BINUS INTERNATIONAL (BI) Motion 2010 Final Event

Posted on July 20, 2010

0


Jakarta, 17 Juli 2010 – Dewasa ini film telah menjadi salah satu media yang sangat digemari oleh seluruh kalangan. Untuk menciptakan sebuah film yang baik, banyak faktor terlibat. Film sebagai salah satu bentuk komunikasi audio-visual merupakan yang paling banyak digunakan untuk menyampaikan pesan. Namun, film-film seperti apakah yang benar-benar bisa merepresentasikan pesan-pesan yang memang ingin disampaikan?

Untuk itu, mahasiswa BINUS INTERNATIONAL Hospitality and Tourism School didukung oleh BINUS INTERNATIONAL Film School menyelenggarakan BINUS INTERNATIONAL (BI) Motion 2010, sebuah kompetisi film pendek untuk siswa/i Sekolah Menengah Umum (SMU). Kompetisi ini ditutup pada tanggal 10 Juli 2010 di BINUS INTERNATIONAL, kampus The Joseph Wibowo Center for Advanced Learning, Ruang 310, Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta 10270.

Konsep kompetisi BI Motion 2010 ini adalah kompetisi film pendek yang berdurasi tidak lebih dari 10 menit dengan tema ”Indonesian Culture & Heritage”, dan dalam satu tim hanya diperbolehkan maksimal 4 orang. Format film yang dikirimkan kepada panitia berupa VCD/DVD (format yang bisa dibaca dalam program Windows Media Player). Para pemenang yang akan diumumkan pada hari ini akan mendapatkan hadiah-hadiah eksklusif, trofi, dan total uang sebesar Rp. 12.000.000,00 yang akan dibagi kepada 3 pemenang.

Sebelum Final Event ini para peserta pun dibekali workshop dari para pakar-pakar film nasional, seperti Joko Anwar dan Salman Aristo selama tiga hari, 14 – 16 Juli 2010 jam 09.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini juga merupakan tugas akhir dari para mahasiswa BINUS INTERNATIONAL Hospitality and Tourism School dalam mata kuliah Event Planning and Organisation.

Pemilihan “Indonesian Culture & Heritage” sebagai tema IPC 2010 dilatarbelakangi dari karakter BINUS INTERNATIONAL Hospitality and Tourism School , ingin membuat kegiatan yang meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap budaya Indonesia, tapi dengan cara yang tetap menonjolkan kreativitas.

“Sungguh menyegarkan sekali melihat budaya Indonesia diapresiasikan dari sudut pandang yang sangat beragam. Saya berharap kompetisi ini dapat meningkatkan penghargaan generasi muda terhadap warisan budaya kita sambil meningkatkan jiwa kerjasama dan kreativitas”, menurut Hera Oktadiana, kepala jurusan BINUS INTERNATIONAL Hospitality and Tourism School.

Tim juri BI Motion 2010 terdiri dari para profesional di bidang film, mereka adalah Tito Imanda, Ekky Imanjaya, Lola Amaria dan Nataya Aryadni. Kriteria penilaian didasarkan pada kreativitas dan sejauh mana film tersebut mampu menyampaikan pesan yang dimaksud. “Saya bangga melihat bakat-bakat kreatif yang ditampilkan hari ini. Saya yakin apabila mereka terus berlatih dan berkreasi, mereka akan memiliki banyak kesempatan di industri film kita yang terus berkembang ini” menurut Lola Amaria.

“Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat tinggi nilainya. Sebagai generasi muda yang akan menjadi Global Citizen masa depan, ayo kita pertahankan, lestarikan dan banggakan Budaya Indonesia!”, tutup Mukti Hardi selaku Team Leader kegiatan ini.

Acara ini turut didukung oleh Education section, Australian Embassy; La Trobe University, Australia; Pratama Capital; Bank Bukopin; Semen Tonasa; Kartika Chandra Hotel; Fun Station; Subur Printing.

—o0o—

Tentang BINUS INTERNATIONAL
BINUS INTERNATIONAL (BI) merupakan program dual degree dari BINUS UNIVERSITY yang bekerjasama dengan Curtin University Of Technology, La Trobe University, University of Wollongong (UOW), Macquarie University, The Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University, & Murdoch University, Australia; Northumbria University & Bournemouth University, Inggris; University of Wollongong in Dubai (UOWD), Dubai; IHTTI, Swiss, Bournemouth University, United Kingdom dan Cologne Business School (CBS), Jerman.

Melalui kurikulum, fasilitas, dan universitas rekanan, kami berharap bahwa lulusan kami bisa mendapatkan pengalaman pendidikan yang memorable dan bernilai tinggi di dalam lingkungan budaya yang beragam – sebuah pengalaman yang akan terus dibawa ke dalam jenjang karir semua lulusan kami di tahun-tahun ke depan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://www.binus.ac. id