Produk Rumah Tangga Bermutu dari MIDEA

Posted on August 4, 2010

0


Jakarta, Juli 2010 Di tengah keraguan konsumen Indonesia terhadap mutu produk buatan Cina, MIDEA Electronics sebagai produsen perangkat elektronik terbesar asal negeri tirai bambu justru hadir menawarkan berbagai produk dengan kualitas terjamin. Keseriusan MIDEA Electronics Co. Ltd. dibuktikan dengan melakukan joint venture bersama pengusaha lokal, PT Maco Amangraha dengan mbentuk PT MIDEA Planet Indonesia (MPI) dan yang telah resmi beroperasi sejak bulan Juni 2010 yang baru lalu dan yang kini memasarkan produk MIDEA di Indonesia.

Seperti yang dikutip dari Jino Sugianto, Presiden Direktur MPI, “Indonesia masih memiliki peluang dan pertumbuhan bisnis elektronik yang besar dengan jumlah penduduk 210 juta orang. Tahun lalu, misalnya, berdasarkan data Electronics Marketer Club, total penjualan elektronik di Indonesia mencapai Rp. 23 triliun, tahun ini diprediksi meningkat 21%, menjadi Rp. 28 triliun. Suatu peluang bisnis yang menggiurkan.” Berbekal keyakinan inilah MIDEA mulai merambah Tanah Air dengan produk rumah tangga elektronik bermutu.

Semua produk MIDEA melalui rangkaian proses pengujian yang ketat, mulai dari komponen inti, perakitan, hingga finalisasi bertaraf internasional. Hanya kualitas terbaiklah yang selalu diberikan oleh setiap produk MIDEA yang telah terbukti dengan diraihnya berbagai sertifikasi kelas dunia hingga mampu bersaing secara global. Banyak perusahaan-perusahaan kelas dunia telah turut menjadikan MIDEA mitra produksi mereka (OEM), dan banyak di antara mereka telah diakuisisi oleh MIDEA seperti Toshiba Compressor menjadi Guangdong Meizhi Compressor Corp. (GMCC) pada tahun 1999 dan Little Swan, pabrik mesin cuci kedua terbesar di Cina pada tahun 2009.

Meskipun MIDEA memiliki rangkaian produk rumah tangga elektronik yang lengkap, untuk Indonesia MIDEA hanya memfokuskan pada penjualan AC, mesin cuci, dan lemari es di tahap awal. Dipilihnya tiga produk tersebut lantaran permintaannya masih besar dan tinggi di Indonesia. Tahun 2010 ini, MIDEA sudah dan akan meluncurkan beragam tipe dan kategori produk seperti lemari es, mulai dari 1 pintu hingga side-by-side, mesin cuci mulai dari twin-tub hingga front-loading dan AC mulai dari kapasitas 0,5 PK hingga 2,5 PK (tipe Split hingga Portable, seri Standard hingga Ionizer dan Inverter yang semuanya low-wattage). Semuanya akan lengkap dan tersedia untuk pasar domestik sebelum penghujung tahun.

Dengan kelengkapan ragam kategori dan tipe produk tersebut, MIDEA Indonesia yakin akan dapat mencapai target penjualan tahun 2010 sebesar 30.000 set untuk AC, 20.000 unit untuk mesin cuci dan 20.000 unit untuk lemari es. Nilai penjualan dari semua kategori produk diperkirakan akan mencapai lebih dari Rp. 100 milyar. Angka yang tidak kecil untuk pendatang baru di dunia elektronik Indonesia.

Untuk merebut kepercayaan konsumen, MIDEA berani memberikan janji 5 2 3. Lima (5) merupakan jaminan berupa garansi lima tahun untuk kompresor AC/lemari es dan motor mesin cuci, serta garansi dua (2) tahun untuk suku cadang dan gratis ongkos kerja. Dan yang tiga (3) adalah jaminan tiga hari kerja pengerjaan produk yang diservis. Jika lebih, konsumen akan mendapat produk pengganti yang sejenis dengan catatan, produk yang rusak belum pernah di servis oleh pihak lain dan terdapat cacat produksi dari pabrik serta dilengkapi kartu garansi resmi dari MPI.

Keyakinan ini didukung pula dengan telah siapnya MIDEA Indonesia dengan layanan purna jual sebanyak 30 outlet yang tersebar dari pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi pada tahap awal. Jumlah ini akan bertambah menjadi 100 outlet hingga akhir tahun 2010. Sementara kantor cabang MIDEA Indonesia hingga akhir 2010, ada di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Jakarta tentunya. Kantor cabang MIDEA Indonesia hingga tahun 2011 ditargetkan bertambah 13 lagi dari pulau Sumatra hingga Maluku (Lampung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Padang, NAD, Makasar, Menado, Banjarmasin/Samarinda, Pontianak, Yogyakarta dan Ambon).

Karena mutu dan layanan purna jual yang terjamin itu, Jino mengakui, harga produk-produk MIDEA memang sedikit lebih tinggi dibandingkan produk buatan Cina lain. Namun, harga itu sebanding dengan keuntungan yang didapatkan dan sesuai dengan motonya, MIDEA Andalan Semua.