Reformasi Birokrasi Pasca Mafia Pajak

Posted on June 15, 2010

0


Jakarta, 9 Juni 2010 – Berbagai kasus yang terkait pajak bermunculan ke khalayak umum. Kasus yang cukup membuat heboh masyarakat adalah kasus Gayus Tambunan yang dikabarkan menggelapkan pajak sebesar 25 milyar rupiah. Berbagai kecaman pun diperoleh Direktorat Jendral Pajak. Masyarakat menuntut para makelar pajak untuk diberantas, dan masyarakat juga menuntut Ditjen Pajak untuk memperbaiki kinerja mereka.

Melihat hal ini, Jurusan Akuntansi dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi BINUS UNIVERSITY (HIMA) tergerak untuk mengadakan “Talkshow Perpajakan.” Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 9 Juni 2010 ini diadakan sebagai bentuk tanggapan terhadap berbagai isu yang berkembang berkaitan dengan reformasi di bidang perpajakan dan juga usaha untuk melakukan pemberantasan mafia pajak. Talkshow ini akan diselenggarakan di Hall Lt. 8 Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY pada pukul 09.00-12.00 WIB.

Talkshow ini mengambil tema “Reformasi Birokrasi Pasca Mafia Pajak.” Tema ini dipilih karena adanya reformasi perpajakan (tax reforms) dan berbagai usaha untuk memberantas dan mencegah munculnya mafia pajak di yang saat ini sedang digalakkan. Reformasi perpajakan membuka peluang bagi para akuntan untuk meniti karier menjadi aparat pajak (fiskus) dan atau konsultan pajak. Selain itu juga memberikan kemungkinan meningkatnya kesadaran untuk membayar pajak bagi masyarakat . Hal ini sangat memungkinkan mengingat jumlah Wajib Pajak di Indonesia masih sangat kurang dibandingkan dengan rasio yang seharusnya.

“Perkembangan yang terjadi dalam masalah perpajakan di menjadi sangat menarik untuk dikaji, yaitu bagaimana cara memberantas mafia pajak yang masih ada di . Juga perlu dilihat bagaimana respon dari pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jendral Pajak untuk terus memperbaiki kinerja mereka dengan tidak membiarkan mafia pajak berkembang melalui reformasi birokrasi di bidang perpajakan,” ujar Gatot Soepriyanto, SE, Ak.M.Buss (Acc), Ketua Jurusan Akuntansi BINUS UNIVERSITY.

Talkshow akan menghadirkan para pembicara dari berbagai profesi, baik yang mewakili pemerintah (Direktorat Jendral Pajak), masyarakat sipil yang peduli terhadap usaha memberantas korupsi, serta akademisi dan professional yang sangat concern dalam hal reformasi birokrasi di bidang perpajakan. pembicara, antara lain: Dewa Wayan Rahardja (Kahumas Ditjen Pajak Jakbar) dan Firdaus Ilyas (Indonesia Corruption Watch/ICW).

Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah memberikan update pengetahuan kepada para dosen dan mahasiswa BINUS UNIVERSITY terkait dengan perubahan-perubahan terkini di dunia akuntansi baik tingkat nasional, regional maupun global, terutama perkembangan terbaru dalam usaha reformasi birokrasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pihak Direktorat Jendral Pajak. Talkshow ini pertama kali diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi dan HIMA Binus UNIVERSITY. Melalui acara ini diharapkan di masa yang akan datang kegiatan ini akan terus diadakan dengan tujuan dapat memberikan pengetahuan terbaru di sekitar dunia akuntansi kepada mahasiswa dan dosen, sekaligus sebagai ajang belajar berorganisasi dan pengembangan interpersonal skill bagi mahasiswa.

—oOo—

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Christy Sibuea

Marketing Communication BINA NUSANTARA

Ph             : 021-5345830 ext. 2128

Fax           : 021-5301668

Cell           : 0818-200-927

Email       : csibuea@binus.

Website : http://www.binus.edu

Press Release ini dapat diakses melalui http://www.binus.ac.