D-Link DES-3200-26 Layer 2 Managed Switch yang mendukung koneksi Ethernet cepat hingga 100Mbps

Posted on October 27, 2010

0


– IPv6 Ready & Sertifikasi MEF-21 –

Indonesia, 25 Oktober, 2010  –D-Link, salah satu penyedia produk jaringan terbesar di dunia, hari ini menambahkan perangkat D-Link DES-3200-26 Port Layer 2 xStack Managed Switch yang didesain khusus untuk pasar broadband berkapasitas besar dari Metro ETTX (Ethernet ke pengguna) dan FTTX (Fiber ke pengguna) ke seri D-Link DES-3200. Dengan IPv6 ready, Switch 19 inci rackmount 26-port ini, memungkinkan Koneksi Ethernet yang cepat hingga 100 Mbps dan memiliki dua buah port Gigabit/ SFP Combo yang menyediakan pita lebar uplink 2Gbps atau dukungan ring topology ganda.

“Seperti seri-seri yang telah ada sebelumnya, keunikan fitur dari D-Link DES-3200-26 adalah desainnya yang tanpa kipas, yang mana membuatnya sangat cocok untuk pengembangan Ethernet to the Home (ETTH) dan secara efektif untuk mengurangi penggunaan daya, selagi memastikan mesin beroperasi tidak berisik” ujar. Desmond Toh, Direktur Pemasaran, D-Link International Pte Ltd. “Alat ini telah mendapat sertifikasi MEF 21 dan telah sesuai dengan spesifikasi teknikal dari Metro Ethernet Forum, sebuah jaminan bagi para pelanggan bahwa produk-produk jaringan kami dapat membantu mereka mengurangi biaya uji coba, masa pemasaran dan instalasi di pasar Carrier Ethernet berkecepatan tinggi”.

Performa tingkat tinggi untuk kebutuhan jaringan yang terus meningkat
Memenuhi kebutuhan jaringan yang sangat sensitif, D-Link DES-3200-26 mendukung 802.1D-2004 edition, 802.1w dan 802s Spanning Tree Protocol (STP). STP memungkinkan pengguna untuk mengatur switch dengan jalur backup bridge ganda, sehingga transmisi dan penerimaan paket dapat dijamin bahkan pada kondisi dimana ada switch yang rusak dalam jaringan. Switch juga mendukung 802.ad Link Aggregation, dimana memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan beberapa port secara parallel menjadi sebuah port, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan ketersediaan bandwidth. Quality of Service (QoS) tingkat lanjut yang memungkinkan trafik real-time diklasifikasikan kedalam 8 tingkat prioritas yang dipetakan kedalam 4 queues. Klasifikasi paket didasarkan pada TOS, DSCP, Alamat MAC, Alamat IP, VLAN ID, nomor port TCP/UDP, tipe protocol dan isi paket yang bisa didefinisikan sendiri oleh pengguna yang memungkinkan konfigurasi secara dinamis terutama untuk aplikasi  multimedia real-time streaming seperti voice over IP.

Keamanan jaringan tingkat tinggi dengan berbagai macam fitur
Seri DES-3200 mendukung 802.1X Port and MAC-based Access Control, Guest VLAN, RADIUS dan TACAS+ Authentication untuk kontrol akses yang ketat pada jaringan. Fitur IP-MAC-Port Binding memungkinkan administrator untuk mengkaitkan sebuah sumber alamat IP dengan sebuah alamat MAC atau dengan sebuah nomor port untuk meningkatkan kontrol akses pengguna. Fitur DHCP Snooping lebih lanjut meningkatkan kontrol ini dengan membuat switch mengerti secara otomatis pasangan IP/MAC dengan menangkap paket DHCP dan menyimpannya kedalam daftar IMPB yang diijinkan. Fitur-fitur ini memainkan peranan yang berarti untuk rangka menjaga jaringan tetap aman dan dapat di-audit. Sebagai tambahan, fitur SafeGuard Engine mengidentifikasi dan memprioritaskan paket ”CPU Interested” untuk mencegah trafik yang ilegal yang memungkinkan mengganggu jalannya jaringan dan melindungi switch yang sedang beroperasi. Fitur Access Control List (ACL) meningkatkan keamanan jaringan dan performa switch.

