Ajang Piala Dunia Memicu Pertumbuhan Gim Mobile

Posted on July 19, 2010

0


6 dari 10 Pengunjung Djuzz dari Indonesia men-download sebuah gim mobile selama bulan Juni 2010

Jakarta, 14 Juli 2010 – Perusahaan mobile media global, BuzzCity, memberikan lebih dari 8,3 juta gim mobile ke pada 14,8 juta pengguna di seluruh dunia melalui portal gim mobile gratis di portal Djuzz selama bulan Juni 2010. Angka tersebut merupakan peningkatan sebesar 295% atas download aplikasi gim dan peningkatan sebesar 335% pengunjung portal. Khusus untuk Indonesia, tercatat 2.942.732 pengunjung yang menyambangi portal tersebut dan lebih dari 1,5 juta download aplikasi gim, hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kedua tertinggi setelah India dalam jumlah pengunjung ke portal Djuzz dengan jumlah pengunjung yang men-download sebesar 53% (convertion rate). Hal ini berarti 6 dari 10 visitors dari Indonesia men-download aplikasi gim dari portal Djuzz selama bulan Juni 2010.

Djuzz, yang diluncurkan enam bulan lalu, hingga saat ini memiliki 5.200 aplikasi gim bisa di download, tersebar dalam 29 kategori dan diciptakan oleh 68 institusi pembuat gim mobile dan pemilik konten. Katalog Djuzz – sebuah toko aplikasi solusi gratis dari BuzzCity, hingga saat ini telah menarik lebih dari 200 rekanan termasuk para operator seluler, produsen handset, para pembuat gim mobile dan agensi pemasang iklan di media dari seluruh dunia. Untuk memenuhi permintaan para pengguna dari seluruh dunia, antarmuka Djuzz tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Inggris, Perancis, Thailand, Bahasa Malaysia, Bahasa Indonesia dan Cina. Segera menyusul adalah antarmuka dalam bahasa bahasa Arab, Spanyol dan Vietnam.

Berikut adalah Sepuluh gim mobile yang paling banyak di download selama bulan Juni 2010:

Kategori Judul Jumlah Download
Action & Adventure
  1. Fatal Fist
531,016
Racing
  1. 4×4 Extreme Rally
365,145
Movies & TV
  1. Ben 10: Battle for the Omnitrix
304,431
Racing
  1. 2D Moto Racing Evolved
279,161
Racing
  1. Crash Arena 3D
278,985
Action & Adventure
  1. The Great War of Troy
273,858
Action & Adventure
  1. Dragon and Dracula
209,879
Action & Adventure
  1. Doom II RPG
209,722
Sports
  1. Footballz 2009
173,711
Racing
  1. Speed Moto
131,637
Total 2,757,545

KF Lai, CEO BuzzCity mengatakan, “Dampak dari ajang Piala Dunia pada lalulintas download gim mobile di seluruh dunia sangat signifikan. Gim Footballz 2009 sebenarnya telah keluar dari 10 Teratas Gim Mobile, tapi bulan Juni lalu gim ini kembali menanjak karena tingginya angka download dari Afrika Selatan, Ghana, Kenya dan Amerika Serikat. Ajang musiman seperti Piala Dunia ini adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan para pembuat gim untuk meningkatkan jumlah download pada gim-gim hasil ciptaan mereka”.

Sebelum ajang Piala Dunia berlangsung, gim mobile sepakbola termasuk 2008 World Soccer, Footballz, Euro Football, Footballz 2009 dan Footballz Africa Edition rata-rata mengalami pertumbuhan jumlah download sekitar 64% per bulan, namun antara bulan Mei dan Juni lalu, pertumbuhan jumlah download untuk gim-gim tersebut meningkat menjadi rata-rata 709%. Selain ajang Piala Dunia, acara olah raga lain seperti The Indian Premier League, World Twenty20 cricket dan berbagai turnamen internasional dalam enam bulan pertama tahun ini juga mununjukkan pengaruhnya terhadap peningkatan download gim mobile yang berhubungan seperti gim mobile Cricket (20-20 Cricket Cricket dan Liga Champions) oleh pengunjung dari India, Bangladesh dan Sri Lanka.

