Mahasiswa BINUS UNIVERSITY Juara INAICTA 2010 kategori Student Project Perguruan Tinggi

Posted on August 4, 2010

0


Jakarta, Agustus 2010 – Untuk mendukung Visi Misi 20/20 BINUS UNIVERSITY : “A World-class  University …. in continuous  pursuit of innovation and enterprise“, BINUS UNIVERSITY senantiasa memberikan dukungan bagi para mahasiswanya untuk berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik. Kali ini, kembali mahasiswa BINUS UNIVERSITY mendulang prestasi dalam ajang Indonesia ICT Award  2010 (INAICTA) yang diumumkan pada Pameran Khusus Nominator tanggal 23 –24 Juli 2010 lalu di Jakarta Convention Center. Prestasi ini diraih oleh tim aplikasi Object Labeling and Timing (Jabbing) yang meraih juara untuk kategori Student Project – Perguruan Tinggi.

Sebelumnya pada tahun 2009 lalu, mahasiswa BINUS UNIVERSITY juga berhasil mendapat penghargaan Merit untuk aplikasi Eye-B-Pod kategori R & D dan Special Mention Award untuk aplikasi MLM for the Blind kategori e-learning. Dan untuk tahun 2010 ini aplikasi Jabbing meraih juara untuk kategori Student Project – Perguruan Tinggi.

INAICTA 2010 dengan taglinenya “Membangun Kreativitas Digital Untuk Kemakmuran Bangsa,” merupakan ajang karya cipta kreatifitas dan inovasi teknologi komunikasi dan informasi berskala nasional yang diselenggarakan oleh komunitas teknologi informasi dan komunikasi di tanah air dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMKOMINFO–RI) . Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi terhadap karya-karya terbaik di bidang telematika kreasi anak bangsa.

Perlombaan INAICTA 2010 terbagi dalam dua kriteria, yaitu Professional dan Student dengan penjurian didasarkan pada : 1. Uniqueness, dinilai dari keunikan dan kreatifitas aplikasi, 2. Proof of Concept, dinilai dari potensi pasar, 3. Functionalities, dinilai dari kebutuhan pemakai, 4. Project Quality, dinilai dari isi dan standar yang digunakan, dan 5. Presentation, dinilai dari cara presentasi dan Tanya jawab.

Adalah Jeffrey, Felix Jingga dan Ricky Winata para mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, BINUS UNIVERSITY yang berhasil juara kategori Student Project–Perguruan Tinggi untuk aplikasi Jabbing. Kategori Student ProjectPerguruan Tinggi adalah kategori dengan persaingan yang sangat ketat. Sebanyak 136 karya dari universitas- universitas di seluruh Indonesia mengikuti lomba dalam kategori ini, yang kemudian disaring lagi menjadi 5 karya yang menjadi finalis. Tim Jabbing BINUS UNIVERSITY bersaing dengan 4 finalis lainnya, yaitu Translator Nusantara (UIN Syarif Hidayatullah) , Wayang Turnamen Management System: Taekwondo (Institut Teknologi Bandung), Elves (Institut Teknologi Telkom), dan Nusantara View (Institut Teknologi Surabaya).

Selain keberhasilan tim Jabbing ada empat tim lainnya dari BINUS UNIVERSITY yang berhasil menjadi finalis dalam ajang INAICTA 2010, yaitu aplikasi Jam O’ Jam, Smart Taxi, Maestro, dan Limbo.

Jabbing merupakan sebuah sistem yang menganalisis dan mengontrol kamera pengawas. Dengan menggunakan pendekatan algoritma computer vision untuk analisis citra dan dipadukan dengan algoritma artificial neural network untuk klasifikasi objek, Jabbing dapat mendeteksi objek-objek yang terlihat oleh kamera pengawas dan membedakan apakah objek tersebut tas, manusia atau benda lainnya. Setelah mengenali objek tersebut Jabbing akan menghitung lama benda tersebut berada di area pengawasan kamera dan akan memberikan peringatan ketika benda tersebut cukup lama berada di area tersebut. Kemudian operator akan menganalisis lebih lanjut apakah benda tersebut merupakan tas yang tertinggal, orang yang sedang tertidur ataukah benda lain yang mencurigakan. Jabbing didesain untuk dapat sesuai dengan kamera pengawas berbasis IP Camera dan CCTV. Jabbing akan sangat bermanfaat jika digunakan di area public seperti bandara, stasiun kereta, lobby hotel atau gedung/ruang yang bisa diakses publik, sehingga bisa membantu operator pengawas jika ada hal-hal yang mencurigakan.
“Keberhasilan tim Jabbing ini tentunya sangat membanggakan karena merupakan “tiket masuk” ke ajang The Asia Pacific ICT Awards 2010 (APICTA) yang akan berlangsung di Malaysia pada bulan Oktober mendatang. Saat ini pembinaan lanjutan sedang dipersiapkan, yaitu meliputi pembinaan presentasi dan pengubahan konten materi dalam bahasa Inggris serta perbaikan-perbaikan aplikasi”, jelas Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom, Head of Computer Science Department.

—000—

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi :

Ika Puji Asmara

Marketing Communication

BINA NUSANTARA Group

Ph                           : 021-5345830 ext. 2150

Fax                         : 021-5301668

Cell                         : 0818-902842

Email                     : ika_pa@binus. edu

Website                 : www.binus.edu