International Photo Competition 2010 “Life in Contrast”

Posted on June 18, 2010

0


Jakarta, 15 Juni 2010 – Tak dapat dipungkiri bahwa sebuah foto berbicara lebih banyak ketimbang kata-kata. Foto sebagai salah satu bentuk komunikasi visual merupakan yang paling banyak digunakan untuk menyampaikan pesan. Namun, foto-foto seperti apakah yang benar-benar bisa merepresentasikan pesan-pesan yang memang ingin disampaikan?

Untuk itu, mahasiswa BINUS INTERNATIONAL yang tergabung dalam BINUS INTERNATIONAL Marketing Community (BIMARC) kembali menyelenggarakan International Photo Competition (IPC) 2010, kali ini dengan tema ”Life In Contrast”. Kompetisi fotografi yang diselenggarakan untuk keenam kalinya ini berlangsung mulai tanggal 28 Mei – 11 Juni 2010 di Grand Indonesia Shopping Town. Disela-sela pameran (4/6) diadakan Grand Opening Exhibition and Awarding Ceremony yang diramaikan oleh penampilan dari Endah and Rhesa  di Musical Fountain, Grand Indonesia Shopping Town. Acara ini diawali dengan speech dari Novera (Project Leader IPC 2010), perkenalan panitia, dan speech dari Dominique Razafindrambinina (Student and Alumni Relation Manager BINUS INTERNATIONAL). Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang dan Honorable Mentions.

Di keesokan harinya (5/6) masih di tempat yang sama seperti hari sebelumnya, William Wiryawan memberikan Lecture tentang Fotografi. Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB ini terbuka untuk umum dan berakhir pada pukul 15.30, yang ditandai dengan penyerahan plakat dari Novera (Project Leader IPC 2010) kepada William Wiryawan.

Pemilihan “Life In Contrast” sebagai tema IPC 2010 dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menonjolkan perbedaan yang terdapat dalam kehidupan di sekitar kita. Pada kesempatan ini, para peserta dapat menginterpretasikan perbedaan-perbedaan tersebut sesuai dengan pandangan mereka masing-masing.

”Kami berharap para fotografer yang mengirimkan foto-fotonya ke kompetisi ini dapat merepresentasikan tema ”Life In Contrast” dan pada akhirnya mampu menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat. Sebagai mahasiswa, kami percaya bahwa penyelenggaraan IPC 2010 ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kepedulian kami kepada lingkungan di sekitar kita dan juga pada dunia,” ujar Novera Lim, Project Leader IPC 2010.

Penerimaan foto dari para peserta telah dimulai sejak awal Maret 2010 yang lalu. Tahun ini IPC 2010 menerima hampir 650 foto dari 500 peserta baik amatir maupun profesional yang berasal dari 12 negara. Beberapa negara yang berpartisipasi dalam IPC 2010 ini adalah Indonesia, Kanada, India, Singapore, Australia, Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Taiwan, Swiss, Myanmar, dan Jepang.

Tim juri IPC 2010 terdiri dari para profesional di bidang fotografi, mereka adalah Sinartus Sosrodjojo, Ed Wray, Beawiharta, Julian Sihombing, dan Rama Surya. Kriteria penilaian foto didasarkan pada kreativitas dan sejauh mana foto-foto tersebut mampu menyampaikan pesan yang dimaksud.

Pada IPC tahun ini terjadi perubahan pemenang untuk kategori Profesional. Sudipto Das dengan fotonya yang berjudul ‘Siesta’ telah terbukti melanggar peraturan IPC 2010 di mana foto tersebut dibuat pada tahun 2007 dan telah memenangkan beberapa kompetisi fotografi internasional. Oleh karena itu dewan juri memutuskan untuk mendiskualifikasi foto tersebut dan memenangkan foto Fransiskus Simbolon dengan judul ‘Human Cart’. Kami telah mengkonfirmasikan hal ini pada Sudipto Das, dan beliau telah secara resmi meminta maaf melalui e-mail tertulis pada pihak IPC 2010. Oleh karena itu, pemenang IPC 2010 terdiri dari:

1st Winner Student Category           : Setyo Nugroho – “Side Job”
2nd Winner Student Category         : Lee Sewon – “When She was Young”
Winner of Professional Category   : Fransiskus Simbolon – “Human Cart”
Winner of General Category             : Sutanta Aditya – “Access to Health”

Atas prestasinya tersebut, para peserta berhak mendapatkan sejumlah hadiah yang bernilai total 40 juta rupiah termasuk mendapatkan medali dan sertifikat.

“Semoga di tahun depan penyelenggaraan IPC bisa lebih sukses dari tahun ini. Kami sungguh berharap IPC mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan komunikasi visual di Indonesia dan negara-negara lain, serta dapat menginspirasi mereka yang memiliki hasrat di bidang fotografi,” tutur Novera.

—000—
Tentang BINUS INTERNATIONAL
BINUS INTERNATIONAL (BI) merupakan program dual degree dari BINUS UNIVERSITY yang bekerjasama dengan Curtin University Of Technology, La Trobe University, University of Wollongong (UOW), Macquarie University, The Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University, & Murdoch University, Australia; Northumbria University & Bournemouth University, Inggris; University of Wollongong in Dubai (UOWD), Dubai; IHTTI, Swiss, Bpurnemouth University, United Kingdom dan Cologne Business School (CBS), Jerman.

Melalui kurikulum, fasilitas, dan universitas rekanan, kami berharap bahwa lulusan kami bisa mendapatkan pengalaman pendidikan yang memorable dan bernilai tinggi di dalam lingkungan budaya yang beragam – sebuah pengalaman yang akan terus dibawa ke dalam jenjang karir semua lulusan kami di tahun-tahun ke depan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://www.binus.ac. id

Tagged: ,