“BoneDiva Bicara!” Berdiri Tegak, Bicara Lantang untuk Osteoporosis

Posted on June 18, 2010

1


Jakarta, 12 Juni 2010 – PT Roche Indonesia bersama PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat
Indonesia) meluncurkan kampanye “BoneDiva Bicara!” – Berdiri Tegak, Bicara Lantang untuk Osteoporosis dalam sebuah pertemuan komunitas pasien osteoporosis, BoneDiva,  yang dihadiri lebih dari 200 anggotanya di Jakarta dan media yang peduli terhadap masalah osteoporosis.

BoneDiva Bicara!
Keberhasilan pasien yang tergabung dalam Program Pendamping Pasien Osteoporosis BoneDiva adalah sumber inspirasi bagi banyak orang yang saat ini tengah berjuang untuk memiliki tulang yang lebih sehat.  Karena itu, PT Roche Indonesia meluncurkan kampanye BoneDiva Bicara!.  Kampanye ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti talk show di berbagai kota di Indonesia, pengukuran kepadatan tulang gratis, layanan bebas pulsa 0-800-111-1212, situs informasi dan edukasi http://osteoporosis.roche.co.id <http://osteoporosis.roche.co.id/>  , kompetisi kisah sukses melawan osteoporosis dan ditutup dengan Seminar Awam di bulan Osteoporosis, Oktober yang akan datang.

Ketua Umum PERWATUSI Ibu Anita  Hutagalung mengatakan, “Sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai penyakit osteoporosis dimana upaya pencegahan, gaya hidup, pola makan, dan beraktivitas fisik merupakan kunci utama mencegah osteoporosis.  Sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa penderita osteoporosis harus diterapi secara optimal dan menyeluruh.  Pengobatan yang tepat merupakan keharusan setelah diagnosa.”  Beliau menegaskan, visi dan misi PERWATUSI dalam  upaya memerangi osteoporosis dan upaya cegah dini osteporosis melalui senam pencegahan, senam rehabilitasi dan pengobatan bagi penderita osteoporosis sejalan dengan kegiatan hari ini “BoneDiva Bicara!”.

“Kami percaya  untuk melawan osteoporosis kami menghimbau seluruh masyarakat bersama-sama dengan PERWATUSI bergandengan tangan melawan osteoporosis agar masyarakat Indonesia BERTULANG SEHAT DAN KUAT.”

Penting: Terapi Optimal Osteoporosis
Osteoporosis merupakan masalah global yang erat kaitannya dengan menurunnya kualitas hidup dan produktivitas sebagian besar yang memasuki usia lanjut, khususnya wanita.  Data dunia menyebutkan, satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria berisiko terkena osteoporosis.  Data dari situs web Departemen Kesehatan menunjukkan, usia harapan hidup di Indonesia meningkat dari 64,71 tahun (1995 – 2000) menjadi 67,68 tahun (2000 – 2005), dan populasi penduduk lanjut usia mencapai 18,4 juta di 2005 dengan perkiraan  19,7% dari populasi tersebut menderita osteoporosis.

Osteoporosis tahap lanjut menyebabkan patah tulang yang merugikan pasien secara fisik dan psikis karena mempengaruhi aktivitas sehari-hari, dan menjadi beban pembiayaan kesehatan, ekonomi maupun sosial.

Dr. Predy Setiawan, Head of Medical Management PT Roche Indonesia mengatakan, melalui kampanye BoneDiva Bicara! – Berdiri Tegak, Bicara Lantang untuk Osteoporosis, PERWATUSI bersama Roche memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya wanita pre-menopausal dan post menopausal bahwa osteoporosis harus diterapi dengan optimal.   Kampanye ini juga berupaya meyakinkan masyarakat yang berisiko terkena atau sudah terdiagnosa osteoporosis untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) Prof. Dr. Errol U. Hutagalung, SpB, SpOT(K) mengatakan, ” Data dunia menyebutkan, jumlah patah tulang panggul pada tahun 1950 mencapai 1,66 juta kasus, dan diproyeksikan akan mencapai 6,26 juta kasus pada tahun 2050 yang akan datang.  Lebih dari setengahnya, yaitu 3,25 juta kasus diperkirakan terjadi di Asia1.   Karena itu, pencegahan dan penanganan osteoporosis harus disikapi dengan serius dan optimal.  Hal ini meliputi pengaturan gizi seimbang yang tinggi kalsium, olah raga osteoporosis secara teratur, pengobatan selama minimal satu tahun dan mencegah jatuh.”

Sedangkan Dr. Gunawan Tirtarahardja, CCD, CDT dari Jakarta Osteoporosis Center menyampaikan, khusus untuk penanganan osteoporosis diperlukan usaha jangka panjang yang membutuhkan obat yang teruji secara klinis efektif, aman dan nyaman sehingga dapat mengatasi kekeroposan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang, seperti Ibandronate (bisphosphonate) yang hanya perlu dikonsumsi satu tablet, sebulan sekali2.

Tentang Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI)
Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan nirlaba tidak berpolitik yang peduli dengan kesehatan, terutama kesehatan tulang masyarakat Indonesia.  PERWATUSI berusaha membantu masyarakat meningkatkan derajat kesehatan
tulang melalui program penyuluhan dan pelatihan kader, pelatihan instruktur senam baik senam pencegahan maupun senam penderita osteoporosis, penyebarluasan informasi dan lain-lain.  Sejak 5 November 2005  PERWATUSI telah menjadi anggota penuh IOF (International Osteoporosis Foundation).

Saat ini Perwatusi daerah telah ada di 17 kota yaitu di Banjarmasin, Pontianak, Makasar, Surabaya, Malang, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Kota Metro, Kepahiang, Pekan Baru, Padang, Sukoharjo, Kudus, Demak, Salatiga, Semarang.

Tentang Roche Indonesia
PT. Roche Indonesia adalah afiliasi dari F. Hoffmann-La Roche, Ltd. Berkantor pusat di Basel, Switzerland, Roche adalah salah satu perusahaan terdepan di dunia dalam bidang farmasi dan diagnostik yang berbasis riset.  Sebagai penyedia produk dan layanan inovatif untuk deteksi dini, pencegahan, diagnosa dan pengobatan, Roche menyediakan berbagai jenis produk untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.
Roche adalah perusahaan terdepan di dunia dalam bidang diagnostik, pengobatan kanker dan transplantasi dan pemimpin pasar virologi.