First Media Hadirkan Teknologi Penyiaran High Definition (HD)

Posted on August 11, 2010

1


Arti Baru Dari Kenikmatan Menonton Televisi

Jakarta, 10 Agustus 2010 – PT First Media Tbk (First Media), penyedia layanan jaringan komuikasi pita lebar (broadband) dan televisi berlangganan terbesar di Indonesia, menghadirkan teknologi siaran televisi mutakhir bagi pelanggan HomeCable.

Mulai Agustus ini, pelanggan HomeCable disuguhkan sensasi baru menonton televisi setelah First Media mengaplikasikan siaran televisi beresolusi tinggi atau high definition (HD) yang pertama di Indonesia.

Siaran HD merupakan bagian dari upaya First Media memberikan kepuasan bagi seluruh pelanggannya, sebagai aktualisasi dari motto “Empowering You” guna meningkatkan keleluasaan dalam menikmati  tontonan televisi.

Siaran HD memungkinkan penonton televisi di rumah merasakan sensasi film-film yang memiliki teknik audio-visual mutakhir, seperti “2012”, “Transformer”, dan “Startrek”. Selain mutu visual dan ketajaman gambar sangat mempesona, seperti menonton di bioskop, kualitas suara tak kalah memikat seolah penonton terlibat di dalam film tersebut.

Pelanggan HomeCable dapat menikmati teknologi siaran televisi mutakhir itu di sejumlah saluran, yakni HBO dan ESPN, dua channel favorit yang menayangkan berbagai film Box Office serta siaran olah raga dunia.

HBO HD memberikan kepercayaannya kepada First Media untuk menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menghantarkan siaran HD mereka. Sementara ESPN tidak hanya kembali menyiarkan program acaranya melalui First Media, tetapi mulai Agustus ini juga hadir dengan siaran ESPN HD.

Teknologi Siaran HD
Presiden Direktur First Media, Hengkie Liwanto mengatakan, “ Teknologi HD merupakan perkembangan baru dalam siaran TV digital dan akan menjadi standar baru industri pertelevisian dunia. First Media ingin menghadirkan era baru dalam dunia pertelevisian di Indonesia, era HD.”

“Hal ini kami sajikan untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan mutu siaran yang lebih bagus, makin sempurna. Sejalan pula dengan semakin banyaknya pengguna  televisi layar lebar dengan teknologi digital,” demikian lanjut Hengkie Liwanto.

TV definisi standar umumnya memiliki resolusi 480p, mengacu pada 480 baris pixel dari atas ke bawah, sementara HD memiliki 720 atau 1080 baris pixel dari atas ke bawah, sehingga biasa disebut dengan 720p/1080p. “Siaran beresolusi tinggi ini makin diperlukan bagi pelanggan yang memiliki TV berlayar lebar. Sebab makin lebar layar TV, resolusi yang dibutuhkan makin besar pula agar gambar terlihat tajam dan hidup.”

Hengkie mengatakan tayangan HD First Media saat ini didukung oleh HBO-HD dan ESPN-HD, yang merupakan channel favorit di HomeCable yang menyiarkan berbagai film-film Box Office serta hiburan

olah raga dunia. HBO sudah banyak menghadirkan tayangan menarik dalam format HD, sehingga pelanggan First Media dapat langsung menikmati tayangan tersebut. ESPN dengan keunggulan tayangan hiburan olah raga dunia akan melengkapi kenyamanan dan keindahan tayangan melalui layanan HD. Hengkie meyakinkan bahwa dengan tayangan dan layanan HD ini, pelanggann First Media akan menikmati tayangan yang sesungguhnya dan belum pernah dinikmati sebelumnya dari layanan TV berlangganan yang ada saat ini.

“Untuk tambahan layanan ini, pelanggan HomeCable hanya perlu menambahkan digital HD box degan biaya terjangkau dan dapat menikmati channel HD yang tersedia. Melalui Digital HD Box tersebut, pelanggan tinggal menyalakan televisi dan menikmati pengalaman baru menonton televisi dengan tayangan gambar dan audio yang sempurna ,tajam dan jernih,” kata Hengkie.

HomeCable hadir sebagai TV edutainment (edukasi dan entertainmen) yang menyediakan program sesuai dengan kebutuhan keluarga dari berbagai usia dan kondusif bagi keluarga.

HomeCable First Media memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya paket langganan yang variatif serta tepat untuk keluarga melalui HomeCable Family dan Selection pack (pilihan berdasarkan genre), Add-On package untuk memanjakan pelanggan yang membutuhkan tayangan hiburan yang lebih spesifik seperti Mandarin, India, Korea, Jepang serta Philpina. Paket HomeCable Family dapat dinikmati secara mudah dengan harga terjangkau untuk 4 TV berbeda. Tersedia juga gabungan HomeCable Family dan Selection Pack yaitu HomeCable Ultimate yang memudahkan pelanggan untuk menikmati seluruh channel yang tersedia di First Media.

Tentang PT First Media Tbk
PT First Media Tbk didirikan pada 16 Januari 1994 dengan nama PT Broadband Multimedia Tbk.  Perusahaan ini   bergerak di bidang  penyediaan jasa  melalui jaringan komunikasi pita lebar (broadband communication network) dan pendistribusian sinyal elektronik melalui jaringan pita lebar.

Pada   16 Juni 2007, PT Broadband Multimedia berganti   nama  menjadi PT First Media Tbk, yang sekaligus meluncurkan identitas dan merek baru sebagai penyedia layanan  Triple Play, yang terdiri atas   FastNet (layanan internet pita lebar berkecepatan tinggi),  HomeCable (sistem televisi  kabel multichannel digital),  dan DataComm (layanan solusi bisnis) dengan jumlah total pelanggan tv kabel dan internet sebesar 270.000 pelanggan.

***