CEO SPEAKS On Growth ”Leadership and Growth”

Posted on June 18, 2010

0


Jakarta, 16 Juni 2010 – BINUS BUSINESS SCHOOL (BBS) kembali menyelenggarakan acara CEO SPEAKS On Growth. Acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2003 ini berlangsung hari ini di BINUS BUSINESS SCHOOL, kampus The Joseph Wibowo Center for Advanced Learning, Ruang 310, Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta 10270, dengan mengusung tema ”Leadership and Growth”.  Dalam acara CEO SPEAKS On Growth kali ini BBS menghadirkan Shafie Shamsuddin (CEO PT Carrefour Indonesia) sebagai pembicara.

”CEO Speaks On Growth tidak hanya sebatas sharing knowledge, tetapi diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan kegiatan bisnis kita kedepannya. Kalau hanya sekedar knowledge bisa dengan mudah kita dapatkan di buku, tetapi words of wisdom dari seorang praktisi atau CEO hanya bisa kita dapatkan melalui acara-acara semacam CEO Speaks ini.” Ujar Bapak Firdaus Alamsjah (Executive Dean BINUS BUSINESS SCHOOL).

Pilihan untuk menghadirkan Shafie Shamsuddin karena Carrefour semenjak kedatangannya telah memberi warna yang signifikan dalam bisnis retail di Indonesia- terlepas dari konteks pro dan kontra yang berkembang di masyarakat. Sosok CEO melekat erat pada sukses dari organisasi. Dengan demikian sangat bermanfaat bagi kita untuk mendapat insight dari sosok pimpinan dari salah satu retailer terbesar di Indonesia—apakah itu insight dalam hal kepemimpinan, budaya perusahaan, strategi bersaing dan inovasi, serta praktek joint-venture/ strategic alliances di Indonesia.

Karirnya di Carrefour dimulai pada tahun 1996 dari posisi Management Trainee (Operations and Buying Department) selepas kuliah di Nanyang Technological University (NTU) Singapura jurusan bisnis. Tidak sampai satu tahun dia bekerja, perusahaan memberangkatkannya ke Perancis untuk studi banding. Perusahaan memberikan kesempatan tersebut, atas kesungguhan dan hasil kerja kerasnya yang tak mengenal lelah.

Selepas Management Trainee, karir Shafie Shamsuddin terus meroket. Pangkatnya naik hampir tiap tahun jadi Assistant Department Head, Department Head (Oktober, 1997), Senior Department Head, sampai Division Manager for Commercial and Merchandising. Jabatan terakhir dilakoninya selama dua tahun (2000-2002).

Pada Februari 2002, beliau ditugaskan ke Carrefour Indonesia untuk menjadi Bazaar Merchandise Manager. 2003, dia kembali ditempatkan di Singapura untuk menjabat Store Director in Operations, Marketing and Human Resource. Di situ dia memiliki kesempatan untuk mempelajari strategi pemasaran sampai human resources.

Tahun 2005 dia diberi kepercayaan menjadi Managing Director Carrefour Malaysia/Singapura. Hingga akhirnya satu tahun kemudian, dia dipercaya naik jabatan jadi Executive Director and Managing Director di Malaysia/Singapura. Kemudian, pada 1 Agustus 2009, dia dipercaya memimpin Carrefour Indonesia, dengan jumlah 84 cabang yang tersebar 4 pulau besar (Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera). Ini adalah jabatan keduanya sebagai Presiden Direktur di Carrefour.

Carrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent, juga sebuah paserba dari Perancis, membuka unit pertamanya di Pasar Festival.

Pada penghujung 1999, Carrefour dan Promodes (Induk perusahaan Continent) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour.

Dengan terbentuknya Carrefour baru ini, maka segala sumber daya yang dimiliki kedua group tadi menjadi difokuskan untuk lebih memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan.

Di bulan Januari 2008 PT Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen.

Konsep paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga.

Dalam CEO Speaks on Growth ini, beliau tidak hanya akan menyampaikan pandangan-pandangan nya dari sudut pengalamannya di Carrefour saja. Beliau juga akan membagi pandangannya sendiri terhadap suatu masalah dan menggabungkannya dengan strategi di Carrefour.

CEO SPEAKS On Growth diangkat sebagai tema besar CEO SPEAKS tahun ini oleh BINUS BUSINESS SCHOOL, mengingat kian maraknya kompetisi di dunia bisnis yang menuntut perusahaan untuk terus bertumbuh ke arah pasar dan kompetisi yang baru. Tentu saja pertumbuhan sebuah perusahaan tidak terlepas dari gaya kepemimpinan CEO-nya, baik dalam membentuk budaya perusahaan, mengantisipasi perubahan, menggiatkan inovasi dan memaksimalkan sumber dayanya. Melalui tangan dingin CEO sebuah perusahaan dapat menempati posisi teratas dalam bisnis bahkan dapat dikenal di kancah internasional.

—o0o—

Tentang BINUS BUSINESS SCHOOL
Program Magister  Manajemen di BINUS sudah dimulai sejak tahun 1993 dan kini dikenal dengan sebutan BINUS BUSINESS SCHOOL. Terdapat 4 program yang ditawarkan, yakni: MM Young Professional; MM Professional; MM Executive; MM Dual Master. Program MM Professional memiliki 3 peminatan, yaitu: Applied Finance; Business Management; Strategic Marketing. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://bbs.binus. edu atau di nomor 021-720-2222 pesawat 8100.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi :
Yunanto Dwi Saputra
Marketing Communication

BINA NUSANTARA
Ph        : 021-5345830 ext.2150
Fax       : 021-5301668
Cell       : 0818-696-339
Email    : ysaputra@binus. edu
Website: http://www.binus.edu

Tagged: , ,
Posted in: Education