AQUOS QUATTRON 3D TV

Posted on October 27, 2010

1


One-of-a-kind Solutions of 3D Challenges

Jakarta, 21 Oktober 2010 – Selama lebih dari 50 tahun, teknologi pada produk televisi hanya mengandalkan 3 warna dasar, merah, hijau dan biru (RGB). Televisi telah mereproduksi berbagai warna dengan campuran dari 3 warna dasar, namun ada warna yang tidak dapat dihasilkan dengan 3 warna dasar tersebut. Sharp menunjukkan kepemimpinannya pada teknologi TV LCD dengan menghadirkan LED yang inovatif yaitu Aquos Quattron LED TV. Untuk pertama kalinya, warna kuning (Yellow) telah ditambahkan ke tiga warna dasar, merah, hijau dan biru (RGB) sehingga Aquos Quattron LED TV menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa.

Dengan seiring perkembangan jaman, kini teknologi televisi telah berevolusi dengan menghadirkan teknologi 3 dimensi. Namun, seperti yang telah kita ketahui, teknologi televisi 3 dimensi konvensional mempunyai kekurangan seperti:

–    Insufficient Brigthness karena tingkat kecerahan TV 3D jauh lebih gelap dari TV 2D yang disebabkan pemakaian kacamata.
–    Kendala Crosstalk yang terjadi ketika gambar untuk mata kiri dan gambar untuk mata kanan tumpang tindih.
–    Lower Vividness yaitu gambar 3D mengurangi kedalaman dan ketajaman nuansa TV.

Ketiga kekurangan ini menghasilkan kualitas gambar lebih rendah dari yang diharapkan. Kini Sharp kembali menjawab tantangan kekurangan pada teknologi televisi 3 dimensi.

“Sharp Aquos Quattron 3D TV memberikan solusi kepada konsumen dengan inovasi teknologi pertama di dunia yang dikembangkan Sharp untuk memberikan kepuasan pelanggan serta berkontribusi pada perkembangan teknologi televisi,” ungkap Chief Executive Officer of Asian & Africans Regions, Koji Domoto.

Sharp Corporation telah mengembangkan televisi 3 dimensi (3D) pertama di dunia dengan 4 warna dasar (RGBY). Televisi 3D yang baru dikembangkan oleh Sharp menawarkan solusi baru untuk masalah di atas dengan menggabungkan 4 teknologi one-of-a-kind yaitu:

  • Teknologi UV2A (Ultra Violet Vertical Alignment) pada panel televisi, teknologi photo alignment yang menghasilkan mega contrast, high optical efficiency, dan high speed response. Hasilnya adalah layar mampu menghasilkan kualitas warna yang jauh lebih “hidup” dibandingkan teknologi yang ada saat ini dan bahkan bisa menghasilkan triliunan warna (pada TV konvensional biasanya hanya dalam hitungan juta warna).
  • Teknologi 4 warna yang menambahkan kuning (Yellow) kepada tiga warna utama merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue) atau RGB, memperluas gamut (susunan) warna dan dapat menampilkan hampir semua warna yang bisa dilihat dengan mata telanjang manusia, menghasilkan warna yang lebih solid, natural dan lebih kaya akan warna. AQUOS terbaru dengan teknologi LED Quattron memberikan warna yang benar-benar alami, seperti kuning emas, biru laut, biru langit, dan sebagainya Kombinasi panel X-Gen dan ultra LED untuk meningkatkan efek gambar jernih dan mengurangi 40% konsumsi energi.
  • Teknologi FRED (Frame Rate Enhanced Driving), televisi 3D konvensional menggunakan dua baris sinyal. UV2A memungkinkan respon tinggi dengan hanya menggunakan satu baris sinyal dengan drive berkecepatan tinggi. Hal ini akan mengurangi kabel dan komponen di panel dan meningkatkan efisiensi penggunaan cahaya, dengan konsumsi daya yang rendah.
  • Side-mount Scanning LED Backlight Technology, teknologi ini mampu mengurangi crosstalk pada televisi 3D, selain drive ganda bingkai dan teknologi pemindaian kecepatan ganda. Teknologi ini membatasi crosstalk yang mengurangi optical perception images dengan menggunakan kontrol cahaya on / off kecepatan tinggi dan drive yang terpisah.

