ZTE Bekerjasama dengan Telkomsel dalam Penerapan Uji Coba Jaringan LTE di Indonesia

Posted on October 14, 2010

0


Jakarta, Indonesia 21 September 2010 — ZTE Corporation (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), sebuah perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan, telah menandatangani kesepakatan uji coba LTE dengan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), operator selular terbesar di Indonesia. Berdasarkan kesepakatan, ZTE akan menyediakan solusi-solusi LTE guna menjalankan uji coba jaringan LTE Telkomsel yang telah dimulai sejak bulan Agustus 2010 lalu.

Telkomsel adalah sebuah perusahaan dengan mayoritas saham dimiliki oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom), perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data, hingga hari ini Telkomsel memiliki lebih dari 92 juta pelanggan telepon selular di Indonesia atau menguasai lebih dari 50% pangsa pasar. Kini, dengan semakin tingginya jumlah penguna data, biaya pemeliharaan jaring juga semakin meningkat.

Sebagai perusahaan penyedia terdepan untuk jaringan UMTS dari Telkomsel, teknologi Software Defined Radio (SDR) tercanggih dari ZTE akan meningkatkan layanan 2G/3G ke LTE tanpa hambatan, dan akan sangat mengurangi biaya pembangunan jaringan yang perlu dikeluarkan oleh Telkomsel.

“Sebagai perusahaan operator selular terbesar di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan layanan sambungan yang terbaik bagi para pelanggannya. ZTE terkenal di teknologi LTE dengan kemampuannya dalam menyediakan teknologi dan akan inovasi-inovasinya, solusi dari ZTE yang berkualitas tinggi dan layanan yang diberikan. Kami sangat senang bekerjasama dengan ZTE dalam membangun jaringan LTE bagi para pelanggan kami,” jelas Ricardo Indra, GM Corporate Communication dari Telkomsel.

“Indonesia adalah salah satu pasar berkembang dengan angka pertumbuhan pengguna selular tertinggi di Asia. Oleh karena itu, para perusahaan operator terdepan seperti Telkomsel sangat ingin mengkapitalisasi pertumbuhan yang cepat atas permintaan akan layanan data yang canggih. Solusi-solusi kami yang inovatif dan dibuat khusus dapat membantu Telkomsel dan perusahaan operator selular lainnya dalam membangun sebuah jaringan LTE yang menyeluruh dan akan membantu mempromosikan proses komersialisasi dari LTE di Indonesia,” jelas Li Jian, General Manager Lini Produk CDMA & LTE dari ZTE Corporation.

Sebagai penyedia solusi hulu ke hilir yang terintegrasi di industri telekomunikasi global, ZTE menyediakan produk dan layanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan di seluruh dunia. Belakangan ZTE telah meningkatkan investasinya di bidang LTE dan saat ini memiliki 4.000 karyawan riset untuk LTE.

Baru-baru ini, ZTE telah mengumumkan sebuah kontrak kerjasama dengan Telenor di Hungaria, sebuah anak perusahaan dari salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di dunia, yaitu Telenor Group untuk membangun sebuah jaringan GSM/UMTS/LTE di Hungaria. Hingga saat ini ZTE telah menggelar 7 jaringan komersial LTE dan lebih dari 50 uji coba LTE di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah dan wilayah Asia Pasifik.

Tentang Telkomsel
Telkomsel dimiliki oleh dua perusahaan besar, yaitu Telkom 65% dan SingTel 35%. Melayani lebih dari 92 juta pelanggan, Telkomsel adalah pemimpin pasar di industri telekomunikasi selular Indonesia. Dalam upaya memimpin industri dalam memasuki era komunikasi selular pita lebar, Telkomsel telah dengan konsisten menerapkan teknologi 3G, HSDPA, dan HSPA+, dan uji coba teknologi LTE. Saat ini, teknologi HSDPA dari Telkomsel telah melayani 24 kota di Indonesia.

Tentang ZTE
ZTE adalah penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan lengkap di dunia yang mencakup hampir semua sektor dari jaringan kabel, nirkabel, layanan dan pasar terminal. ZTE memberikan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif dan sesuai permintaan bagi lebih dari 500 operator telekomunikasi di lebih dari 140 negara, membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pelanggan mereka yang terus berubah dan sekaligus mencapai pertumbuhan pendapatan secara terus menerus. Pendapatan ZTE di tahun 2009 memimpin industri dengan peningkatan sebesar 36% atau lebih dari USD 8,820.7 juta. ZTE memiliki komitment sebesar 10% dari pendapatan tahunannya untuk keperluan riset dan pengembangan, dan berperan sebagai pemimpin dalam berbagai organisasi dunia dalam hal pengembangan standarisasi telekomunikasi. ZTE merupakan perusahaan dengan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang mantap.

ZTE adalah anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi dari Cina yang terdaftar dan memiliki saham yang diperdagangkan baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ).

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.zte.com.cn