CT Foundation Membuka SMA Unggulan

Posted on July 20, 2010

2


Medan, 18 Juli 2010 – CT Foundation mengawali langkahnya dengan membentuk sebuah Rumah Anak Madani (RAM) yang berlokasi di Medan sebagai pusat penanganan pertama anak-anak korban bencana di sekitar Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. RAM menjadi tempat pengembangan dan pembelajaran bagi anak-anak korban tsunami menuju masyarakat madani. Anak-anak tersebut kini telah memiliki tempat tinggal yang layak dan mendapat pendidikan dari sekolah lokal setempat.

Guna memenuhi kebutuhan akan pendidikan yang lebih berkualitas bagi anak-anak RAM dan sekitarnya, Yayasan CT Foundation yang didirikan oleh Bapak Chairul Tanjung dan Ibu Anita Ratnasari Tanjung pada tahun 2010 ini membangun SMA Unggulan CT Foundation. Sekolah Menengah Tingkat Atas. Dengan sistem asrama, sekolah ini mulai beroperasi pada tahun ajaran 2010 di Propinsi Sumatera Utara tepatnya berlokasi di Jl. Veteran Pasar VII Manunggal Labuhan Deli Serdang. SMA Unggulan CT Foundation memberikan beasiswa bagi siswa-siswi lulusan SMP/Mts yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki kecerdasan dan semangat belajar yang tinggi. Pada tahun-tahun berikutnya CT Foundation berencana membangun SMA Unggulan di setiap propinsi di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pada 18 Juli 2010 SMA Unggulan CT Foundation Medan diresmikan oleh Ibu Anita Chairul Tanjung selaku Ketua CT Foundation dan Gubernur Sumatera Utara Bapak H. Syamsul Arifin, SE. Sekolah ini dibangun dengan tujuan utama untuk memutus rantai kemiskinan yang selama ini terjadi di kalangan masyarakat miskin. Melalui pendidikan diharapkan kemiskinan tidak lagi menjadi kendala bagi anak-anak Indonesia untuk dapat menjadi pribadi yang pintar, cerdas, beretika, memiliki etos kerja yang tinggi dan berjiwa entrepreneur.

SMA Unggulan CT Foundation memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dimana mereka telah ditempa secara matang oleh konsultan pendidikan berpengalaman Prof. Yohanes Surya Ph. D dari Lembaga Nobel Indonesia. Keberhasilannya membina siswa Indonesia  dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia menjadi acuan untuk memfasilitasi materi pendidikan yang diterima oleh para siswa sekolah ini.

Sampai saat ini SMA Unggulan CT Foundation telah memiliki 61 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Berbasis kurikulum nasional plus, sekolah ini memiliki fasilitas yang meliputi laboratorium bahasa, fisika, kimia, biologi, aula sekolah, peralatan musik, fasilitas olahraga, musholla dan sebagainya.

Disamping bersekolah, para siswa juga dilatih untuk memperoleh uang sendiri dengan bekerja di hari libur pada perusahaan lokal yang telah bekerjasama dengan SMA Unggulan CT Foundation. Aktivitas belajar-mengajar di sekolah ini meliputi teori dan praktek secara langsung di lapangan sehingga mereka dapat memahami dan berpikir lebih kritis. Hal ini menjadi bekal bagi para siswa saat mengaplikasikannya dalam dunia pekerjaan sesungguhnya.