AQUOS QUATTRON LED TV Inovasi Teknologi Quad Pixel Pertama di Dunia dari SHARP

Posted on July 19, 2010

2


“No Yellow No Glow”

Jakarta, 16 Juli 2010 – Selama hampir 100 tahun, “DNA Kreativitas” Sharp telah menghasilkan serangkaian produk one-of-a-kind di Jepang maupun seluruh dunia, yaitu produk yang tidak dibayangkan oleh perusahaan lain. Pada saat ini Sharp terus menerus menyegarkan kehidupan masyarakat dengan penciptaan ide-ide gaya hidup baru untuk abad ke-21 dan akan membuat impian masyarakat menjadi kenyataan. Salah satu produk yang menjadi andalan Sharp adalah LCD (liquid crystal display), teknologi yang telah dikembangkan oleh Sharp sejak tahun 1973. Sedangkan pengembangan TV LCD dilakukan oleh Sharp mulai tahun 1987.

Seperti yang kita ketahui televisi berteknologi 3 warna dasar merah, hijau, biru atau RGB (Red, Green dan Blue) mereproduksi berbagai jenis warna dari campuran tiga warna dasar itu. Tetapi ada beberapa warna yang tidak bisa dihasilkan dari kombinasi ke-tiga warna dasar tersebut.

Dengan perkembangan jaman di dunia teknologi televisi yang bermula dari teknologi monochrome, kemudian berkembang menjadi teknologi 3 warna dasar RGB, kini Sharp sekali lagi menunjukkan kepemimpinannya pada teknologi TV LCD dengan menghadirkan LED yang inovatif yaitu Aquos Quattron LED TV. Untuk pertama kalinya, warna dasar kuning (Yellow) telah ditambahkan ke tiga warna dasar, merah, hijau dan biru (RGB) sehingga Aquos Quattron LED TV menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa.

Division General Manager LCD Digital Systems-AV System Group, Sharp Corporation, Masahiro Yokota mengatakan, “Sharp telah mengembangkan teknologi Quattron yang pertama di dunia dengan menambahkan 1 warna dasar yaitu Yellow (kuning), yang akan membantu untuk mereproduksi warna-warna yang lebih banyak lagi.”

LED TV dengan inovasi teknologi baru yang menggunakan filter empat-warna yang menambahkan kuning (Yellow) kepada tiga warna utama merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue) atau RGB, memperluas gamut (susunan) warna dan dapat menampilkan hampir semua warna yang bisa dilihat dengan mata telanjang manusia, menghasilkan warna yang lebih solid, natural dan lebih banyak. AQUOS terbaru dengan teknologi LED Quattron memberikan warna yang benar-benar alami, seperti kuning emas, biru laut, biru langit, dan Cyan. Kombinasi panel X-Gen dan ultra LED untuk meningkatkan efek gambar jernih dan mengurangi 40% konsumsi energi.

Sharp juga menggunakan inovasi teknologi UV2A (Ultra Violet induced multi-domain Vertical Alignment) pada panel televisi, teknologi photo alignment yang menghasilkan mega contrast, high optical efficiency, dan high speed response. Hasilnya adalah layar mampu menghasilkan kualitas warna yang jauh lebih “hidup” dibandingkan teknologi yang ada saat ini dan bahkan bisa menghasilkan warna sebanyak 1 triliun warna (biasanya hanya dalam hitungan juta warna).

Aquos Quattron LED TV juga menawarkan keunggulan lain yaitu, dengan teknologi Quattron memungkinkan konsumsi daya yang rendah dengan menggunakan LED backlight yang lebih efisien daripada panel konvensional. Melanjutkan sejarah Sharp inovasi dan orisinalitas, Aquos Quattron menghadirkan desain kontemporer mutakhir menakjubkan yang merupakan seni pada televisi layar data serta dengan ketebalan hanya 1.6 inci memberikan tampilan layaknya suasana elegan home theater modern.

Fitur-fitur unggulan lainnya juga dbenamkan pada produk ini seperti USB Port yang dapat memainkan hampir semua format media, baik dalam bentuk MP3, WMA atau gambar JPEG, Photo and Music Viewer. Ada pula OPC (Optical Picture Control), Sistem OPC (Optical Picture Control) akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan TV berdasarkan tingkatan cahaya di ruangan, sehingga konsumen akan dapat melihat gambar secara nyaman dan jelas baik dalam ruangan terang maupun gelap. Sistem ini juga menjadikan Aquos Quattron LED TV sebagai produk hemat energi.

Sharp akan melempar 3 seri Aquos Quattron ke pasaran Indonesia yaitu LC-40LE820, LC46LE820, dan LC52LE820 dengan kisaran harga Rp. 16.000.000,- hingga Rp. 40.000.000,-. Assistant General Manager AUVI and BED PT Sharp Electronics Indonesia, Herdiana Anita Pisceria mengatakan, ”Aquos Quattron LED TV adalah produk premium dari Sharp yang diperuntukkan bagi konsumen High-End dan akan meningkatkan image Sharp sebagai produsen LCD. Dari total sales LCD TV Sharp, LED TV akan berkontribusi 30% terhadap pemasukan penjualan, kami optimis sebanyak 1.500 unit akan terjual per bulannya.”

Sharp Aquos Quattron LED TV merupakan inovasi teknologi pertama di dunia yang dikembangkan Sharp untuk memberikan kepuasan pelanggan serta berkontribusi pada perkembangan teknologi televisi. Kedepannya Sharp akan terus berupaya untuk terus berinovasi dengan produk-produk andalan Sharp dalam upaya mewujudkan impian menjadi kenyataan. “Mereproduksi gambar yang ada secara alami di televisi telah menjadi impian semua insinyur dan untuk melihat secara langsung sensasi gambar yang spektakuler merupakan impian konsumen pencinta televisi. Sharp telah melangkah maju dengan teknologi Quattron,” ungkap Yokota.