ZTE Mengumumkan Hasil Sementara 2010 Pencapaian Pendapatan sebesar USD 4.524 milliar Peningkatan Pendapatan di Eropa dan US sebesar 45%

Posted on August 24, 2010

0


Hong Kong, 23 Agustus 2010 – ZTE Corporation (“ZTE” atau “Group”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ) hari ini mengumumkan bahwa pendapatan operasional Group mengalami peningkatan sebesar 10,89% per tahun atau sebesar USD 4,524 milliar. Untuk pertama kalinya kontribusi pendapatan dari pasar Eropa dan Amerika terhitung sebesar 18% dari total pendapatan. Kontribusi pendapatan dari tahun ke tahun dari kedua pasar ini telah meningkat sebesar 45%.

Untuk pasar Indonesia, ZTE telah memperkuat cengkramannya baik dalam pasar handset dan teknologi telekomunikasi canggih, terutama dengan menyediakan produk-produk jaringan untuk para operator telekomunikasi terdepan Indonesia seperti Telkom, Telkomsel, Smart-Fren, Indosat dan masih banyak lagi .

“Indonesia merupakan salah satu pasar utama bagi ZTE, pada tahun ini kami telah berhasil meluncurkan jaringan EVDO Rev B pertama di dunia untuk SMART Telecom di Bali, dan pada bulan Juni 2010 kami juga telah menandatangani kesepakatan kerjasama strategis dengan SMART Telecom untuk mengirimkan hampir 6.000 BTS ke seluruh Indonesia, dengan kapasitas sistem total lebih dari 25 juta sambungan telepon. Dalam waktu dekat, kami berharap akan lebih banyak lagi kesempatan yang muncul bagi ZTE Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam memajukan industri telekomunikasi Indonesia dengan membangun labih banyak jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia,” Ujar Tang Jin Yong, Direktur CTC ZTE Indonesia.

Berdasarkan standar laporan keuangan Hong Kong, keuntungan bersih ZTE bertumbuh sebesar 12,02% menjadi USD 129,143 juta dalam jangka waktu enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2010. Pendapatan dasar persaham terhitung sebesar USD 0,047.

Pendapatan ZTE Internasional meningkat sebesar 19,58% dari tahun ke tahun menjadi sebesar USD 2,246 miliar, atau sebesar 49,65% dari pendapatan total operasionalnya.

Pada semester pertama 2010, ZTE mendukung proyek pembangunan jaringan 3G dari beberapa operator dan membantu beberapa proyek pergantian perangkat, perpanjangan jangkauan dan pengembangan beberapa jaringan yang sesuai. Hal ini membantu untuk mengkonsolidasi pangsa pasar perusahaan dalam pembangunan jaringan 3G di Cina di tengah melambatnya investasi pada jaringan 3G.

Grup meningkatkan kemampuan kustomisasi dan keuntungan harga dalam berpartisipasi lelang-lelang proyek para operator untuk produk-produknya seperti jaringan transmisi, akses wireline dan terminal. Beberapa hasil lelang proyek sukses digapai, memastikan pertumbuhan yang stabil pada pendapatan bisnis domestik dari Grup.

Sementara pendapatan di Asia menurun dikarenakan insiden yang berkaitan dengan pemeriksaan keamanan peralatan komunikasi di India, Grup masih melaporkan pertumbuhan dari tahun ke tahun untuk pendapatan internasional. Grup bekerja sama erat dengan operator global seperti France Telecom, Telkom SA, Telefonica of Spain dan America Movil.

Secara produk, Grup telah mencatatkan pertumbuhan pendapatan per tahun sebesar 1,08% untuk operator jaringan, 39,71% untuk produk-produk terminal dan 17,99% untuk sistem software telekomunikasi, layanan dan produk-produk lainnya.

Pada produk-produk nirkabel, Grup optimis posisinya di pasar kelas atas Eropa dan Amerika dengan memenuhi kebutuhan para pelanggan dalam hal penurunan biaya, rendahnya emisi karbon dan isu isu lingkungan. Grup juga meningkatkan reputasinya melalui dengan pengalaman-pengalamannya dalam melakukan kerjasama dengan para operator multinasional dan solusi produk Software Defined Radio (SDR) yang canggih.

Sementara itu, perusahaan tetap berkomitmen kepada pelanggan utama di daerah Asia Pasifik, Afrika dan Amerika Latin, yang mana semua wilayah tersebut memberikan peningkatan pendapatan atas produk-produk nirkabel.

