BERKAH KARUNIA RAMADAN 1431 H

Posted on August 4, 2010

0


Jakarta, 27 Juli 2010 – Metro TV kembali menghadirkan beragam program spesial Ramadan 1413 H yang memberikan sentuhan berbeda dari stasiun televisi lainnya. Program berkualitas yang tidak hanya mengedukasi, namun mampu memberikan inspirasi dan pencerahan spiritual bagi umat Islam di bulan suci Ramadan.

TAFSIR AL MISHBAH Setiap Hari, 03.05 – 04.00 WIB (Mulai 1 Ramadan 1431 H)

TAFSIR AL MISHBAH kembali menemani santap sahur anda dalam menerangi jiwa dan keimanan melalui tafsir ayat-ayat suci bersama Prof. Dr. M. Quraish Shihab. Pakar tafsir Al Qur’an akan membedah surat-surat yang berkaitan dengan berkah Ramadan. Tahun ini akan membahas surat Al-An ‘am.

SUKSES SYARIAH Senin – Jum’at, 04.05 – 04.30 WIB (Mulai 1 Ramadan 1431 H)

Sukses Syariah merupakan sebuah program yang membahas ekonomi syariah, dan bisnis bersama narasumber Syakir Sula. Program akan lebih mengangkat tips untuk investasi perbankan, aneka aspek bisnis secara syariah. Setiap episodenya mengangkat topik seputar konsep-konsep ekonomi syariah berikut keunggulan-keunggulannya, perkembangan ekonomi syariah di dalam maupun di luar negeri secara komprehensif. Saksikan acara ini untuk kesuksesan bisnis Anda yang dilandasi semangat Islam.

WORLD CINEMA – Inside Islam Senin – Minggu, 16.05 – 16.30 WIB

Islam adalah agama terbesar kedua sekaligus agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Nama Islam diambil dari kosa kata bahasa Arab yang berarti ‘damai’. Banyak orang barat yang menyamkan Islam dengan teroris. Inside Islam mengangkat tabir misteri seputar kesalah-pahaman orang memandang Islam. Cari tahu bagaimana Al Quran berbicara tentang perang, kekerasan dan bunuh diri dan bagaimana dalil-dalil tersebut disalahgunakan oleh para ekstrimis. Simak juga penjelasan dari Khaled Abou el Fadl (penulis in God’s Name) tentang beragam tantangan yang dihadapi Islam masa kini. Inside Islam berusaha mengekspos Islam secara jujur.

INSPIRASI RAMADAN Setiap Hari, 16.30 – 17.00 WIB (Mulai 1 Ramadan 1431 H)

Program Inspirasi Ramadan adalah program inspiratif dan memperluas wawasan keislaman untuk menemani anda menunggu saat-saat berbuka puasa dengan isi program :

  • Segmen 1, tentang serba-serbi Ramadhan, masjid-masjid, kuliner khas dan lainnya.
  • Segmen 2, tentang cerita inspiratif dari para public figure (selebritis dan tokoh lainnya)
  • Segmen 3, tentang Tausiyah dan Quiz berhadiah buku atau uang/voucher/tabungan  dengan hadiah utama Umrah.

ENSKLOPEDI ISLAM : Berkah Salat – Setiap Hari, 17.05 – 18.00 WIB (Mulai 1 Ramadan 1431 H)

Sebuah program reality-talkshow yang akan membahas ‘Berkah Salat’ dengan narasumber tetap Ustadz Abu Sangkan dan Shahnaz Haque sebagai pembawa acaranya.

Pada setiap episodenya akan dibuka dengan segmen reality, dimana Abu Sangkan akan melakukan perjalanan dan bertemu dengan orang-orang biasa, tokoh masyarakat, atau public figure untuk memberikan pencerahan. Segmen reality ini kemudian akan dibahas lebih dalam bersama host di studio dan diselingi dengan interaktif pemirsa di rumah.

Abu Sangkan akan menuntun untuk lebih memahami Islam melalui Berkah Salat. Topik-topik yang akan dibahas antara lain: Mengapa kita salat? Mengapa menghadap Ka’bah? Mengapa berwudhu? Fungsi salat? Bagaimana salat khusyu’? Apa berkah Salat Khusus Sabtu & Minggu Ensiklopedi Islam akan diselenggarakan secara live dari masjid yang berbeda setiap minggunya, yaitu; Masjid Pondok Indah, Masjid Bank Indonesia, Masjid Sunda Kelapa dan Masjid At Tiin.

KULTIM RAMADANSetiap Hari, Segmen 3 Menit Menjelang Adzan Maghrib (Mulai 1 Ramadan 1431 H)

Sebuah program kuliah tiga menit yang mengangkat berkah Ramadan sebagai pencerahan rohani bagi para pemirsa untuk kembali mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai berkah Ramadan  akan diulas oleh ulama-ulama terkemuka. Para ustadz akan memberi pencerahan yang bisa memberi inspirasi, dan kesejukan jiwa dan rohani berdasarkan bidangnya masing-masing.

OASIS SPECIAL RAMADAN Setiap Kamis, 10.05 – 10.30 WIB

Oasis Special Ramadan akan hadir menemani Ramadan anda dengan sajian dokumentasi mendalam tentang pemberdayaan kaum marjinal yang dilakukan oleh dua organisasi besar, yaitu Rumah Zakat Indonesia dan Dompet Dhuafa Republika dalam 4 episode:

  • Bahagia Di Jalan Mandiri (Eps 1) : Kisah sukses para ibu rumah tangga yang telah mendapatkan pelatihan keterampilan dari Program Senyum Mandiri yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat Indonesia.
  • Senyum Para Juara (Eps 2) : Melalui Program Senyum Juara yang berfokus pada bidang pendidikan, Rumah Zakat Indonesia berhasil melakukan terobosan besar dalam program pendidikan dasar. Sejumlah anak tidak mampu yang menempuh sekolah dasar di Cakung, Gambir, dan Kebagusan berhasil meraih prestasi juara. Anak-anak tidak mampu ini bisa berprestasi dengan dukungan dari Rumah Zakat Indonesia.

