Konvensi PPKI 2010 Dorong Sinergi Tingkatkan Industri Kreatif

Posted on June 22, 2010

0


Kaum Muda sebagai Cikal Bakal Creativepreneur Indonesia

Jakarta, 21 Juni 2010 – Pada tanggal 23-27 Juni 2010, Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010 yang mengambil tema: “Eksplorasi Budaya Nusantara Melalui Keanekaragaman Kreativitas Pemuda untuk Mendukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif Indonesia” bertempat di Jakarta Convention Center.

Sebagai bagian dari PPKI 2010, Kementerian Perdagangan menjadi koordinator penyelenggara acara Konvensi bertajuk Kaum Muda sebagai Cikal Bakal Creativepreneur   yang Mengangkat Kearifan Lokal Indonesia” didukung Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Pendidikan Nasional.

Konvensi yang  mengagendakan 17 kegiatan, antara lain: seminar, lokakarya, kontes rencana bisnis, klinik konsultasi, panggung indonesia kreatif yang menargetkan 5.000 peserta yang terdiri dari pelaku Industri Kreatif, budayawan, pelaku usaha, akademisi, pemerintah daerah, kementerian, lembaga pemerintah terkait, asosiasi, lembaga pembiayaan, lembaga promosi dagang asing, media dan komunitas  Ekonomi Kreatif.

Pada kesempatan ini , juga akan dilakukan peluncuran platform komunikasi online bagi ekonomi kreatif yang dinaungi oleh Portal Indonesia Kreatif. Portal ini diharapkan dapat menjadi hub bagi pemangku kepentingan ekonomi kreatif di dalam maupun di luar negeri. Pada acara peluncuran ini, Menteri Perdagangan akan berada di tengah-tengah pelaku kreatif untuk melakukan dialog interaktif dan juga akan dimeriahkan oleh Bertho Pah dan Funky Papua yang merupakan insan kreatif muda yang telah berhasil mengangkat budaya lokal sehingga diterima oleh masyarakat Indonesia, yaitu: Bertho dengan sasandonya dan Funky Papua dengan tarian khas Papua. Selain itu kegiatan peluncuran ini juga dimeriahkan oleh Sandy Sondoro, yang juga insan kreatif muda yang telah berhasil menembus industri musik dunia.

Konvensi PPKI tahun ini  juga akan mempertunjukkan kuliner Indonesia bersama dengan 14 sub-sektor dari Industri Kreatif seperti: fesyen, kesenian antik, games interaktif, film dan video grafis, musik, desain, iklan, televisi dan radio, pertunjukan seni, penelitian, komputer dan software, publikasi dan percetakan serta arsitektur.

Dengan adanya kegiatan konvensi ini, diharapkan seluruh masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sekaligus dapat menginspirasi serta menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme para pemuda dan pemudi Indonesia untuk terus berkarya dan berjuang mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia. Salam kreatif!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi  website Indonesia Kreatif: http://www.indonesiakreatif.net

Robert James Bintaryo

Kepala Pusat Humas Kementerian Perdagangan

Telp/Fax: 021-23528446/021-23528456

Email: pusathumas@depdag.go.id