Sejak Januari 2010 lalu, Djuzz telah menyediakan 12,8 juta gim mobile kepada total 22,6 juta pengunjung portal Djuzz, dan rata-rata pengguna harian portal ini telah mencapai 490.000.

Selama periode ini, kategori gim mobile yang paling populer adalah kategori Action dan Adventure, yaitu menguasai sebesar 27% jumlah download gim. Kategori Racing menguasai 15% dan Sports berada di posisi ketiga dengan 12%. Namun terdapat variasi dalam hal preferensi pengguna di seluruh dunia. Contohnya para pemain gim mobile di Indonesia dan India menunjukkan kesukaan mereka terhadap gim mobile kategori Action dan Adventure (30%), Arcade (20%), dan sports (20%). Gim-gim mobile seperti Fatal Fist, Ben 10: Battle for the Omnitrix, Doom II RPG dan BomberXmen lebih banyak diminati karena memiliki grafis yang sangat bagus dan animasi yang halus.

KF Lai menambahkan, “Berdasarkan laporan bulanan kami yang mengamati trend konsumen pada aplikasi mobile, kami dapat memberikan saran-saran strategis kepada para para pengiklan online/mobile dan para pembuat solusi online/mobile mengenai bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan para consumer sehingga dapat menciptakan volume lalulintas yang tinggi dan download. Kejayaan gim-gim popular sangat bergantung pada beberapa factor seperti apakah gim tersebut dapat di akses oleh banyak perangkat mobil – apakah itu telpon genggam ataupun smartphone, grafis yang bagus,  brand yang gampang diingat dan kemudahan gim tersebut dimainkan. Dengan mengikuti semua hal tersebut, para pembuat gim dapat menciptakan gim mobile yang akan terus menerus menarik bagi para konsumen dan akhirnya akan menjadi sangat menguntungkan secara finansial”.

Untuk melihat keseluruhan laporan, termasuk analisa tengah tahun, kunjungi website BuzzCity http://www.buzzcity.com.

– TAMAT –

Tentang BuzzCity

BuzzCity adalah perusahaan media berbasis mobile yang menawarkan akses kepada pemilik brand dan agensi terhadap jaringan iklan global melalui internet mobile. Jaringan tersebut terdiri dari publisher di seluruh dunia dan BuzzCity memiliki hak medianya. Sebagai pemain utama secara internasional, BuzzCity telah membangun pengetahuan yang dalam mengenai mobile consumer dan memberikan kesempatan besar untuk marketer untuk menjangkau audience melalui program marketing dan iklan.

Informasi selengkapnya http://www.buzzcity.com.

Tentang Djuzz Mobile Gaming Matrik

Djuzz adalah portal mobile game gratis yang bertujuan untuk menawarkan beragam hiburan untuk mobile users. Portal ini dirancang untuk memberikan games yang dibuat diatas platform  Java, Symbian, Windows Mobile, Android, Flash dan BlackBerry untuk semua fitur dan merek ponsel. Portal ini menyediakan game dan kompatibel untuk lebih dari 1.000 handset mobile. Djuzz mendapatkan kekuatan distribusi yang dimiliki oleh buzzcity dalam hal layanan mobilenya dan sebagai imbal baliknya memberikan diversifikasi distribusi kepada mitra kerjanya.

Matrik bulanan menunjukkan penggunaan Djuzz melalui jumlah unduhan game dari portal. Ringkasan bulanan ini menunjukkan minat konsumen pada mobile game melalui pencatatan berbagai performance metrics dan membantu developer dalam mengidentifikasi tren dan perkembangan permintaan pengguna. Selain tren global, laporan ini juga menampilkan snapshot negara-negara pasar utama.