Ovum: ZTE Menduduki Posisi Ketiga dalam Pasar Jaringan Optik Global

Posted on July 9, 2010

1


Jakarta 8 Juli 2010 – ZTE Corporation (“ZTE” – H share stock code: 00763.HK / A share stock code: 000063.SZ) hari ini mengumumkan bahwa berdasarkan hasil riset terbaru dari analis industri OVUM menduduki posisi ketiga dalam industri jaringan Optic Global (ON). Menurut Ovum, ZTE telah menunjukan keuntungan yang sangat kuat pada kuartal 2010 dan pertumbuhan keuntungan yang kuat secara menyeluruh sehingga meningkat posisinya dari ketujuh pada kuartal I 2009, menjadi posisi ketiga di kuartal I 2010.

Mengacu pada laporan terbaru dari Ovum yang berjudul “Market Share: 1Q10 Jaringan Optik Global dan Regional”, terdapat 10 vendor ON teratas yang menunjukan pertumbuhan keuntungan ganda yang meningkat pada     kuartal I 2010 yang lalu. Jika dibandingkan dengan kuartal I tahun lalu, ZTE merupakan satu-satunya vendor yang menunjukan peningkatan terus menerus sebesar 33% untuk pendapatan secara keseluruhan hingga kuartal pertama tahun 2010.

Ovum juga melaporkan bahwa pengeluaran untuk jaringan optik pada kuartal pertama tahun 2010 di seluruh dunia mengalami penurun menjadi USD 3.2 miliar, atau sebesar 8% dibanding dengan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan di wilayah Asia-Pasifik terlihat cukup sehat dan pengeluaran di Amerika utara sepertinya berada pada tahap pemulihan. Sedangkan untuk daerah EMEA dan SCA terlihat relatif tertekan.

Dalam laporan Ovum tercatat juga bahwa hanya pertumbuhan yang dilaporkan Cisco dan ZTE yang mengalami pertumbuhan bila dibandingkan dengan kuartal yang sama setahun yang lalu, dan ZTE terbukti sebagai pemain terbaik pada kuartal pertama tahun ini. Didorong oleh kemenangan kontrak berskala besar dengan China Mobile untuk produk yang berhubungan dengan PTN Backhaul jaringan 3G. “Banyak vendor jaringan komunikasi yang telah menikmati keuntungan-keuntungan dari kebutuhan para operator untuk merubah jaringan mobile backhaul mereka guna mengatasi lalu lintas broadband, mengakomodasi layanan-layanan baru dan perangkat baru. Dalam hal ini, posisi kompetitif ZTE di pasar Cina merupakan nilai tambah yang kuat pada 1Q10”, komentar Matt Walker, Ketua analis dari Tim Infrastruktur Jaringan Ovum.

“ZTE membuat langkah besar di pasar jaringan optik pada tahun 2009 lalu, terutama di pasar PTN dimana ZTE memenangkan tender besar PTN dari China Mobile. Skala proyek jaringan ini sangat besar dengan persyaratan jaringan dan kontrak yang sangat ketat. Perangkat-perangkat PTN ZTE telah banyak digunakan di beberapa negara di kawasan Asia-Pasifik maupun di beberapa operator telekomunikasi selular (Mobile Telecommunication Operator/MTO) di Eropa dan Amerika”, ujar Mr Fan Xiaobing, General Manager Produk Jaringan ZTE.

-selesai-

About ZTE
ZTE adalah penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan lengkap di dunia yang mencakup hampir semua sektor dari jaringan kabel, nirkabel, layanan dan pasar terminal. ZTE memberikan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif dan sesuai kebutuhan bagi lebih dari 500 operator telekomunikasi di lebih dari 140 negara, membantu mereka dalam membentuk masa depan komunikasi dunia sambil terus menjaga pertumbuhan pendapatan. Pendapatan ZTE di tahun 2009 memimpin industri dengan peningkatan sebesar 36% atau lebih dari USD 8,820.7 juta. ZTE memiliki komitment sebesar 10% dari pendapatan tahunannya untuk keperluan riset dan pengembangan, dan mengambil kepemimpinan dalam berbagai organisasi dunia dalam hal pengembangan standarisasi telekomunikasi. ZTE merupakan perusahaan dengan inisiatif corporate social responsibility (CSR) yang baik, ZTE adalah anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi dari Cina yang terdaftar dan memiliki saham yang diperdagangkan baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.zte.com.cn.