  • Mulia Dengan Memberi (Eps 3) : Para muzakir di Dompet Dhuafa bukan saja memberi dalam pengertian harafiah, tetapi juga mengerjakan tugasnya dengan segenap suka duka, menghadapi berbagai kendala, dan rela menembus aneka batas pergaulan sosial demi tujuan mulia, yaitu mengangkat kaum fakir miskin dari takdir yang membelenggu berupa kemiskinan. Kisah para muzaki ini merupakan kisah perjuangan, pengorbanan, juga dedikasi yang sangat menggugah.
  • Kini, Tangan Kami Di Atas (Eps 4) : Mereka ini semula adalah orang-orang tak mampu yang dibantu oleh Dompet Dhuafa, tetapi kemudian mereka mampu mandiri dengan memanfaatkan bantuan dari Dompet Dhuafa. Hebatnya, mereka kini menjadi pemberi zakat atau mustahik. Cerita orang-orang yang semula “tangannya di bawah” dan kemudian berubah “tangannya di atas” ini sangat menginspirasi kita.

METRO 10 SPECIAL RAMADAN Selasa, 20.30 – 21.00 WIB

Metro 10 akan menemani Ramadan anda dengan informasi seputar Islam dan bulan Ramadan untuk meningkatkan pengetahuan ke-Islaman anda. Simak peringkat 10 terbaik berdasarkan hasil survey tim riset Metro TV hanya di Metro 10.

JUST ALVIN SPECIAL RAMADAN Minggu, 20.05 – 21.00 WIB

Just Alvin Special Ramadan akan menemani anda dengan sajian menarik dan jadikan inspirasi bagi kehidupan Anda. Bersama Alvin Adam, anda akan diajak menyelami kehidupan beberapa tokoh pendakwah Islam yang populer dan sering muncul di televisi seperti Mamah Dedeh, Opick dan Rhoma Irama yang akan membahas masa lalu, mengapa berdakwah, pandangan kehidupan umat Islam saat ini, juga akan mendatangkan teman masa lalu, saksi, keluarga, orang terdekat, dan mystery guest. Semarakkan Ramadan anda kali ini dengan menyaksikan Just Alvin Special Ramadan.

ZONA MEMORI SPECIAL RAMADAN Minggu, 22.05 – 23.00 WIB

Sebuah program musikal mingguan yang akan memenuhi kerinduan pemirsa akan kenangan menarik di era 70 hingga 90-an. Dari kenangan akan gaya hidup, trend, di balik prestasi dan kisah menarik dari musik, film, acara TV, dll. Zona Memori Special Ramadan akan menemani Ramadan anda dengan lagu-lagu rohani Islam yang sempat populer di masa lampau. Mari berdendang sambil mempertebal keimanan lewat lagu-lagu rohani yang dinyanyikan oleh artis tempo dulu seperti Bimbo, Hari Mukti, Neno Warisman, dll.

MARIO TEGUH GOLDEN WAYS SPECIAL RAMADAN Minggu, 19.05 – 20.00 WIB

MTGW Special Ramadan, sebuah sajian special Metro TV akan menemani anda di bulan Ramadan. Mario Teguh akan mengajak anda untuk melihat dari dekat dan menggali makna spiritual dari bulan penuh berkah karunia dan makna sedekah. Sekaligus memberi inspirasi berharga bagi umat Islam agar menjadi lebih baik di kemudian hari.

HEALTHY LIFE SPECIAL RAMADAN Senin s/d Jumat, 08.05 – 09.00 WIB

Program Healthy Life, mengangkat sisi berbeda dari dunia kesehatan dan memberikan info seputar dunia Kesehatan A-Z, Lifestyle, Parenting, makanan sehat dan kebugaran tubuh. Dengan menghadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya. Healthy Life Special Ramadan akan menemani Ramadan anda dengan informasi kesehatan. Dapatkan juga tips sehat dan bugar selama bulan Ramadan hanya di Healthy Life.

KREASI SPECIAL RAMADAN Selasa, 13.05 – 13.30 WIB

–         Pernak-Pernik Ramadan (Eps. 10 Agustus 2010) : Mengisi bulan ramadhan tentu umat muslim tak ingin mengisinya dengan cara biasa. Untuk melengkapi kegiatan religius selama sebulan ini, Kreasi membantu pilihan alternatif pelengkap dalam menjalankan ritual agamis. Diantaranya kreasi cover Al-qur’an agar kitab Al-qur’an senantiasa terjaga rapi dan indah, juga sajadah cantik, unik dan lucu untuk mengajarkan anak-anak akan sholat 5 waktu serta tas cantik buatan tangan untuk pengajian/tadarusan dan wadah mukena.

–         Karya-karya Religius (Eps. 24 Agustus 2010) : Karya-karya Islami nyatanya banyak disukai bukan hanya oleh kalangan muslim, tapi menyebar tanpa batas. Mereka menilai karya ini bukan hanya sekedar tulisan atau produk tapi juga nilai seni yang terkandung didalamnya seperti kaligrafi lukisan akrilik, miniatur masjid dari limbah kaca dan kaligrafi ukiran kayu.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

Henny Puspitasari

PR & Publicity Manager

Tel : (021) 583.00077 ext. 22015

Fax : (021) 581.6216

Atau klik di website METRO TV :

www.metrotvnews.com