CSL dan ZTE melakukan Peluncuran Komersial Dual Cell HSPA+ (42Mbps)/Jaringan LTE Pertama di Dunia

Posted on October 14, 2010

0


Jakarta, 8 September 2010 – Dalam Konferensi LTE Asia 2010 kemarin (7 September 2010), CSL Limited (CSL), operator jaringan telepon selular terdepan bekerjasama dengan ZTE Corporation, penyedia peralatan telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia, telah mendemonstrasikan kemajuan CSL sebagai yang pertama di dunia dalam menerapkan Dual Cell HPSA+ (42 Mbps)/teknologi LTE di seluruh jaringannya.

CSL dan ZTE menunjukan kepada dunia secara langsung layanan LTE dengan pre-commercial USB modem yang berjalan di beragam jaringan broadband, aplikasi multi media, termasuk download/upload file berkecepatan tinggi, browsing internet, download video HD dan kinerja streaming, serta banyak fitur lainnya yang akan berhubungan dengan generasi selanjutnya dari penggunaan teknologi selular. Hal ini menunjukan kepada para pengunjung konferensi LTE Asia 2010 pengalaman langsung layanan LTE yang pertama kali dikembangkan diseluruh Hongkong.

Walau keunggulan jaringan Next G dari CSL di Hong Kong telah membantu memperkenalkan beragam aplikasi selular untuk konsumen, LTE akan meningkatkan pengalaman konsumen atas beragam aplikasi tersebut termasuk HDTV, mobile blogging, gaming, dan e-learning. Hal ini akan membawa perubahan signifikan terhadap cara konsumen menikmati komunikasi bergerak. Dunia bisnis juga akan menikmati keuntungan pengunaan ‘kantor bergerak’, mobile HD video conferencing, pengawasan langsung melalui telpon selular mereka, dan pemasaran dan iklan interaktif melalui selular, yang memanfaatkan kekuatan komputasi internet digabungan dengan perangkat selular mereka di tempat kerja atau dimanapun mereka berada.

“Lalu lintas data CSL telah meningkat 40 kali lipat sejak peluncuran jaringan Next G pada bulan Maret 2009 lalu, hal ini memperjelas bahwa terdapat kebutuhan LTE yang sangat kuat di Hong Kong, guna terus memberikan pengalaman yang unggul bagi konsumen,” ujar Christian Daigneault, Chief Technology Officer, CSL Limited dan salah satu pembicara utama di Konferensi LTE Asia. “CSL sangat bangga menjadi salah satu operator pertama di dunia yang menggagas jaringan LTE untuk memenuhi permintaan pasar. Saat ini, kami menyediakan jaringan 3G unggulan yang juga akan ditingkatkan dengan teknologi Dual Cell HSPA agar dapat memberikan kinerja terbaik di kota ini serta memenuhi permintaan cakupan atas penggunaan smart phone dan mobile broadband yang berkembang pesat. Pada saat yang sama, kita berada di ambang lompatan kuantum dalam teknologi telekomunikasi dengan peluncuran LTE bersamaan dengan kehadiran perangkat-perangkat LTE.”

Pada bulan July 2010, CSL dan ZTE telah mengumumkan penerapan dari jaringan komersial pertama LTE dual-band 1800 MHz/2600 MHz di dunia dan upgrade atas jaringan 3G ke teknologi Dual-Cell dengan kecepatan puncak mencapai 42Mbps. Jaringan LTE dual-band akan memanfaatkan keunggulan terhadap posisi spektrum CSL dalam memberikan layanan cakupan yang lebih baik dan penetrasi yang lebih ditingkatkan sehingga dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lebih memuaskan bagi para konsumen.

Sejak akhir tahun 2009, ZTE dan CSL telah melakukan tes LTE dengan modem USB LTE pre-commercial dan uji coba lapangan yang dilakukan menunjukan kecepatan puncak download mencapai hingga 100 Mbps di jalan-jalan Hong Kong.

“Peluncuran LTE dan HSPA Dual Cell secara simultan merupakan tantangan teknologi yang jarang sekali terjadi sebelumnya. Kami telah berhasil menyediakan solusi yang akan memberikan kinerja yang luar biasa kepada komsumen CSL” ujar Xu Ming, Wakil Presiden produk wireless ZTE.

Untuk keberhasilan dan kerjasama mereka dalam industri LTE, kedua perusahaan ini telah dianugrahkan menjadi pemenang dalam LTE Infrastructure Innovation 2010 baru-baru ini dari Global Telecoms Business (GTB)

Di Indonesia, ZTE telah bekerjasama dengan operator telekomunikasi terdepan untuk melakukan uji coba LTE. “Kami sangat bangga dapat bekerjasama dan kami sangat menunggu untuk peluncuran LTE secara komersial di Indonesia,” ujar Tang Jin Yong, Direktur  CTC PT ZTE Indonesia.

***

Tentang CSL
CSL merupakan operator jaringan selular pertama dan terkemuka di Hong Kong. CSL juga merupakan perusahaan selular pertama di Hong Kong yang menggunakan strategi segmentasi pasar yang berbeda dan menggunakan teknologi mutakhir untuk menyediakan layanan yang berfokus pada pelanggan melalui merek-merek yang tersegmentasi: 1O1O, one2free dan New World Mobility.

Perusahaan ini mengoperasikan GSM kelas dunia / WCDMA dan 900 jaringan UMTS yang unik di Hong Kong yang menawarkan layanan berbayar yang komprehensif dan ponsel pra-bayar untuk pelanggan lokal maupun internasional. CSL juga operator roaming terkemuka di Hong Kong yang menyediakan konektivitas internasional yang tak tertandingi dalam multi-media dengan lebih dari 510 operator selular di seluruh dunia. Untuk Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.hkcsl.com.

CSL merupakan anak perusahaan dari Telstra Corporation Limited, Australia perusahaan jasa telekomunikasi dan informasi terkemuka. (www.telstra.com).

Tentang ZTE
ZTE adalah penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan lengkap di dunia yang mencakup hampir semua sektor dari jaringan kabel, nirkabel, layanan dan pasar terminal. ZTE memberikan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif dan sesuai permintaan bagi lebih dari 500 operator telekomunikasi di lebih dari 140 negara, membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pelanggan mereka yang terus berubah dan sekaligus mencapai pertumbuhan pendapatan secara terus menerus. Pendapatan ZTE di tahun 2009 memimpin industri dengan peningkatan sebesar 36% atau lebih dari USD 8,820.7 juta. ZTE memiliki komitment sebesar 10% dari pendapatan tahunannya untuk keperluan riset dan pengembangan, dan berperan sebagai pemimpin dalam berbagai organisasi dunia dalam hal pengembangan standarisasi telekomunikasi. ZTE merupakan perusahaan dengan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang mantap, serta anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi dari Cina yang terdaftar dan memiliki saham yang diperdagangkan baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.zte.com.cn