Hawthorne, Aksi Jada Pinkett Smith Sebagai Perawat Bagi Kaum Miskin & Single Parent

Posted on October 27, 2010

0


Christina Hawthorne (Jada Pinkett Smith) adalah Direktur Perawat di sebuah Rumah Sakit bagi kaum miskin; seorang janda dan orang tua tunggal. Sering kali merasa kewalahan dengan semua bebannya dan muak dengan ketidakadilan manajemen Rumah Sakit serta tidak punya waktu untuk diri sendiri. Namun, ia tahu… ia harus menjalaninya.

18 Oktober 2010, Singapura – Penolakan dan pelayanan seadanya bagi pasien miskin ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, di AS pun hal ini terjadi dan kisah dramanya hadir dalam serial Hawthorne yang dibintangi aktris cantik Jada Pinkett Smith dan dapat disaksikan tiap Rabu jam 20.00 WIB mulai 20 Oktober 2010.

Jada Pinkett Smith memerankan tokoh Kepala Suster Christina Hawthorne yang mencintai pekerjaannya dan rela mempertaruhkan jabatannya untuk membela pasien-pasiennya agar tidak ditolak dan mendapatkan penanganan yang diperlukan. Maklum, Richmond Trinity Hospital tempat ia bekerja harus menekan anggaran habis-habisan akibat kesulitan keuangan.

Kesulitan keuangan ini mengakibatkan rumah sakit ini harus ditutup, sebagian besar pasien dan stafnya dipindahkan ke James River Hospital, satu-satunya rumah sakit di area kumuh itu dan terancam ditutup karena kualitas pelayanan yang buruk. Christina menolak tawaran untuk mengelola klinik spesialis swasta dan memilih untuk menjadi Direktur Perawat di James River Hospital.

“Kebijakan manajemen Rumah Sakit sering kali bertentangan dengan peri kemanusiaan, terlebih lagi di klinik atau rumah sakit untuk kaum miskin, pasti ada seseorang seperti Christina yang berani memperjuangkan keadilan bagi para pasiennya yang miskin,” kata Jada.

Selain kisah perjuangan Christina bagi para pesiennya dan bagaimana ia serta para koleganya menangani berbagai kasus medis, serial ini menceritakan upayanya menyesuaikan diri di tempat baru. Apesnya, Christina harus bekerja sama dengan seorang perawat senior yang keras kepala, sulit diajak kerjasama dan pemarah yang tidak ada niatan untuk bahu-membahu dengan Christina dan sebal dengan kenyataan Christina terpilih sebagai Direktur Perawat.

Tantangan yang dihadapi bukan hanya itu, sebagai orang tua tunggal pasca meninggalnya sang suami akibat kanker, ia harus membesarkan anak perempuannya yang menginjak masa remaja dan mulai membangkang. “Benar-benar bukan hal yang mudah, menjadi Direktur Perawat dan orang tua tunggal bagi seorang anak perempuan yang sedang nakal-nakalnya, untungnya masih ada unsur asmara dalam kehidupannya, hubungannya dengan rekan kerjanya, Dr. Tom Wakefield (Michael Vartan, Alias) semakin hangat,” terang Jada Pinkett sembari tertawa.

Bagi Jada, serial Hawthorne sangat berarti karena sangat mirip dengan apa yang dialami dirinya. “Ibu saya adalah seorang perawat yang bertahun-tahun bekerja sebagai Kepala Perawat di sebuah klinik wanita di area kumuh. Beliau membesarkan saya sebagai orang tua tunggal, dan saat saya remaja saya sangat nakal dan pembangkang. Jadi saya langsung jatuh cinta saat membaca naskahnya,” ujarnya lagi.

“Saya jadi tahu betapa susahnya peran yang dijalani ibu saya. Sehingga bagi saya, ini adalah kesempatan untuk menunjukkan rasa penghargaan saya kepada ibu saya dan para perawat hebat yang pernah hadir dalam kehidupan ibu saya dan saya sendiri,” lanjutnya sambil berkaca-kaca.

Tak hanya itu, serial ini pun sangat spesial bagi Jada, karena tak banyak serial televisi yang menuturkan kisah dari sudut pandang perawat dan menjadikan perawat sebagai tokoh utama. Selain itu, majalah Ebony menyebut Jada sebagai satu-satunya aktris kulit hitam yang menjadi bintang utama di serial televisi. Jada pun senang serial ini diterima masyarakat dimana sudah memasuki musim kedua dan musim ketiganya akan segera diproduksi.

Aksi Jada di serial Hawthorne Season 2 dapat disaksikan setiap hari Rabu jam 20.00wib mulai 20 Oktober 2010 di saluran Sony Entertainment Television melalui Indovision ch. 160.

###

Tentang Sony Entertainment Television
Sony Entertainment Television (SET) menjanjikan tontonan TV yang menggoda dan penuh sensasi yang ditujukan untuk siapa saja yang menginginkan tayangan hiburan yang menyenangkan stylish, seksi, cerdas, menyenangkan, serta nakal. SET menghadirkan program-program drama, reality show serta variety show dari berbagai genre mulai dari fashion, gaya hidup, desain, makanan, hubungan percintaan, dan gosip selebriti baik yang baru pertama kali ditayangkan di Asia maupun yang telah menjadi hit. Sony Entertainment Television dimiliki sepenuhnya oleh Sony Pictures Entertainment, dan dikelola oleh SPE Networks – Asia, yang juga mengoperasikan kanal AXN, AXN BEYOND dan ANIMAX.  Untuk informasi lebih lanjut tentang Sony Entertainment Television kunjungi http://www.set-asia.com/