“Ke-empat teknologi yang telah Sharp kembangkan tersebut mampu menghasilkan kecerahan (high brigthness) 1.8 kali lebih tinggi dibanding televisi 3D konvensional, crosstalk yang rendah, serta warna yang vivid atau high contrast. Ini merupakan usaha Sharp yang selalu ingin memberikan yang terbaik kepada konsumen melalui teknologi terdepan dari Sharp,” ungkap Division General Manager LCD Digital Systems-AV System Group, Sharp Corporation, Masahiro Yokota.

Sharp akan meluncurkan seri Aquos Quattron 3D TV  ke pasaran Indonesia yaitu LC-60LE925M dengan kisaran harga Rp. 55.000.000,- hingga Rp. 60.000.000,-. Product Marketing General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Herdiana Anita Pisceria mengatakan, ”Aquos Quattron 3D TV adalah produk premium dari Sharp yang diperuntukkan bagi konsumen High-End dan akan meningkatkan image Sharp sebagai produsen LCD. Kami optimis Aquos Quattron 3D TV akan diminati dan diterima masyarakat.”

Untuk kesempurnaan menonton melalui Aquos Quattron 3D TV, kacamata khusus 3 dimensi dirancang sedemikian rupa agar mampu menampilkan tayangan yang luar biasa. Dengan memakai kacamata 3D khusus, pemirsa dapat menikmati gambar 3D yang mengesankan dan sangat realistis. Fitur-fitur teknologi terdepan yang diperuntukkan untuk kenyamanan pengguna dibenamkan pada kacamata 3D ini, seperti:

  • Liquid chrystal shutter system, bahan dasar lensa yang digunakan untuk menciptakan ilusi gambar tiga dimensi dengan resolusi gambar, tingkat kecerahan layar, dan sudut pandang yang terbaik.
  • Kacamata 3D Aquos Quattron dilengkapi dengan Auto Power Off Function sehingga daya akan mati secara otomatis jika tidak ada sinyal emiter 3D yang diterima selama 3 menit.
  • 3D/2D Mode Conversion Button, ketika menonton secara bersamaan, tiap orang dapat menggunakan mode yang berbeda baik itu mode 3D atau 2D. Baik 3D dan 2D dapat dinikmati pada waktu yang sama.
  • Glasses Strap, agar tidak mudah tergelincir pada saat pemakaian.
  • Nose Pad, pengguna dapat memilih ukuran (kecil atau besar) agar kedudukan kacamata dapat tepat dipakai si pengguna.
  • Glasses case yaitu tempat menyimpan kacamata agar tidak mudah rusak
  • Cleaning cloth yaitu kain pembersih khusus untuk kacamata 3D.

Fitur-fitur unggulan lain yang mendukung tampilan Aquos Quattron 3D TV juga dibenamkan untuk menghasilkan performa terdepan, seperti:

  1. AquoMotion 200/240 menggabungkan teknologi 100/120Hz canggih dengan teknologi backlight baru Sharp scanning untuk menciptakan efek 200/240Hz sehingga meningkatkan kejelasan gambar dan kehalusan pergerakan dalam tayangan film dan olahraga.
  2. USB Port yang dapat memainkan hampir semua format media, baik dalam bentuk MP3, WMA atau gambar JPEG, Photo and Music Viewer.
  3. ECO button pada remote control memungkinkan untuk mengurangi konsumsi energi secara otomatis.
  4. SRS® Trusurround HD yaitu fitur yang mampu menghasilkan kualitas audio yang mengesankan, lengkap dengan bass dan detail frekuensi tinggi dan clear analog.
  5. Full Flat Design, dengan desain yang tipis dan ramping Aquos Quattron 3D TV cocok ditempatkan di mana saja.

Dengan Aquos Quattron 3D TV terbaru ini, masyarakat dapat melihat teknologi termutakhir dari Sharp dan Sharp percaya konsumen setia Sharp akan bertambah, khususnya di Indonesia.