HYPERMART DORONG UKM MASUK PASAR MODERN

Posted on July 26, 2010

1


Lokakarya Dalam Bus Pertama di Indonesia

Jakarta, 23 Juli 2010 – Pasar modern di Indonesia dalam 5-10 terakhir tumbuh begitu pesat. Selain dianggap sebagai ‘ancaman’ pasar tradisional, tren pasar modern ternyata telah memberi peluang-peluang baru bagi pebisnis ritel tanah air, baik skala besar maupun kecil.   Berdasarkan riset Nielsen, pertumbuhan pasar modern di Indonesia terus naik signifikan. Tahun 2004 misalnya market share-nya (dari total bisnis ritel nasional) sekitar 18,3%. Kemudian naik menjadi 19,7% (2005), 21,2% (2006), 22,6% (2007), dan 24,4% (2008). Nielsen juga mencatat, perputaran barang (*turnover*) di pasar modern pada periode 2004-2008, tumbuh 19,8 persen.   Sebagaimana pasar tradisional, pasar modern sangat membutuhkan peran pemasok (supplier) untuk memenuhi ketersediaan barang. Sayangnya, belum  banyak pengusaha /
masyarakat yang memanfaatkan peluang usaha pemasok pasar modern ini, antara lain karena minimnya informasi.    Mencermati kondisi ini, Hypermart bekerjasama dengan GambaranBrand,  mengadakan lokakarya unik bertema ’Peluang Usaha Pemasok di Pasar Modern’, yang diikuti sejumlah pengusaha IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia). Tidak seperti lokakarya (workshop) umumnya, kegiatan ini dilakukan secara ’mobile’, yakni dalam bus yang dirancang khusus. Konsep ini disebut ‘Edutraveling’. Selain menggunakan moda bus, edutraveling juga dirancang untuk moda-moda lain seperti kereta api, kapal laut, bahkan pesawat udara.

Meshvara Kanjaya, Direktur Merchandising and Marketing Matahari Food Business PT Matahari Putra Prima (Hypermart) mengatakan, pihaknya menaruh perhatian besar pada pengusaha UKM. Untuk mendorong kemajuan pengusaha UKM nasional tentunya perlu upaya tersendiri termasuk adanya kerjasama sejumlah pihak.

“Kami tertarik bekerjasama dengan GambaranBrand dalam  memajukan UKM karena selain memiliki visi yang sama, konsep Edutraveling dalam edukasi dan pelatihan UKM sangat unik dan menarik. Ini juga sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat, khususnya UKM, dalam membantu mereka untuk mengembangkan diri melalui pembinaan dan pelatihan semacam ini,” ujar Meshvara.

Lebih lanjut Meshvara mengungkapkan, kemajuan UKM menjadi perhatian penting bagi Hypermart. “Mereka adalah mitra kami. Memiliki pemasok yang mampu menyediakan produk dengan kualitas prima pada akhirnya akan menguntungkan konsumen. Inilah mengapa membina UKM sebagai pemasok penting untuk dilakukan.”

Menurut Arto Subiantoro, Konsultan Senior GambaranBrand, konsep ’mobile seminar’ atau ’mobile workshop’ merupakan strategi yang secara serius akan dikembangkan pihaknya dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat.   “Tujuan lokakarya kali ini untuk memotivasi dan membekali pengusaha yang ingin jadi pemasok pasar modern, baik berupa pengetahuan dan strategi, juga konsultasi. Dengan konsep Edutraveling, selain unik dan menarik, kami yakin hal ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi peserta,” ujar Arto.

Sekilas mengenai Hypermart
Hypermart merupakan salah satu cabang usaha dari Matahari Food Business ( MFB ) yang juga mengelola Boston Health & Beauty Center dan Foodmart. Matahari Food Business (MFB) *merupakan salah satu unit usaha PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Matahari) perusahaan ritel multi format lokal terkemuka di Indonesia. Matahari telah menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 supplier lokal dan mancanegara. Eksistensi Matahari selaku perusahaan ritel terkemuka di Indonesia telah diakui melalui berbagi penghargaan nasional & internasional yang diterima. Tahun 2009 ini Matahari dinobatkan sebagai Best of The Best Ritel se Asia Pasific, penghargaan ini diraih tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2007, serta berbagai penghargaan lainnya. Total Jaringan  gerai Matahari tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia mencakup; 91 gerai Matahari Department Stores, 50 gerai Hypermart, 27 gerai Foodmart, 50 gerai Boston Health & Beauty Center, 18 gerai Times Bookstore dan 90 tempat hiburan keluarga Timezone, menjual lebih dari 100.000 item kepada pelanggan setia sebanyak lebih dari 5,5 juta konsumen di seluruh Indonesia.

Sekilas mengenai GambaranBrand

GambaranBrand adalah konsultan merek yang dikembangkan anak-anak muda dengan visi ”Membangun Merek Indonesia”. Berbekal pengalaman lebih dari 10 tahun bekerja di biro iklan / konsultan komunikasi terkemuka, tim GambaranBrand fokus untuk membantu perusahaan-perusahaan nasional yang ingin mengembangkan mereknya hingga ke level dunia. GambaranBrand telah menangani sejumlah merek dari berbagai industri mulai supermarket, hotel,  F&B, hingga galangan kapal. Layanan yang diberikan a.l.  riset, strategi, komunikasi, dan pendampingan.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi:
S. Hidayat
Konselor GambaranBrand
Mobile: 0817.4902882
Email: hedayats@gmail.com