PROGRAM RAMADHAN 2010 TRANS TV

Posted on August 4, 2010

5


Marhaban Ya Ramadhan…

Jakarta, 4 Agustus 2010 – Memasuki Bulan Ramadhan 1431 H, TRANS TV memberikan persembahan spesial program-program in-house yang hadir selama Bulan Ramadhan untuk menemani ibadah puasa keluarga Indonesia. Santap sahur semakin lebih semangat, menunggu waktu berbuka pun terasa lebih bermanfaat dengan siraman rohani yang berbeda.

Setelah sukses selama 3 tahun, SAATNYA KITA SAHUR tetap setia menjadi pilihan program paling inspiratif diwaktu sahur.  SAATNYA KITA SAHUR tayang setiap hari di Bulan Ramadhan pkl. 02.30 WIB kini hadir dengan cerita dan setting yang lebih menarik.

Mengambil tema kehidupan sehari-hari, dimana setting lokasi berupa kompleks perumahan lengkap dengan sarana fasilitas yang menunjang. Seorang wanita yang memiliki rumah kos (Asri Welas), tinggal dengan seorang anak gadisnya yang cantik (Shireen Sungkar). Kos-kosan itu dihuni oleh seorang mahasiswa  (Olga). Di dekat rumah mereka, ada pos ronda tempat dimana hansip (Adul) dan seorang preman insyaf (Komeng) menghabiskan waktu. Tak jauh dari pos ronda ada kompleks mini market yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Mini market ini milik seorang saudagar kaya  (Kiwil) yang dibantu oleh keponakannya yang cantik (Nycta Gina). Sedangkan di ujung jalan kompleks tersebut ada warga (Mucle, Pak Tarno & Ohang) yang suka nongkrong.

DEMI MASA program kultum Ramadhan yang tayang setiap hari di Bulan Ramadhan menjelang waktu berbuka memuat ‘cerita besar’, tentang seorang Ustadz yang diceritakan tengah berkelana mencari seorang sahabat. Perjalanan sang Ustadz menjadi perjalanan spiritual ketika ia tiba di pedesaan, di komunitas pasar tradisional.

Melalui sebuah informasi, Sang sahabat tersebut ternyata tinggal di komunitas penuh hiruk pikuk ini di sebuah musholla kecil. Alangkah gundah hati Ustadz ketika ia hanya menemui Musholla yang tidak terawat dengan kondisi memprihatinkan. Sementara di sekitar Musholla terdapat sebuah pasar dengan aneka macam persoalan manusia di dalamnya.

DEMI MASA diperankan oleh Ustadz Othman Oemar Shihab, sebagai Ustadz dan guru anak-anak mengaji di sebuah musholla yang belum selesai dibangun. Ustadz pun sedang bergiat mengupayakan penyelesaian pembangunannya. Joni Codet yang diperankan oleh Fauzi Ba’adillah, dahulu dikenal sebagai preman residivis, pengalamannya tinggal di lembaga pemasyarakatan selama beberapa tahun membuat ceramah-ceramah agama yang semula tidak disukainya, kemudian berhasil menggetarkan hatinya. Musholla tempatnya sekarang “mengabdi” adalah tempat melarikan diri dari masa lalu dan teman-teman kriminalnya. Joni ingin belajar agama lebih banyak pada Ustadz, sambil membantu mengurus musholla yang belum rampung pendiriannya.

Berliana Febrianti sebagai Uni Ida pedagang sembako di pasar yang pandai merayu pembeli dengan keramahannya dan juga menjadi ibu sekaligus tiang ekonomi rumah tangga setelah suaminya meninggal akibat kecelakaan kerja. Nini Arum sebagai Mbak Sum asal Jawa Tengah berumur 30 tahun menjadi pedagang sembako di pasar. Berbeda dengan Uni Ida, latar belakangnya menjadi pedagang sembako karena dia melihat usaha ini tidak akan pernah mati selama orang masih butuh makan, sehingga baginya bisa memberikan keuntungan tanpa batas. Fuad Idris sebagai Mang Agus berdagang di pasar, berjualan tempe, tahu dan oncom. Berjualan tempe, tahu dan oncom sudah dilakukannya sejak masih bujangan. Hamka sebagai Bang Rocky seorang petugas keamanan, tapi pekerjaan utamanya bukan menjaga keamanan, melainkan memungut pajak retribusi dari pedagang.

