“GERAKAN 20.000 BUKU untuk PAPUA” Partisipasi dari Karyawan JNE dan Masyarakat Indonesia

Posted on June 2, 2010

0


Jakarta Mei 2010 – Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli mengetuk hati JNE untuk lebih peduli lagi terhadap perkembangan pendidikan anak terutama di daerah tertinggal seperti Kabupaten Bintuni, Papua Barat karena setiap anak merupakan aset berharga suatu bangsa. Kabupaten Bintuni, Papua Barat merupakan daerah yang secara geografis terhitung sulit dalam hal pendistirbusian buku, sehingga jarang mendapatkan perhatian dari masyarakat. Namun JNE PEDULI bersama British Council mengupayakan berbagai cara untuk mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaannya dikarenakan anak-anak Papua menyimpan banyak potensi untuk berprestasi dan berkembang di masa yang akan datang sama seperti anak – anak di daerah lain. Gerakan PEDULI ini diberi nama “GERAKAN  20.000 Buku untuk Papua” .

JNE merupakan perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam bidang kurir dan logistik yang akan mencapai usia ke 20 pada 26 November 2010 mendatang. Dalam menjalankan usahanya JNE selalu menerapkan tujuh nilai dasar yang selalu dijunjung tinggi oleh segenap karyawannya, ketujuh nilai dasar tersebut adalah Jujur, Adil, Disiplin, Bertanggung Jawab, Kerjasama, Peduli, dan Visioner. Dalam kegiatan “GERAKAN 20.000 Buku untuk Papua” ini JNE bekerjasama dengan British Council sebuah organisasi Internasional Inggris untuk pendidikan dan kebudayaan yang menghubungkan masyarakat dunia dengan kesempatan belajar dan ide-ide kreatif Inggris dan membangun hubungan bilateral antara Inggris dan negara-negara di dunia.

Terhitung tanggal 1 Juni 2010 akan dimulai pencetakan buku tulis oleh JNE yang nantinya akan dibagikan untuk anak-anak di Kabupaten Teluk Bintuni. Selain itu, perusahaan menghimbau 2000 karyawan JNE dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dengan memberikan buku bacaan bergambar di drop box yang telah disediakan di seluruh Kantor Cabang dan Kantor Perwakilan JNE di seluruh Indonesia selama periode tanggal 1 hingga 15 Juni 2010. Adapun jenis buku yang bisa disumbangkan yaitu berupa buku bacaan bergambar untuk anak-anak setaraf Sekolah Dasar, bukan merupakan buku pelajaran sekolah/kurikulum yang memang sudah disediakan oleh pemerintah daerah di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Penentuan sekolah-sekolah penerima buku diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan British Council sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah.

Pimpinan perusahaan merencanakan akan hadir pada acara penyerahan buku secara resmi dan simbolis kepada Pimpinan Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan yang dilaksanakan di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat pada tanggal 23 Juli 2010 bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Perusahaan berharap buku-buku tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan adik-adik kita di Kabupaten Teluk Bintuni.

Johari Zein, Direktur Pelaksana JNE menjelaskan bahwa “Perusahaan mempunyai sarana untuk pendistribusian barang ke wilayah Indonesia Timur khususnya kota Sorong, Manokwari dan Jayapura. Bisnis kami di Papua memang belum belum tergarap dengan baik seperti di wilayah lain di Indonesia. Namun kedepannya tidak menutup kemungkinan bahwa pasar tersebut akan kami garap lebih dalam mengingat adanya kenaikan tingkat pengembangan bisnis disana dari tahun ke tahun. Program seperti ini kami bikin untuk berpartisipasi dalam mewujudkan tanggung jawab social perusahaan kami – sebagai perusahaan nasional – dengan pengadaan buku tulis serta buku bacaan bergambar untuk saudara-saudara didaerah yang secara geografis agak sulit dijangkau. Ini murni karena kami peduli sehingga kami merasa ini adalah saat yang tepat untuk memfasilitasi pendistribusian buku antara masyarakat dan saudaranya di penghujung Timur Indonesia. Kami juga ingin membuka kesempatan bagi anak-anak di Wilayah Barat dan Tengah Indonesia untuk bisa berbagi kepada saudara-saudaranya sehingga apa yang mereka baca bisa ikut dibaca juga di Papua. Ibaratnya dari anak Indonesia untuk anak Indonesia” jelasnya.

JNE berharap buku-buku yang telah terkumpul nantinya bisa memajukan minat baca anak-anak di Kabupaten Bintuni dan membuat mereka memiliki semangat yang lebih lagi untuk mewujudkan masa depan dan impiannya. Karena masa depan bangsa juga ada di tangan mereka.[vf]

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

Sdri. Visi Firman
Sr. Corporate Communications Manager
JNE Express Across Nations

Jl. Tomang Raya No. 6 Jakarta Barat
Telp. 021 – 568 9950
Fax. 021 – 560 6256

Email: visi.firman@ jne.co.id

Visit us at: http://www.jne.co.id

Tagged: , ,