KOMITMEN ATPM PADA ECO-TECHNOLOGY MOTORING MELALUI IIMS 2010

Posted on June 28, 2010

0


Jakarta, 22 Juni 2010 – Pameran otomotif IIMS 2010 dipastikan akan dimeriahkan dengan merek-merek mobil yang lebih beragam. Sampai dengan saat ini, 22 merek kendaraan akan hadir pada pameran otomotif terbesar di tanah air ini, antara lain: Hyundai, Daihatsu, Mazda, VW, Audi, Isuzu, Proton, KIA, Suzuki, Chevrolet, Mitsubishi, Hino, Foton, Nissan Diesel, Fuso, BMW, Mercedes, Ford, Subaru, Nissan, Toyota, dan Honda. Merek kendaraan ini terdiri dari 18 merek mobil dan 4 merek truk, selain itu didukung pula oleh perusahaan aksesoris dan industri pendukung otomotif lainnya. Tampilnya hampir seluruh ATPM di Indonesia menjadikan IIMS 2010 lebih semarak dan lebih optimis bagi semua pihak.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2010 pada press conference IIMS yang diselenggarakan hari ini (22/06) di Jakarta mengungkapkan harapannya bahwa IIMS 2010 ini bisa menjadi ajang bagi seluruh ATPM untuk menunjukkan komitmennya pada pertumbuhan kembali industri otomotif tanah air yang berdasarkan teknologi ramah lingkungan.

Selain merek-merek kendaraan tersebut, IIMS 2010 kembali menampilkan Unique & Exotic Cars serta Classic Cars Show yang pada IIMS kali ini akan menampilkan koleksi mobil sport dua pintu dari PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia). Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tampilnya mobil-mobil klasik dan unik ini sangat menarik bagi pengunjung, karena mobil-mobil ini sudah tidak pernah dilihat lagi di jalanan.

Penyelenggara juga  telah menyiapkan beragam acara yang menarik bagi pengunjung antara lain Night Drag Race, Achilles Drift Show & Battle, Subaru Achilles Russ Swift Stuntmant Show, Subaru Palm Challenge 2010, BMX Jam, Miss Motor Show, Studen’s Day, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Tour for Disabled, Lomba Penulisan untuk Wartawan, serta beragam program dari iB (Islamic Banking) selaku sponsor utama IIMS 2010. Pengunjung yang datang dengan membeli tiket juga berkesempatan mendapatkan grand prizes berupa 1 unit Ford Fiesta dan 1 unit New Kijang Innova.

PERSIAPAN ATPM
Sebulan menjelang acara, bukan hanya panitia penyelenggara saja yang sibuk menggarap berbagai persiapan pameran internasional ini. Para exhibitor, termasuk ATPM telah membuat berbagai konsep booth, produk, serta acara yang akan ditampilkan. Hampir seluruh ATPM akan membawa “sesuatu yang baru” di IIMS 2010, termasuk beberapa akan meluncurkan produk barunya, antara lain Ford dengan Fiestanya serta Chevrolet yang akan meluncurkan New Spark.

Selain meluncurkan New Spark, pada IIMS tahun ini Chevrolet juga akan menampilkan seluruh produk Chevy serta mobil-mobil Chevy hasil modifikasi. Mengangkat Advancing with you and Hybrid Rock! sebagai tema, booth Chevrolet pada gelaran kali ini akan mengajak pengunjung untuk menikmati teknologi terbaru pada jajaran produk Chevrolet.

ATPM lain yang juga berencana membawa mobil konsepnya antara lain Daihatsu yang akan menghadirkan mobil konsep e.S, dan sebuah Fuel Cell Engine. Seluruh mobil konsep yang ditampilkan Daihatsu mengusung teknologi ramah lingkungan. e.S., yang merupakan kepanjangan dari eco and smart, adalah mobil konsep ber-cc kecil yaitu 660 cc dan hanya mengkonsumsi 1 liter bensin untuk jarak 30 km. Selain itu, Daihatsu juga akan menampilkan Farmer car concept yang namanya belum dipastikan. Kendaraan tersbut dikhususkan untuk mendukung bisnis agrobosnis.

Sementara itu, Suzuki akan menghadirkan MPV konsep terbaru yang mengusung teknologi ramah lingkungan, serta beberapa produk hybrid lainnya. Suzuki telah menyiapkan mobil konsep Suzuki R3 yang merupakan jenis MPV (multi purpose vehicle). Mobil konsep ini sempat tampil pula sebelumnya pada ajang New Delhi Auto Show.

Selain itu, Suzuki juga akan menampilkan Unlimited Green Technology sebagai tema dari booth mereka yang akan bisa dilihat dari bentuk stand, filosofi serta simbol infinity yang ada pada booth. Produk baru yang akan ditampilkan Suzuki antara lain Swift GT.3, Splash dan New SX4. Khusus untuk GT.3, peluncurannya akan dilakukan pada hari pertama penyelenggaraan IIMS 2010.

Subaru juga tidak ketinggalan bersiap-siap menampilkan 6 produk barunya di IIMS 2010, yaitu 7-seater MPV premium Exiga 2.0 GT dan Exiga 2.0i, Subaru Outback 2.5i, Subaru Legacy 2.5GT, dan Impreza STI A-line. Selain mobil-mobil  di atas, Subaru juga akan menampilkan Forester 2.5XT dengan atap kaca panoramic-nya.

