“HONG” PERAIH PENGHARGAAN FILM TERBAIK EAGLE AWARDS DOCUMENTARY COMPETITION 2010 ”CERDAS INDONESIAKU”

Posted on October 27, 2010

1


Jakarta, 23 Oktober 2010 – Malam penganugerahan atau Awards Night Eagle Awards 2010 dengan tema “Cerdas Indonesiaku“ telah selesai dilaksanakan di Grand Studio Metro TV secara LIVE, mulai pukul 20.05 s/d 21.00 wib. Acara yang dihadiri oleh perwakilan Menbudpar, kedutaan besar negara sahabat, praktisi film dan juga masyarakat pecinta film Indonesia ini berlangsung sangat meriah, dengan diiringi penampilan dari para pengisi acara seperti : SABA, Andien, JFlow, Jakarta Broadway Team, Sinten Remen, dan Pong Hardjatmo.

Setelah melalui proses seleksi dan penjurian yang cukup ketat, maka ketiga dewan juri yang terdiri dari : Nan Triveni Achnas (Produser/Sutradara Film), Dr. Imam B. Prasodjo (Sosiolog), dan Dik Doank (Artis & Seniman) memutuskan pemenang untuk Eagle Awards 2010, yakni :

•    Juara untuk Film Favorit Pemirsa :  “HABIBIE DARI SELOKAN MATARAM”
Sutradara : Dendi Pratama & Danang Cahyo Nugroho
Asal daerah : Sleman, Yogyakarta

Ide Cerita :
Mengisahkan seseorang bernama M. Toha seorang pekerja percetakan yang dikenal karena keahliannya di bidang Aeromodeling & Robotic. M. Toha yang dengan komunitasnya ”Seribu Bintang” menciptakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki sistem navigasi dan dilengkapi dengan sistem UAV yang biasa digunakan untuk kepentingan riset, survei atau sebagai pesawat mata-mata militer.

•    Juara untuk Film Rekomendasi Juri : “BEASISWA ALA BAJO”
Sutradara     : Tomy Almijun Kibu & Rosniawanti Fikri Tahir
Asal daerah     : Kendari, Sulawesi Tenggara

Ide Cerita :
Mengisahkan proses pemberian beasiswa ala masyarakat suku Bajo yang dilakukan secara swadaya oleh komunitas Bajo untuk membantu anak-anak suku Bajo agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

•    Juara untuk Film Terbaik :  “HONG”
Sutradara: Yoyo Sutarya & Esa Hari Akbar
Asal daerah : Bandung, Jawa Barat

Ide Cerita :
Mengangkat kearifan lokal dari komunitas HONG, sebuah komunitas yang mengajak anak-anak untuk kembali ke permainan tradisional. Karena permainan tradisional mampu meningkatkan motorik dan kreativitas anak.

Para pemenang masing-masing mendapatkan hadiah sebagai berikut : 1 buah Mac Book Pro (Juara Film Favorit Pemirsa) yang diserahkan oleh Suryopratomo – News Director Metro TV, 1 buah Camcorder DV Canon XL-2 (Juara Film Rekomendasi Juri) yang diserahkan oleh Wisnu Hadi – President Director Metro TV, dan 1 buah Camcorder HDV Canon XH A1s (Juara Film Terbaik) yang diserahkan oleh Wisnu Hadi – President Director Metro TV. Selamat kepada para pemenang Eagle Awards 2010!