Outing Anak Jalanan dan Dhuafa Kelompok Kerja Sosial Melati “Kelana Budaya Negeri Grage”

Posted on July 19, 2010

0


Cirebon, 17 Juli 2010 – Tahun 2010 merupakan sewindu penyelenggaraan outing anak jalanan dan dhuafa dimana KKS Melati memberikan kegiatan menyenangkan yang di kemas dengan penuh makna, mewujudkan impian dan apresiasi bagi mereka yang terabaikan dalam hal ini anak-anak jalanan dan dhuafa. Outing kali ini juga untuk merayakan hari Anak Nasional yang diselenggarakan setiap 23 Juli.

Seperti tahun sebelumnya KKS Melati bersama relawan-relawannya akan mengajak 100 anak jalanan dan dhuafa beserta pendamping Rumah Singgah untuk mengikuti kegiatan outing yang kali ini bertajuk ”Kelana Budaya Negeri Grage” dan diselenggarakan di kota Cirebon, Jawa Barat pada 17-18 Juli 2010.

Perbedaan penyelenggaraan outing kali ini adalah anak-anak yang ikut serta tidak hanya berasal dari jaringan rumah singgah KKS Melati namun juga melibatkan anak-anak dhuafa dari kota Cirebon. Relawan-relawan yang membantu pun tidak hanya berasal dari Jakarta namun juga dibantu oleh Jaka-Rara dari Cirebon.

Ketidaktahuan masyarakat akan sejarah dan asal muasal bangsa mengakibatkan surutnya pengetahuan bangsa Indonesia yang sarat akan keanekaragaman budaya. Kekayaan Indonesia merupakan warisan abadi negeri indah nan elok bagi putra putri bangsa. Kepedulian anak muda terhadap warisan budaya sangat berperan dalam pelestarian negeri ini. Seorang negarawan besar pernah berkata ”Jangan sekali – kali melupakan sejarah”, sebab sejarah merupakan benang merah kehidupan.

Dengan tema ”Kelana Budaya Negeri Grage”  dimana kejayaan negeri tempoe doeloe ditelusuri melalui peninggalan – peninggalan yang sarat akan sejarah di kota Cirebon. Perwujudan mimpi bagi anak jalanan dan dhuafa, menanamkan kepercayaan diri, bahwa mereka tidaklah berbeda dengan anak–anak lainnya. Mereka memiliki hak dan peran yang sama terhadap budaya Indonesia. Sejatinya setiap pengetahuan yang mereka dapatkan akan besar manfaatnya dalam kehidupan mereka.

Tempat-tempat bersejarah yang akan dikunjungi, antara lain: menjelajah Keraton Kasepuhan, Kacirebonan, dan Kanoman, Mengunjungi Keraton Kasepuhan dan Kegiatan Bersih disekitar area keraton, kegiatan ini untuk mengajarkan tentang kebersihan didalam situs cagar budaya, Mengunjungi museum Kanoman, Mengunjungi Keraton Keprabon – Kacirebonan, berkunjung ke situs Taman Sari Gua Sunyaragi, melihat pertunjukan sendratari, menelusuri Kampung Batik Trusmi dan bersenang-senang di waterboom Cirebon.

Kecerdasan pengetahuan anak jalanan dan dhuafa sudah dimulai sejak persiapan Outing 2010 dilakukan, mereka akan mengikuti ujian budaya yang diselenggarakan sebelum kegiatan berlangsung dimana anak – anak dengan hasil terbaik yang akan disertakan dalam kelana budaya tahun ini.

Konsep kegiatan ini tidak hanya ditujukan bagi anak–anak jalanan dan dhuafa saja, tetapi juga merupakan proses pembelajaran bagi setiap relawan pendamping yang ikut serta sebagai wujud dari cinta akan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Tentang Program Outing Anak Jalanan dan Dhuafa
Program outing untuk anak jalanan dan dhuafa ini adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh KKS Melati dan telah diselenggarakan sejak 2003. Pada pelaksanaan pertama kali outing berupa kunjungan anak-anak “Sekolah Anak Jalanan (SAJA)” Kampung Kakap, Tanjung Priok  ke Kebun Raya Bogor. Pada 2004, KKS Melati kembali mengajak anak-anak “Sekolah Anak Jalanan (SAJA)” ke Taman Mini Indonesia Indah.

Pada 2005 KKS Melati mengajak 4 rumah singgah dan belajar bagi anak jalanan ke hutan kali Pesanggrahan dan museum layang-layang, pada 2006 KKS Melati mengajak anak-anak dhuafa dan anak-anak jalanan dari 1 rumah dhuafa, 2 rumah singgah dan 1 taman baca untuk menikmati serunya kemping selama dua hari di Curug Cilember, Jawa Barat.

Program outing bertajuk “lautku… lautmu… laut kita semua!!!” tahun 2007 diselenggarakan di pantai Carnaval, Gelanggang Samudra dan Seaworld Indonesia. Pada 2008 kegiatan outing anak jalanan dan dhuafa berkonsep kembali ke alam dengan mengangkat tema “kembali kampoeng!”  dan tahun lalu, outing anak jalanan dan dhuafa mengangkat tema „Jelajah Pulau“ yang diselenggarakan di kepulauan Seribu.

Program ini mengikutsertakan anak jalanan dan dhuafa yang merupakan tempat pendampingan Kelompok Kerja Sosial Melati dalam program rolling buku, sebuah program penyediaan buku bacaan bagi anak jalanan dan dhuafa.

Kegiatan ini didukung oleh CocaCola Amatil Indonesia, Komix, Kino the Inovator, Arnotts dan seluruh donatur baik dari lembaga maupun perseorangan serta relawan-relawan KKS Melati.

Tentang KKS Melati
Kelompok Kerja Sosial Melati (KKS Melati) merupakan sebuah wadah atau komunitas untuk anak muda belajar atau menjadi relawan, sehingga menjadi anak muda yang memiliki kepedulian pada sesama melalui kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan untuk membuat Jakarta dan lingkungan sekitarnya menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Relawan yang tergabung di KKS Melati terdiri dari beragam latar belakang seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan sebagainya. Seluruh relawan yang bergabung melebur menjadi satu meninggalkan keterikatan kelompok, suku, agama dan ras.

Seperti bunga melati yang putih dan kecil, KKS Melati hanyalah satu dari sekian banyak komunitas yang tumbuh di Jakarta yang berusaha memberi arti sekaligus menebarkan wangi (baca: hal-hal yang baik) untuk lingkungan sekitar dan memberikan kepedulian kepada sesama. Komunitas yang percaya apabila banyak aksi sosial serupa juga dilakukan oleh komunitas lain maka lingkungan tempat kita tinggal akan menjadi lebih baik sehingga cita-cita untuk mewujudkan bangsa yang lebih baik akan lebih cepat terlaksana.

Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :
website outing             – http://kelanabudaya grage.facebook. com
website kks                  – http://kksmelati. multiply. com
email                            – kks_melati@yahoo. com

Kelompok Kerja Sosial Melati – KKS melati
Jl. Ampera 2 No. 17a RT. 005 RW. 09 Jakarta 12550 Indonesia