Pesta Musik : JAVA dengan band pembuka The Authentic

Posted on June 15, 2010

0


Jumat, 18 Juni 2010 – pk.20.00 – 23.00, Rolling Stone Live Venue, Jl. Ampera Raya No. 16 Jakarta Selatan

Musik Java bagaikan hidangan yang lezat. Semua bumbunya sebenarnya sederhana namun menghasilkan percampuran simpatik dan penuh vitalitas dari grup ini dengan sentuhan humor dan rasa yang sangat tepat. Lirik cerdas, suasana elektro, bass yang bebas serta alunan akordeon yang sedikit liar, Java mampu memperbaharui genre rap dan’musette’ (pesta rakyat Prancis dengan musik akordeon).

Salah satu grup musik Prancis yang saat ini sedang naik daun akan tampil untuk menghibur publik Jakarta.

JAVA

Java didirikan tahun 1998 oleh dua orang pria dari Paris : Fixi (komposer, akordeon, keyboard) dan R.Wan (penulis dan vokal). Dalam karya mereka, Fixi menggunakan teknik rapper amerika dengan musik soul, jazz dan potongan-potongan dari musik musette. Sementara untuk lirik, R. Wan mencoba untuk membuat sebuah dunia tunggal yang bertolak pada lingkungan yang mengelilingi mereka, yaitu kota Paris. Bersama, mereka menghasilkan lagu-lagu yang merupakan campuran dari musik hip-hop, akordeon, musette, dan alat musik modern. Mereka meramu musik mereka dengan bahan-bahan dari musik rock, rap, lagu-lagu Prancis, musik Afrika, musik elektronik, dan sebagainya.

Bistrol Banti (drum) dan Pepouseman (bass) bergabung kemudian dengan duo ini. Album pertama mereka « Hawaii » yang dirilis tahun 2000 mendapat sukses besar (terjual lebih dari 70.000 keping di Prancis). Kemudian mereka mengeluarkan sebuah rekaman live tahun 2001 ‘Java sur Seine’, dan album kedua mereka yang sebagian digarap di Brazil ‘Safari Croisière’ diluncurkan tahun 2003. Java kemudian selama enam tahun berturut-turut melakukan ratusan konser, festival-festival besar (Vieilles Charrues, Printemps de Bourges…) dan beberapa pementasan di luar Prancis seperti Australia, Brazil, China, dan Spanyol. Java pun juga semakin dikenal berkat aksi panggung mereka yang memukau. Java lalu memutuskan untuk meninggalkan label mereka, SONY.

Tahun 2006, mereka memutuskan untuk beristirahat sejenak dan merintis karir masing-masing tapi mereka tidak berhenti menghasilkan karya. Kemudian mereka bergabung dengan label Makasound yang kemudian memproduksi dua album solo dari R.wan (Radio Cortex 1 dan 2). Bistrol Banto bekerjasama dengan R.wan dalam proyek ini. Sementara Fixi, meneruskan bekerjasama dengan Tony Allen, dan mengeluarkan album « Paris rockin » dari penyanyi Jamaika, Winston Mc Anuff (penyanyi yang juga di bawah label Makasound).

Grup ini kemudian menambah satu anggotanya dengan K-Mille (produser dan multi-instrumentalis) dan melakukan tur Paris Rockin-tour ; yang merupakan gabungan dari 3 proyek : Radio Cortex , Winston Mc Anuff dan Java. Tahun 2008, Java kembali memasuki studio rekaman diproduseri oleh K-Mille dan mengeluarkan album selanjutnya (diaransemen oleh Jean Lamoot) : Maudit Français dirilis April 2009, masih di bawah label Makasound.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari :

Palyja / CultureFrance / Aqua / Carrfeour / Big Bird / Fête de la Musique / Le Méridien

Printemps français 2010 terselenggara berkat dukungan dari & kerjasama dengan :

Official Sponsors :

Total / Aqua Danone / Carrefour / Le Méridien  / L’Oréal Professionnel / Palyja / Colas / Tauzia-Harris Hotel Management / SDV / Air France / Medco Foundation / Garuda Indonesia / eX Plaza / Plaza Indonesia  / Big Bird / Rentalindo / Classic Fine Foods

Official Partners:

Kedutaan Besar Prancis / CulturesFrance / DKI / Enjoy Jakarta / Nusantara Symphony Orchestra / Galeri Nasional Indonesia / Gedung Kesenian Jakarta / TIM / Rolling Stone Future 10 /  EFEO / CIRAD / IRD / CIFOR / IRASEC / ESMOD JAKARTA / SMK 57

Media Partners:

Metro TV / Femina / Pesona / Dewi / Gadis / CitaCinta / Cleo / Grazia / Ayahbunda / Parenting / Fit / Reader’s Digest / Radio 94.7 U FM / O Channel / TV5 / KOMPAS / KOMPAS URBANA / The Jakarta Post / Cinemags / Gadget / Macworld / Kiddo / NOW! Jakarta / Time Out Jakarta / Djakarta! the magazine / Jakarta Java Kini / Jalanjalan / AREA / Provoke! / Kantor Berita Indonesia ANTARA / Radio 90.8 FM Radio OZ / OZDiscoland / Deathrockstar.info / Sendokgarpu.com

For further information, please contact :

Atika Suri Fanani

Media Relations

Mobile. 081 316 900 023

atika.suri@ccfjakarta.or.id

http://www.ccfjakarta.or.id