Audi telah mempersiapkan produk terbarunya Audi R8 5.2 FSI Quattro yang akan di perkenalkan pertamakali pada publik di IIMS 2010. Selain itu beberapa produk facelift dari Audi juga akan tampil, seperti Audi Q7 3.0 TDI quattro facelift, Audi A4, Audi A6 facelift dan Audi Q5. Sedang booth pada IIMS 2010, Audi akan mengangkat tema Innovative, Dynamic, and High Tech.

Mitsubishi akan tampil di dua booth berbeda yaitu satu booth untuk Mitsubishi Motors Corp (MMC) dan satu lagi untuk produk truk mereka yang hadir di booth Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corp (MFTBC). Pada booth MMC, Mitsubishi akan menampilkan mobil konsep ramah lingkungan mereka serta satu mobil CBU yang tidak dipasarkan di Indonesia. Semuanya ini dihadirkan dalam tema Eco Life Style. Untuk produk truk mereka, Mitsubishi mengangkat tema Super Power, Super Speed, Super Economical yang menggambarkan kekuatan dari produk mereka yang telah menjadi bagian dari industri di Indonesia selama 40 tahun.

ONE STOP SHOPPING LAYANAN PERBANKAN SYARIAH DI IIMS 2010
Sebagai sponsor utama IIMS 2010, iB (ai-Bi) Perbankan Syariah akan hadir dengan membawa konsep Family-Friendly Motor Show dan iB Showcase, yaitu IIMS merupakan ajang yang nyaman dinikmati oleh semua anggota keluarga dan one stop shopping layanan perbankan syariah. Para pengunjung dengan mudah akan menemukan semua kebutuhan produk dan jasa perbankan di stand iB Showcase di Hall D4.

Sembilan bank syariah terkemuka yang didukung oleh Bank Indonesia akan hadir di IIMS 2010, yaitu: Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Danamon Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah, HSBC Amanah dan Bank Syariah Bukopin. Kesembilan bank syariah tersebut akan siap melayani masyarakat pengunjung dengan beragam produk dan layanan iB, seperti: fasilitas pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor KKB iB yang ringan dan menguntungkan, pembiayaan modal kerja dan investasi termasuk untuk sektor otomotif/transportasi, mobile banking dan internet banking, kartu kredit iB, KPR iB, tabungan, deposito serta layanan pengelolaan keuangan (wealth management). iB Juga menyediakan 3 unit Mobile Banking dan mesin ATM di dalam area IIMS, untuk membantu kebutuhan masyarakat pengunjung akan uang tunai.

Selain layanan perbankan syariah yang lengkap, di iB Showcase masyarakat pengunjung juga akan menemukan beragam program bagi seluruh anggota keluarga. iB Showcase for Kids yang digelar setiap pagi di hari Sabtu dan Minggu didedikasikan bagi segmen anak-anak, antara lain: lomba mewarnai bersama, dongeng anak, sulap, penyanyi cilik dan pemusik/band cilik serta dipandu oleh artis yang sangat bersabahat dengan anak-anak. Tersedia juga Kids Area di stand iB Showcase, yang akan memanjakan anak-anak dengan iB Games dan berbagai permainan.

Sementara itu untuk segmen keluarga, iB Showcase for Family akan menghadirkan talkshow santai di sore hari dengan topik obrolan yang ringan tetapi bermanfaat seputar Perencanaan Keuangan Keluarga, Success Story Pengusaha bersama Bank Syariah, tema-tema seputar keluarga dan hiburan sore hari berupa musik akustik dan vokalis Jazz ternama. Di malam hari, iB Showcase Music akan menghadirkan ambience light music dan Jazz Night yang mengiringi obrolan ringan seputar produk-produk iB perbankan syariah.

iB Showcase Community juga menggandeng berbagai komunitas untuk ikut menyemarakkan IIMS 2010 melalui beragam kegiatan. Bagi kaum muda, iB Showcase akan menampilkan Pentas Musik di music corner outdoor, Lomba Aransemen Jingle iB, dan Lomba Grafiti. Sementara bagi komunitas hobi, iB Showcase akan menggelar Rally Mobil “Smart Driving with Smart Banking” dan Lomba Irit Bahan Bakar, Lomba iB Blogger Competition yang akan diikuti oleh 1000 Bloggers, Live Broadcast dan Live Report, Lomba Foto Nasional iB bertema “Kerja Keras” yang terbuka bagi wartawan dan masyarakat umum, Lomba Foto “Kegiatan iB di IIMS 2010” serta Pameran Foto Nasional di Functional Hall D yang akan diikuti oleh fotografer senior nasional serta komunitas-komunitas fotografi dari beberapa kota besar di Indonesia.

***

Informasi lebih lanjut harap menghubungi:
Dyandra Promosindo:        Diah Putri
Phone        :   +6221 31996077 ext. 334
Fax        :   +6221 31996177/6277
Mobile         :   +62812 100 3083
E-mail         :   diahputri@dyandra.com
Website        :   http://www.indonesianmotorshow.com

iB –Perbankan Syariah:        Janu Dewandaru
Peneliti Bank Madya
Biro Penelitian, Pengembangan dan Pengaturan Perbankan Syariah Bank Indonesia
Phone        :   +6221 381 8164
Fax        :   +6221 350 1989
E-mail         :   janu@bi.go.id