Produk-produk GSM/UMTS/LTE dari ZTE telah banyak dipakai oleh para operator lokal terdepan di Eropa, termasuk KPN, Telenor dan Optimus. ZTE dan Telefonica telah menerapkan jaringan WiMAX pertama di Spanyol. ZTE juga telah menerapkan tujuh Jaringan Komersial LTE serta 50 uji coba jaringan secara global. Berdasarkan kesuksesannya di pasar 3G China, kemampuan produk-produk nirkabel ZTE telah mendapatkan pengakuan dari operator terkemuka di Eropa dan Amerika Serikat.

Pada produk-produk wireline, Grup telah mempertahankan posisi strategisnya di pasar produk akses jaringan dan transmisi jaringan. Terutama pada produk akses jaringan, produk-produk akses wireline, diwakili oleh xPON, terus memimpin pasar. Dalam skala besar, aplikasi komersial dari jaringan luas dari solusi FTTx juga telah berhasil dicapai di kota-kota besar.

Pada produk-produk transmisi, PTN ZTE, divisi gelombang dan produk komunikasi data menciptakan kemajuan dalam industri dan telah banyak dipakai oleh operator global terkemuka. Pada kuartal pertama tahun 2010, pendapatan ZTE dari produk jaringan optik menduduki peringkat ketiga di dunia. Cluster Router kelas atas T8000 milik ZTE juga telah diluncurkan secara global.

Selama semester pertama tahun 2010, Grup mencapai pertumbuhan pesat dalam penjualan produk-produk terminal, mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 39,71% dari tahun ke tahun. Didorong oleh peningkatan pengguna 3G di Cina, penjualan domestik produk terminal Group (terdiri dari berbagai tipe handset 3G) yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga meletakkan landasan yang kokoh bagi pertumbuhan pendapatan dari penjualan produk terminal. Secara internasional, produk-produk terminal Group, khususnya produk handset 3G dan kartu data, telah memberikan dampak bagi pasar kelas atas.

Produk-produk kartu data dan smartphone Android ZTE merupakan produk terlaris di Eropa. ZTE telah menyesuaikan perangkat ponselnya yang diadopsi oleh Softbank, operator terbesar ketiga di Jepang. Faktor-faktor tersebut membantu mendorong peningkatan volume penjualan dan pendapatan dari produk terminal perusahaan secara terus menerus.

Melihat ke semester kedua tahun ini, operator akan fokus pada pengembangan mobile broadband, yang membutuhkan pembangunan konstruksi broadband berkelanjutan.

Para operator akan melanjutkan pengujian dan penyebaran teknologi tingkat tinggi, termasuk teknologi 4G. Komputasi maya (Cloud Computing) juga diharapkan akan lebih diadopsi oleh para operator.

Pelaksanaan secara bertahap dari konvergensi tiga jaringan di pasar domestik akan memperkuat pengembangan dari berbagai teknologi dan layanan yang akan memberikan kesempatan pengembangan tambahan bagi Grup.

Grup akan terus meningkatkan kemitraan dengan para operator dalam negeri dan bergerak untuk mengkonsolidasikan dan meningkatkan posisi pasar saat ini dengan berpartisipasi dalam proyek-proyek pembangunan jaringan besar pada semester kedua tahun ini.

Mengingat persaingan yang ketat di pasar internasional, Grup akan memanfaatkan peluang yang tersedia berdasarkan kecenderungan secara umum dalam peningkatan jaringan atau konversi broadband dengan merespon pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan, meningkatkan kerjasama strategis dan memperkuat kekuatan utamanya.

–    Selesai –

Tentang ZTE
ZTE adalah penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan lengkap di dunia yang mencakup hampir semua sektor dari jaringan kabel, nirkabel, layanan dan pasar terminal. ZTE memberikan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif dan sesuai kebutuhan bagi lebih dari 500 operator telekomunikasi di lebih dari 140 negara, membantu mereka dalam membentuk masa depan komunikasi dunia sambil terus menjaga pertumbuhan pendapatan. Pendapatan ZTE di tahun 2009 memimpin industri dengan peningkatan sebesar 36% atau lebih dari USD 8,820.7 juta. ZTE memiliki komitment sebesar 10% dari pendapatan tahunannya untuk keperluan riset dan pengembangan, dan mengambil kepemimpinan dalam berbagai organisasi dunia dalam hal pengembangan standarisasi telekomunikasi. ZTE merupakan perusahaan dengan inisiatif corporate social responsibility (CSR) yang baik.

ZTE adalah anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi dari Cina yang terdaftar dan memiliki saham yang diperdagangkan baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.zte.com.cn.

Tagged: