D-Link Memperkuat Keamanan untuk Router Jaringan Rumah guna Mencegah Peningkatan Serangan

Posted on September 2, 2010

0


Pengukur Keamanan DNSSEC baru, serta CAPTCHA yang sudah ada, membantu mencegah komputer dari web hacking, phishing dan ancaman keamanan lainnya

Jakarta, 1 September 2010 – D-Link, salah satu penyedia perangkat jaringan terbesar di dunia, hari ini mengumumkan perlindungan keamanan router berganda pertama di industri dengan menggabungkan baik CAPTCHA dan DNS Security Extensions (DNSSEC) guna melindungi komputer-komputer di jaringan rumah atas serangan hacking, virus dan ancaman dari internet lainnya.

“Kami sangat senang menjadi yang pertama di pasar yang menawarkan kemampuan keamanan berganda pada perangkat router-router kami,” jelas Desmond Toh, Direktur Pemasaran, D-Link International Pte Ltd. “Dengan menggabungkan baik inisiatif DNSSEC dan CAPTCHA, router D-Link kini memfasilitasi lapisan keamanan tambahan pada teknologi keamanan saat melindungi para pengguna internet dari racun cache dan ancaman cyber lain seperti web hacking dan phishing.”

DNSSEC adalah kumpulan dari spesifikasi Internet Engineering Task Force (IETF) yang menambahkan keamanan pada Domain Name System (DNS) internet guna memberikan kepastian bahwa informasi yang diterima dari DNS adalah otentik. Tambahan keamanan ini di desain guna melindungi DNS dari serangan racun cache, yang mana dapat muncul ketika para hacker mengkorupsi data DNS yang tersimpan pada server-server yang biasanya digunakan untuk mengarahkan para pengguna internet ke situs-situs berbahaya.

DNSSEC menerapkan identitas digital ke data DNS untuk mengotentifikasi asal data dan melakukan verifikasi integritasnya seiring dengan pergerakannya di dunia maya, dan dapat pula memberikan verifikasi yang efektif kepada para pengguna akan aplikasi-aplikasi yang mereka miliki, seperti apakah Web atau email mereka menggunakan alamat yang benar ke server-server yang akan mereka tuju?

Pada pertengahan tahun 2009, D-Link menggabungkan tes Completely Automated Public Turing guna memastikan keberadaan Computers and Humans Apart (CAPTCHA) di dalam router-router UKM-nya yang popular untuk dapat mencegah cacing maya yang di disain untuk mengakses router dan mengubah catatan DNS korban sehingga mengarahkannya ke jaringan para hacker.

CAPTCHA adalah tes terhadap tanggapan tantangan yang memastikan bahwa sebuah tanggapan (entry) selama pengguna terhubung di dalam jaringan bukan dihasilkan oleh komputer namun benar-benar dihasilkan oleh tangan manusia, dengan membutuhkan seorang pengguna secara manual memasukan sejumlah kecil tampilan teks ke dalam sebuah kolom guna mencegah registrasi secara otomatis yang biasanya dilakukan oleh BOT dan pemalsuan.

Sertifikasi IPv6
Guna mempertimbangkan keamanan lebih lanjut, sementara memberikan keamanan tambahan pada router-routernya, D-Link kini bermigrasi ke sertifikasi IPv6. Dengan semakin meningkatnya perangkat yang dapat terhubung ke internet dipasaran saat ini, termasuk hand phone, media, dan perangkat penyimpan data – penggunaan dari alamat IPv4 telah menurun hingga enam persen dan kemungkinan akan benar-benar ditinggalkan pada tahun 2011. Hal ini menjadi motivasi utama untuk menerapkan IPv6, beberapa perkembangan baru juga telah dipertimbangkan.  Sertifikasi IPv6 menspesifikasi pengukuran keamanan tertentu yang selama ini tidak dibutuhkan pada IPv4, seperti IPSec yang mana merupakan metode untuk melakukan otentifikasi dan enkripsi perpindahan data antar sepasang perangkat.  Walaupun sangat memungkinkan untuk menerapkan IPSec pada IPv4, namun hal ini bukanlah bagian dari spesifikasi.  IPSec adalah syarat mutlak bagi spesifikasi IPv6.

D-Link telah memulai transisi ke IPv6 dengan berpartisipasi di kampanye ‘IPv6 Logo Testing Program’ guna memastikan produk-produknya mendukung transisi teknologi dan memberikan konektivitas IPv6. Semua produk router D-Link saat ini dijual dengan sertifikasi dan logo “IPv6 Ready Phase II”.

Ketersediaan

Fitur DNSSEC, CAPTCHA dan IPv6 telah tersedia dihampir semua router D-Link’s yang tersedia dipasaran, dan beberapa lainnya saat ini sedang diperbaharui. Silahkan berkonsultasi di http://www.dlink.com untuk up date firmware.
– selesai-

Tentang D-Link International Pte Ltd
D-Link adalah pemimpin dunia dan perancang dengan sederet penghargaan, pengembang dan pemanufaktur dari produk-produk jaringan, nirkabel, broadband, digital elektronik, dan komunikasi suara dan data. Produk-produk tersebut memberikan solusi yang ideal untuk lingkungan Usaha Kecil Menengah (UKM), Small Office/Home Office (SOHO) dan kelompok kerja sampai dengan Perusahaan besar. D-Link International berkantor pusat di No. 1 International Business Park #03-12 The Synergy Singapore 609917. Website: http://www.dlink-intl.com.

Tagged: ,