Laporan BuzzCity Menunjukkan Bahwa Gim Ponsel Sudah Menjadi Kebutuhan Sehari-hari

Posted on July 30, 2010

0


90 persen dari mobile user men-download dan bermain gim pada ponsel

Jakarta 29 Juli 2010 – Hari ini BuzzCity mengumumkan hasil survei multi-market yang telah keenam kalinya diadakan. Survei ini meneliti perilaku para konsumen ponsel dan berfokus pada penggunaan gim dan aplikasi pada ponsel secara global. Penelitian BuzzCity mengenai trend gim di ponsel ini bertujuan untuk mengetahui pola penyebaran gim dan bagaimana para pemasar dan pengembang dapat mengambil keuntungan dari popularitas gim tersebut. Berdasarkan hasil survey, pasar Indonesia adalah pasar yang dipenuhi oleh para pemain gim ponsel yang penuh semangat, dengan pemain berusia 20-25 tahun (sebesar 35%) mendominasi di kelompok usia, sebesar 44% dari responden adalah para wiraswasta (freelancers & pemilik usaha) yang gemar memainkan gim berjenis Aksi/Petualangan/Fantasi (40%) kapanpun mereka memiliki kesempatan (pengakuan 49% dari responden).

Survei internasional yang meneliti pengguna ponsel di 10 negara yang mewakili berbagai wilayah geografis yang berbeda, yaitu: Amerika, Asia, Afrika dan Timur Tengah dalam menggunakan ponsel sebagai perangkat gim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini gim di ponsel telah berkembang secara signifikan di luar ide-ide tradisional gim biasanya dan mengarah kepada gim yang lebih kompleks.

Di Indonesia, responden berusia 20-25 tahun menjadi kelompok usia terbesar (35%) yang kemudian disusul responden berusi 25-30 tahun sebesar 23%. Para remaja (15-20 tahun) mewakili 20% dari responden dan mengalahkan kelompok usia 30 tahun ke atas (18%) dengan selisih yang tipis.

Para responden Indonesia terdiri dari 74% pria dan 26% wanita.

Di antara para responden, sebesar 44% berasal dari kalangan wiraswasta (freelancer & pemilik usaha) dan 11% adalah pelajar. Pegawai (termasuk para admin/Asisten sales) mewakili 19% dari responden dan para Eksekutif & Manejer mewakili 2% dari responden.

Dari para responden, ditemukan bahwa 6% mengaku belum pernah (dan tidak memiliki keinginan) untuk mengunduh gim di ponsel. Sekitar 12% mengaku tidak mengunduh karena mereka tidak menemukan gim yang mereka inginkan. Sebesar 3% mengaku mengunduh gim dua minggu sekali, 26% mengunduh setiap minggu dan 52% mengaku mengunduh “namun tidak terlalu sering”.

Para pemain gim ponsel di Indonesia merupakan pemain yang penuh semangat; mereka mengaku memainkan gim kapanpun mereka punya kesempatan (49%) dan sebesar 37% mengaku bermain hampir setiap hari. Sekitar 6% bermain beberapa kali dalam seminggu dan 7% mengaku hanya kadang-kadang bermain gim ponsel.

Pengunduhan gim ponsel di Indonesia terjadi pada saat para pengguna ponsel melakukan browsing internet di ponsel mereka. Sebesar 4% dari Responden Indonesia mengaku melakukan browsing internet pada pagi hari, namun aktifitas akan meningkat di sore (13% dari responden) hingga malam. Puncak pengunduhan terjadi pada malam hari (56%) dan tengah malam (8%).

Para pengguna ponsel di Indonesia bermain gim setiap mereka ada kesempatan dan ini terjadi kapanpun (pengakuan 55% dari responden). Sekitar 21% mengaku bermain pada saat mereka menunggu (bis, kendaraan umum, dll) atau sebelum mereka tidur di malam hari (12%). Berdasarkan pengakuan pemain gim Indonesia, kegiatan bermain gim merupakan kegiatan hiburan yang utama “dalam menghabiskan waktu” (pengakuan 46% dari responden). Sedangkan  36% dari responden melihat kegiatan bermain gim ponsel sebagai kegiatan pembelajaran hal baru.

Berikut adalah jenis-jenis gim pilihan pemain gim ponsel Indonesia:-
•    Gim Aksi/Petualangan/Fantasi (40%)
•    Gim Olah raga/Balapan (15%)
•    Gim Olah otak/Kecerdasan/Puzzle (15%)

Angka Pertumbuhan Pemain Gim Wanita dan Dewasa di Keseluruhan Pasar
Walaupun biasanya pemain gim adalah pria berusia 20-an, setidaknya kini sekitar 29 persen-nya adalah pemain gim wanita. Di berbagai pasar, terjadi peningkatan pemain gim ponsel wanita – Di Amerika Serikat dan Thailand, 49% pemain gim ponsel-nya adalah wanita, dan di Afrika Selatan wanita mewakili 47% dari populasi pemain gim ponsel.

Hasil survei juga menunjukkan peningkatan jumlah pemain gim ponsel dari kalangan dewasa. Di Amerika Serikat 12% dari pemain gim ponsel berusia di atas 40 tahun. Di Afrika Selatan dan Malaysia, pemain gim ponsel berusia di atas 40 tahun menguasai 19% pasar (meningkat sebesar 8%). Hal ini menunjukkan bahwa asumsi bahwa ponsel dan gim ponsel milik kalangan muda saja sudah tidak tepat.

CEO BuzzCity, KF Lai, berkata, “Gim Ponsel menjadi umum dan ada kebutuhan yang jelas untuk menyasar kelompok demografis tertentu.”

Pola Gim Secara Umum
Beberapa hasil utama dari survei ini meliputi:

•    Pria dan wanita lebih suka jenis gim Aksi dan Petualangan sebanyak 41% diikuti oleh permainan Olahraga & Balapan sebanyak 21%.
•    Sebanyak 32% dari responden mengunduh gim ponsel secara sporadis, sementara 46% mengunduh gim ponsel secara teratur baik mingguan atau setiap dua mingguan.
•    Sebanyak 40% responden bermain gim setiap hari sedangkan sebanyak 17% responden bermain sepanjang hari.
•    Sebanyak 46% responden bermain gim untuk mempelajari hal baru atau berusaha untuk mengoptimalkan fungsi ponsel mereka.

Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa pilihan permainan untuk pria dan wanita umumnya sama. Perangkat ponsel, telah menjadi media yang nyaman untuk digunakan, juga memungkinkan para pengguna untuk mengoptimalkan waktu luang mereka dan bermain gim sebagai pengisi waktu luang.

KF Lai menambahkan “Peningkatan lalulintas gim ponsel menunjukkan peluang yang besar untuk iklan yang mendukung gim dan advergames, khususnya apabila kegiatan branding menjadi tujuan utama kampanye. Seiring dengan semakin banyak pengguna akan lebih terlibat dalam gim yang plot-nya lebih canggih, tingkat keterlibatan konsumen akan meningkat, dan menciptakan lebih banyak peluang branding bagi para marketer”.

Ponsel yang mendukung fitur gim tetap menjadi perangkat popular untuk bermain gim dengan Nokia, Samsung dan Sony-Ericcsson sebagai merek-merek ponsel terdepan.

Survei Mobile Gaming adalah salah satu dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh BuzzCity guna membantu para pengiklan dan rekanan yang tertarik pada terobosan terbaru teknologi mobile. Untuk melihat laporan lengkap, silahkan kunjungi situs BuzzCity di http://www.buzzcity.com/f/pressrel