SELAMATKAN ORANGUTAN, FOKUSLAH KE AKAR MASALAH

Posted on July 19, 2010

0


Jakarta & Denpasar(15/ 7) –  Centre for Orangutan Protection (COP) dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mendesak Pemerintah Indonesia untuk fokus pada akar permasalahan yang saat ini telah menyebabkan orangutan berada di ambang kepunahan, yakni pembabatan hutan untuk membuka perkebunan kelapa sawit.
“Orangutan membutuhkan tindakan nyata untuk menyelamatkan mereka dari tindak kejahatan dan kekejaman, bukan permainan publikasi untuk menciptakan kesan bahwa permasalahan telah diatasi dengan baik,” kata Hardi Baktiantoro, aktivist COP di sela – sela acara International Workshop on Orangutan Conservation di Denpasar.
Dalam 3 tahun terakhir ini, COP mendokumentasikan bagaimana perusahaan – perusahaan kelapa sawit terus membabat habitat orangutan dan mengancam keselamatan orangutan. Kejahatan dan kekejaman terhadap orangutan semakin rapi dan terorganisir seiring dengan diadopsinya kriteria – kriteria dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) maupun Private Sector Partnership.
“Semuanya terlihat semakin baik dan ramah lingkungan dengan dialokasikannya hutan – hutan konservasi di setiap konsesi perkebunan, pembuatan koridor – koridor satwa liar dan pemasangan papan – papan sosialisasi. Tapi itu sama sekali tidak menolong jika pembabatan habitat orangutan terus dilakukan. Hilangnya hutan, berarti hilangnya tempat tinggal dan sumber pakan bagi orangutan. 1200 orangutan yang kini terduduk di kandang – kandang Pusat Rehabilitasi adalah buktinya,” lanjut Hardi Baktiantoro.
Sejak bulan Januari hingga Juli 2010, COP telah mengevakuasi 15 orangutan. Sebagian besar berasal dari perkebunan kelapa sawit . COP juga memiliki daftar tunggu orangutan yang harus dievakuasi namun belum dapat dilakukan karena Pusat – Pusat Rehabilitasi yang dikelola oleh BOSF, International Animal Rescue dan Orangutan Foundation sangat selektif dalam menerima orangutan baru karena keterbatasan daya tampung daya tampung.
“Pilihannya hanya dua: Save or Delete! Jika ingin menyelamatkan orangutan, Pemerintah Indonesia harus menghentikan pembabatan hutan untuk perkebunan kelapa sawit. Jika ingin membunuhnya, lanjutkan saja menipu diri bahwa upaya – upaya konservasi orangutan telah sedang menuju kesuksesan.” kata Hardi Baktiantoro.
Centre for Orangutan Protection adalah sebuah perkumpulan yang bekerja secara langsung melindungi orangutan dari kejahatan dan kekejaman. Kami mengumpulkan bukti, mempublikasinya dan jika perlu berkonfrontasi melawan penjahat kehutanan bersama dengan masyarakat Kalimantan.
Informasi lebih lanjut harap menghubungi:
Hardi Baktiantoro di nomor telepon 08121145911 atau email: orangutanborneo@ mac.com
Foto dan video dapat menghubungi: Zulfa Huzaifah di : epa@cop.or.id
Tagged: ,