. Koreografi yang menolak ikon-ikon ini terbukti memukau.

Salah satu pertunjukan yang wajib ditonton tahun ini yang menampilkan banyak penari di atas panggung. Ritme yang cepat, harmonisasi yang mengejutkan dan berubah-ubah… biarkan diri Anda mengikuti alunan musik dan gerakannya.

EMANUEL GAT

Emanuel Gat lahir tahun 1967. Setelah servis militer, ia memasuki dunia tari untuk pertama kalinya adalah di sebuah workshop untuk amatir yang dipimpin oleh koreografer bernama Nir Ben Gal. Enam bulan kemudian, di usia 23, Gat bergabung dengan Liat Dror Nir Ben Gal, sebuah perusahaan yang mengajaknya tur keliling dunia. Tak lama setelah itu, Gat mulai bekerja sebagai koreografer independen, ia membuat karya solo pertamanya “Four Dances” tahun 1994 untuk musik karya Bach. Selama 10 tahun kemudian Gat menciptakan sejumlah karya independen. Di antara karya-karyanya tersebut adalah “Al-Kuds” (96-98) bekerjasama dengan musisi/penulis teks Mariano Weinstein, “Kasha” (99) dimana Gat juga membuat musiknya, “A Local Recital” (2001) sebuah solo yang diciptakan bersama dengan 5 koreografer terkemuka lainnya, “Two Stupid Dogs” (2002) sebuah karya yang dibawakan oleh lima penari berkolaborasi dengan grup rap Arab MWR.

Gat menerima beasiswa dari Ballet Master Albert Gaubiers tahun 1995 dan Rosenblum Award untuk kategori seni pertunjukan. Bulan Januari 2004 ia mendirikan grup tarinya sendiri – Emanuel Gat Dance. Grup tarinya ini telah menghasilkan enam karya tari dan telah melakukan tur keliling dunia. “Le sacre du printemps” dan “Voyage d’hiver” dipentaskan pertama kalinya pada Festival Uzes pada bulan Juni 2004. Kedua karya tersebut ditampilkan lebih dari 300 kali di seluruh dunia. Pada tahun 2006 di New York, Gat memenangkan Bessie Award untuk kedua karyanya ini. Juga pada tahun yang sama, Gat menciptakan sebuah karya lainnya “K626” yang musiknya berangkat dari karya Mozart’s Requiem, dan ditampilkan pertama kali pada Festival de Marseilles.

Tahun berikutnya, grup tari ini menampilkan ‘3for 2007” (sebuah program yang terdiri dari tiga tarian: ‘My Favorite Things”, sebuah solo yang ditarikan oleh Gat dengan musik oleh John Coltrane, “Petit torn de dança”, sebuah duet dengan lagu-lagu Prancis abad pertengahan, dan “Through the center…” sebuah tarian yang dibawakan oleh 8 penari dengan musik elektronik karya Squarepusher.

“Silent Ballet”, sebuah tarian tanpa musik yang dibawakan oleh 8 penari, ditampilkan untuk pertama kalinya pada bulan Juli 2008 dalam Montpellier Danse Festival. Diproduksi bersama dengan Lincoln Center Festival New York, Romaeuropa Festival, the Sadler’s Wells Theater di London dan Montpellier Dance Festival.

Tahun berikutnya, Emanuel Gat diundang untuk membuat sebuah karya baru untuk Paris Opera Balet dengan judul Hark!, yaitu sebuah koreografi yang dibawakan 13 penari wanita dengan diiringi oleh musik karya John Dowland. Karya ini ditampilkan pertama kali di Paris, tepatnya di Palais Garnie pada bulan April 2009.

Masih di tahun yang sama, Emanuel dan Roy Assaf,  kembali bekerja sama menciptakan karya mereka selanjutnya “Winter Variations”, sebuah tarian berdurasi 50 menit yang dipentaskan pertama kalinya dalam American Dance Festival bulan Juni dan lemudian ditampilkan kembali dalam Montpellier Danse dan The Lincoln Center Festival..

Sejak grup tari ini didirikan, mereka mendapatkan pengakuan internasional atas standar artistik mereka yang tinggi dan keoriginalitasan mereka dalam tari kontemporer. Grup ini sangat sering diundang untuk tampil dalam festival-festival dan acara-acara kelas internasional seperti Lincoln Center festival di New York, Le Festival d’Automne Paris, Sadler’s Wells London, Tanz im August Berlin, Holland Dance festival, American Dance Festival, RomaEuropa, Montpellier Danse, Jacobs Pillow, Tokyo Biennale, Monaco Dance Forum, Adelaide Festival dan banyak festival lainnya. Emanuel Gat Dance belakangan ini banyak melakukan tur dengan 5 tarian dalam repertori ini: Winter Variations, Silent Ballet, My Favorite Things, The Rite of Spring (Le Sacre du printemps) and Winter Voyage (Le Voyage d’hiver)

LE SACRE DU PRINTEMPS

Koreografi, tata cahaya dan kostum : Emanuel Gat

Musik : Igor Stravinski

Menampilkan : Roy Assaf, Wendy Cornu, Michael Löhr, Rindra Rasoaveloson et dan Marie Rual

Produksi : Emanuel Gat Dance

Ko-produksi : The Suzanne Dellal Centre, Festival Uzes Danse, Monaco Dance Forum

Didukung oleh : The Dellal foundation, Théâtre de Olivier d’Istres, Ballet Monte-Carlo, the foundation of Philippe de Rothschild

VOYAGE D’HIVER

Koreografi, tata cahaya dan kostum : Emanuel Gat

Musik: Franz Schubert

Menampilkan : Roy Assaf et dan Emanuel Gat

Produksi : Emanuel Gat Dance

Ko-produksi : The Suzanne Dellal Centre, Festival Uzes Danse, Monaco Dance Forum

Didukung oleh : The Dellal foundation, Théâtre de Olivier d’Istres, Ballet Monte-Carlo, the foundation of Philippe de Rothschild

Printemps français 2010 terselenggara berkat dukungan dari & kerjasama dengan :

Official Sponsors :

Total / Aqua Danone / Carrefour / Le Méridien  / L’Oréal Professionnel / Palyja / Colas / SDV / Air France / Medco / Garuda Indonesia / eX Plaza / Plaza Indonesia  / Big Bird / Rentalindo / Classic Fine Foods

Official Partners:

Kedutaan Besar Prancis / CulturesFrance / DKI / Enjoy Jakarta / Nusantara Symphony Orchestra / Galeri Nasional Indonesia / Gedung Kesenian Jakarta / TIM / Rolling Stone Future 10 /  EFEO / CIRAD / IRD / CIFOR / IRASEC / ESMOD JAKARTA / SMK 57

Media Partners:

Metro TV / Femina / Pesona / Dewi / Gadis / CitaCinta / Cleo / Grazia / Ayahbunda / Parenting / Fit / Reader’s Digest / Radio 94.7 U FM / O Channel / TV5 / KOMPAS / KOMPAS URBANA / The Jakarta Post / Cinemags / Gadget / Macworld / Kiddo / NOW! Jakarta / Time Out Jakarta / Djakarta! the magazine / Jakarta Java Kini / Jalanjalan / AREA / Provoke! / Kantor Berita Indonesia ANTARA / Radio 90.8 FM Radio OZ / OZDiscoland / Deathrockstar.info / Sendokgarpu.com

Posted in: Culture