Regional Youth Leaders Conference 2010: Discovering ASEAN Business Opportunity

Posted on June 18, 2010

0


Jakarta, 8 Juni 2010 – ASEAN merupakan region dengan potensi yang luar biasa dengan total jumlah penduduk 580 juta dan total GDP mencapai USD 1,5 Trilyun. Potensi pasar ASEAN semakin menjanjikan dengan adanya deklarasi ASEAN Economic Community yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 yang akan membuat pasar ASEAN  menjadi one single market and production base.

BINUS INTERNATIONAL untuk kedua kalinya menyelenggarakan Youth Conference yang berfokus pada ASEAN untuk mempromosikan pentingnya ASEAN market bagi calon-calon pemimpin masa depan, sehingga para calon-calon pemimpin masa depan ini dapat mengenal, memahami pasar ASEAN sebagai bekal mereka nantinya untuk dapat melihat peluang di pasar ini, menjalin networking dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin-pemimpin di pasar ASEAN. Untuk tahun ini acara yang diberi nama Regional Youth Leaders Conference, akan mengangkat tema, “Discovering ASEAN Business Opportunity”.

Acara Regional Youth Leader Conference 2010: Discovering ASEAN Business Opportunity sendiri nanti akan mengupas tentang pasar ASEAN, tantangan dan peluangnya bagi para calon pemimpin masa depan. Dalam acara Regional Youth Leader Conference 2010: Discovering ASEAN Business Opportunity juga akan dibahas persiapan bagi para calon pemimpin masa depan menyonsong ASEAN Economic Community 2015 dengan memampukan mereka memahami tentang globalisasi dan creative entrepreneurship.

Regional Youth Leader Conference kali ini berlangsung mulai dari tanggal 8 Juni 2010 sampai 11 Juni 2010 mendatang. Acara yang diadakan fx Lifestyle X’nter dan Kampus BINUS INTERNATIONAL, Jl. Hang Lekir I/6, Jakarta ini dibuka oleh kata sambutan dari Dominique Razafindrambinina (Dean of Students, BINUS INTERNATIONAL) dan Lianti Rahardjo (Head of Undergraduate Program School of Management, BINUS INTERNATIONAL).

Hari Kedua yang berlangsung di fCONE (fx Lifestyle X’Nter f7) dimulai dengan sambutan singkat dari Minaldi Loeis (Dean of Programs, BINUS INTERNATIONAL) dan Subash Bose Pillai (Director of Market Integration, ASEAN Economic Community Department, ASEAN Secretariat). Pada hari kedua ini konfrensi akan dimulai dengan topik “Customer Insight in South East Asia” dari Yongky Susilo (Retailer Service Director , Nielsen Indonesia) dan dilanjutkan oleh diskusi panel tentang “Doing Business in ASEAN” dari Kadin Indonesia, MATRADE, ASEAN Outreach, dan Singapore Economic Development Board, dengan Irham Dilmy sebagai moderator. Setelah disuguhi tema menarik, hari kedua ini ditutup oleh Companies Success Story – Competing in ASEAN Market dari BNP Paribas Investment Partners, General Motors Indonesia, Jatis Solusindo, dan Microsoft Indonesia, dan dimoderatori oleh b. Hanafi Soeriaatmadja.

Tema “Globalization Session” dari James Bartle (School of Banking & Finance, Australian School of Business, UNSW – Australia) membuka sesi hari ketiga. Dilanjutkan oleh Alanda Kariza  (Indonesian Representative for Global Changemakers, BINUS INTERNATIONAL Student) & Goris Mustaqim (Founder of Asgar Muda), dan Invi Atmanegara sebagai moderator dengan tema “Youth Leadership for Community Session”. Tema terakhir sebelum makan siang diisi oleh Yoris Sebastian (Chief Creative Officer of OMG Consulting) dengan membawa sesi tentang Entrepreneurship. Hari ketiga ini ditutup oleh Cultural Night Dinner dengan M. Iman Usman (ASEAN Youth Ambassador) di fx Lifestyle X’nter f3.

Hari terakhir akan diisi oleh kunjungan ke berbagai tempat di Jakarta seperti Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Monumen Nasional (MONAS), Museum Fatahilah, Museum Wayang, Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, dan farewell dinner di Bandar Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol. Tapi sebelum melakukan kunjungan ke berbagai tempat di atas para peserta melakukan sesi deklarasi yang dibuka oleh Budidarmo Kuntjorojakti (ASEAN Sekretariat). Sesi deklarasi ini sendiri akan dipimpin langsung oleh Taruna Tarachandani (President of BINUS INTERNATIONAL Student Committee).

BINUS INTERNATIONAL mencetuskan acara yang terkait dengan ASEAN karena melihat kurangnya acara-acara youth yang terkait dengan ASEAN, padahal potensi ASEAN sangatlah besar. Sebagai bagian dari Indonesia yang merupakan Negara terbesar di ASEAN, BINUS INTERNATIONAL merasa perlu berperan serta meningkatkan kesadaran di kalangan mahasiswa akan pentingnya ASEAN.

Regional Youth Leaders Conference 2010: Discovering ASEAN Business Opportunity merupakan salah satu acara besar BINUS INTERNATIONAL yang diadakan secara berkala setiap tahunnya. Tahun lalu acara ini dihadiri oleh 100 peserta dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Myanmar, dan Singapura.

—o0o—

Tentang BINUS INTERNATIONAL
BINUS INTERNATIONAL (BI) merupakan program dual degree dari BINUS UNIVERSITY yang bekerjasama dengan Curtin University Of Technology, La Trobe University, University of Wollongong (UOW), Macquarie University, The Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University, & Murdoch University, Australia; Northumbria University & Bournemouth University, Inggris; University of Wollongong in Dubai (UOWD), Dubai; IHTTI, Swiss, Bpurnemouth University, United Kingdom dan Cologne Business School (CBS), Jerman.

Melalui kurikulum, fasilitas, dan universitas rekanan, kami berharap bahwa lulusan kami bisa mendapatkan pengalaman pendidikan yang memorable dan bernilai tinggi di dalam lingkungan budaya yang beragam – sebuah pengalaman yang akan terus dibawa ke dalam jenjang karir semua lulusan kami di tahun-tahun ke depan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://www.binus.ac. id
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi:
Yunanto Dwi Saputra
Marketing Communication
BINA NUSANTARA
Ph           : 021-5345830 ext.2150
Fax         : 021-5301668
Cell         : 0818-696-339
Email     : ysaputra@binus. edu