Fitur pengaturan trafik dan bandwidth yang efektif
Fitur pengaturan bandwidth pada DES-3200-26 memungkinkan administrator jaringan untuk mendefinisikan tingkat throughput untuk setiap port dalam rangka mengatur bandwidth. Fitur ini juga menyediakan pilihan yang kecil sampai dengan 62.5kbps untuk mendefinisikan trafik masuk/keluar. Switch ini juga mendukung fitur Broadcast Storm Control dimana mematikan port-port yang terpengaruh secara otomatis pada saat broadcast storm dideteksi dalam sebuah jaringan. Port Mirroring membantu administrator untuk mendiagnosa trafik atau memeriksa performa switch dan mengubahnya jika diperlukan. Q-in-Q, dikenal sebagai VLAN stacking, adalah solusi yang sangat powerful juga sederhana dan cost-effective dimana dapat digunakan untuk menyediakan beberapa koneksi virtual dan mengakses ke beberapa layanan yang tersedia melalui Metro Ethernet.

Didesain dengan dukungan Ethernet OAM (Operations, Administration dan Maintenance), DES-3200-26 menyediakan kemampuan untuk memonitor kondisi jaringan dan mengetahui secara cepat lokasi terjadinya kesalahan atau kondisi salah pada koneksi point-to-point dan mengemulasikan koneksi Ethernet point-to-point, kepada operator jaringan.

Kemampuan pengaturan perangkat yang mudah digunakan
DES-3200-26 mendukung protokol pengaturan yang standar seperti Simple Network Management Control (SNMP), Remote Networking Monitoring (RMON), Telnet, Secure Shell (SSH)/Secure Sockets Layer (SSL) security authentication dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Relay Option 82. Sebuah antar muka berbasiskan web juga didukung untuk pengaturan yang mudah dan antar muka yang user-friendly. DHCP Auto-Configuration adalah sebuah fitur pengaturan tingkat lanjut yang memungkinkan administrator untuk membuat file konfigurasi terlebih dahulu dan kemudian menyimpannya ke sebuah server Trivial File Transfer Protocol (TFTP). Setiap switch akan mendapat alamat IP dari server untuk booting dan mengambil konfigurasi yang sudah disimpan tadi.

Link Layer Discovery Protocol (LLDP) memungkinkan sebuah perangkat jaringan untuk menyebarkan identitas dan kemampuannya dalan jaringan lokal, yang membantu bisnis, mengatur topologi jaringan mereka lebih baik. Setiap port pada switch mendukung fitur Cable Diagnostics yang membantu untuk mendeteksi informasi yang berkaitan dengan kabel seperti status panjang kabel dan fungsionalitas dari kabel.

Fitur D-Link Single IP Management (SIM) mempermudah dan mempercepat tugas pengaturan, memungkinkan beberapa switch untuk diatur, dimonitor dan dipelihara dari setiap komputer mana saja yang menjalankan sebuah web browser melalui sebuah alamat IP yang unik. DES-3200-26 juga bekerja dengan perangkat lunak 6.0 D-View dari D-Link, sebuah Sistem Manajemen Jaringan yang memungkinkan untuk melakukan manajemen terpusat dari karakteristik jaringan penting seperti ketersediaan, keandalan, ketahanan, dan keamanan. Perangkat ini menyediakan satu set alat yang berguna bagi administrator jaringan yang ingin secara efektif mengelola konfigurasi perangkat, toleransi kesalahan, kinerja, dan juga keamanan.

Ketersediaan
D-Link DES-3200-26 Port Layer 2 xStack Managed Switch akan tersedia di pengecer resmi, reseller dan partner distribusi pada bulan October 2010.

– end-
Tentang D-Link International Pte Ltd
D-Link adalah pemimpin dunia dan perancang dengan sederet penghargaan, pengembang dan pemanufaktur dari produk-produk jaringan, nirkabel, broadband, digital elektronik, dan komunikasi suara dan data. Produk-produk tersebut memberikan solusi yang ideal untuk lingkungan Usaha Kecil Menengah (UKM), Small Office/Home Office (SOHO) dan kelompok kerja sampai dengan Perusahaan besar. D-Link International berkantor pusat di No. 1 International Business Park #03-12 The Synergy Singapore 609917. Website: http://www.dlinkntl.com.

Tagged: