ANNIVERSARY – 5 years of artistic collaboration Ananda Sukarlan – Chendra Panatan

Posted on June 15, 2010

0


Jakarta, Juni 2010 — Selama 5 tahun terakhir ini komponis & pianis Ananda Sukarlan & koreografer & penari Chendra Panatan telah bekerjasama secara erat untuk membuahkan karya-karya artistik yang telah dipagelarkan di Inggris, Spanyol dan Indonesia. Beberapa hasil karya mereka akan mereka persembahkan di GKJ  tgl 24 dan 25 Juni nanti dalam Jakarta Anniversary Festival 2010.

Pagelaran ini menampilkan beberapa karya hasil kolaborasi dua seniman besar Indonesia dalam bidangnya masing-masing dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Koreografer Chendra Panatan serta komponis & pianis Ananda Sukarlan telah menghasilkan karya-karya yang menjadi tonggak sejarah musik dan tari Indonesia dan telah dipagelarkan di negara-negara Eropah, Asia, Amerika dan Australia . Mereka juga telah bersama mendirikan Yayasan Musik Sastra Indonesia (http://www.musik- sastra.com) bersama Ibu Pia Alisjahbana dan Bapak Dedi S Panigoro yang bertujuan memasyarakatkan seni pertunjukan terutama kepada mereka yang secara finansial tidak mampu.

Dalam pertunjukan ini juga akan tampil para penari dan pemusik terbaik Indonesia sebagai bintang tamu. Tema dari pertunjukan ini adalah interpretasi sebuah legenda/mitologi/ karya fiksi dalam kehidupan urban dan sehari-hari, antara lain kontras antara karya “Sweet Sorrow” yang merupakan terjemahan musikal literal dari “Romeo & Juliet” dan “West Side Story” yang merupakan transformasi (dan transportasi) cerita yang sama  ke masa kini dan ke kota besar New York. Sebagai intermezzo Ananda Sukarlan akan memainkan beberapa nomor untuk piano, antara lain “Rapsodia Nusantara no. 4″nya yang sukses besar saat premierenya April lalu, dan juga merupakan lagu wajib untuk kompetisi piano nasional “Ananda Sukarlan Award 2010” akhir Juli mendatang. Karya ini berdasarkan tema lagu rakyat yang lagi-lagi bertransformasi dalam hingar bingar kota besar di era digital ini.

Mereka juga telah bekerjasama dengan para seniman di Eropa, serta telah sukses menyelenggarakan pagelaran tari Kecak yang pertama di Spanyol 2 tahun yang lalu (2008), dengan 40 penari Spanyol yang telah dilatih khusus oleh Chendra selama 2 minggu lebih. Berkat pagelaran kolosal ini lahirlah karya-karya baru komponis Spanyol yang terpengaruh oleh bunyi dan ritme tarian Kecak, antara lain karya Sonata no. 2 “Kecak” oleh komponis National Music Award 2005, Jesus Rueda. Sonata ini telah dipagelarkan Ananda di 3 benua dan telah direkam dalam CD yang direlease oleh NAXOS .

Di pagelaran yang mencampur seni tari, sastra, musik dan lighting ini mereka akan membawakan koreografi dengan musik oleh komponis David del Puerto, Santiago Lanchares dan Ananda Sukarlan sendiri. Juga akan ditampilkan duo Ananda Sukarlan dengan pianis muda berbakat Elwin Hendrijanto, memainkan “West Side Story Symphonic Dances” karya komponis Amerika Leonard Bernstein. Duo piano ini juga akan menutup konser dengan karya besar Ananda Sukarlan, “The Humiliation of Drupadi” yang sukses besar diperdanakan di Jakarta New Year Concert 2009.

Pendukung acara lainnya adalah flutist Metta F. Ariono, pemain biola 14 tahun Inez Raharjo dan para penari dari Jakarta Ballet pimpinan Chendra Panatan.

Tiket dan info lebih lanjut : sms/telpon ke 021.26718621 dan 021.34110621 (Muslih, jam 09.00 – 21.00) atau Ananda Sukarlan Center di ananda.sukarlan@ musik-sastra. com

Posted in: Artist, Music