Habibie sebagai Bang Daus seorang pengangguran, korban kebijakan efisiensi di tempatnya bekerja 3 tahun lalu dan sampai saat ini belum punya pekerjaan lagi. Mayang Naomi sebagai Non Angel asal Manado, berumur 19 tahun. Sedang meniti karir menuju model profesional. Meskipun tinggalnya di kampung, tapi penampilannya selalu mewah.

PULANG KAMPUNG adalah program tahunan News TRANS TV yang dibuat untuk menyediakan informasi bagi masyarakat selama arus mudik Lebaran. PULKAM 2010 meliputi pelaporan yang disiarkan secara langsung (live report), seputar arus mudik dan arus balik, menjelang dan sesudah Idul Fitri. Informasi tersebut diantaranya mencakup info lalu-lintas, kemacetan, kecelakaan serta  peristiwa besar yang  terjadi sepanjang kurun waktu arus mudik dan arus balik. Selain itu ada juga tips mudik serta liputan tempat-tempat wisata dan sentra oleh-oleh.

PULKAM 2010 mulai tayang 3 – 16 September 2010 di program Reportase Pagi pkl. 06.30 WIB, di program Derings pkl. 09.00 WIB, di program Reportase Siang Pkl.12.00 WIB, di program Reportase Sore pkl. 16.00 WIB dan di  program Bioskop TRANS TV pkl. 21.00 WIB. Program ini menyampaikan informasi dibeberapa titik arus mudik Pulau Jawa berlokasi di jalur Selatan Cikampek-Nagrek, Jalur Utara Patrol-Loh Bener- Gebang-Cirebon serta Surabaya dan Merak.

Koh Mudik dan Mat Mudik, merupakan sub program PULKAM 2010. Program yang pertama kali tayang pada tahun 2008 ini dibuat untuk menyediakan informasi yang berbeda seputar mudik lebaran. Koh Mudik dan Mat Mudik memberikan liputan yang ringan namun tetap informatif. Tayang 3 – 16 September 2010 di program Jelang Siang pkl. 12.30 WIB

JIKA AKU MENJADI – RAMADHAN (JAM RAMADHAN) adalah salah satu program Ramadhan TRANS TV setiap hari pkl. 17.00 WIB, yang menayangkan informasi tentang lika-liku kehidupan orang dengan pekerjaan/profesi tertentu dari kalangan masyarakat kelas bawah, namun segmentasi pemirsa adalah tetap kelas A+B. Perbedaannya dengan JAM reguler yang tayang setiap hari Sabtu dan Minggu adalah di dalam JAM Ramadhan lebih banyak eksplorasi tentang nilai religius, baik dari pihak narasumber ataupun talent. Selain itu juga mengupas tradisi dan pernak-pernik ramadhan yang unik dari setiap daerah. Program ini selain dikemas secara menarik, dari sisi edukasi juga diharapkan bisa membangkitkan semangat toleransi dan solidaritas sosial dari masyarakat kelas atas terhadap mereka yang di kalangan bawah.

Selain talent reguler, yang biasanya berasal dari kalangan mahasiswi/ mahasiswa, karyawan, presenter ataupun model, di JAM Ramadhan juga melibatkan artis sebagai talent. Edisi spesial artis akan ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu. Sedangkan artis yang ikut terlibat diantaranya Charlie ST 12, Tasya, Ade Herlina, Ivan Permana, Vanessa Angel, Kaditha Ayu, Marizka dsb.

Program reguler bernuansa Ramadhan yang ialah Sketsa Ramadhan setiap hari pkl. 02.00 WIB dikemas menarik dan lebih segar menemani santap sahur keluarga.

A. Hadiansyah L.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Media Relations :

Hotline PR                           0819 0819 9111

Telp.                      :               (021) 7917 7000 ext. 2072

Fax.                        :               (021) 79187721

Email                       :               public.relations@transtv.co.id