INN dan Antara Hadirkan Mobile Media Portal

Posted on October 27, 2010

1


JAKARTA, 12 Oktober 2010 – Para pemilik telepon genggam (handphone) kini makin mudah mengakses informasi yang lebih variatif. Indonesia News Network (INN) bekerjasama dengan Kantor Berita Antara menghadirkan layanan portal media bergerak (mobile media portal) bernama INN Mobile.

Melalui alamat web: http://www.IndonesiaNewsNetwork.com dari handphone atau PDA, pengguna dapat memperoleh layanan informasi beragam. Mulai dari informasi berita terkini, artikel, ekonomi, olahraga, gaya hidup, lingkungan hidup, hiburan, hingga pendidikan.

Berbeda dengan format layanan media online versi mobile, INN Mobile mengklasifikasikan berita dan informasi dalam kanal-kanal tersendiri sehingga pengguna dapat dengan mudah memilih informasi sesuai dengan minatnya. Kanal-kanal tersebut tampil di dalam halaman depan (home page) INN Mobile. Tampilan format mobile disesuaikan dengan layar handphone sehingga memudahkan pengguna dalam membaca.

“Kami bekerjasama dengan Antara, dimana kami mengembangkan aplikasi dan platform mobile media, sementara Antara sebagai content partner,”ungkap Guntur Subagja Mahardika, Managing Director GMN Corporation, perusahaan media dan teknologi informasi & komunikasi (ICT) yang sedang mengembangkan jejaring media INN (Indonesia News Network).

Kantor Berita Antara merupakan pionir content partner kami, dan kami sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa media lainnya. Salah satu media yang sudah menyepakati secara prinsip adalah Republika Online. Simulasi konten Republika Online dapat diakses dalam INN Mobile.

“Konsep kami adalah dalam INN Mobile akan hadir banyak media sehingga memudahkan pengguna untuk memilih media yang diminatinya, baik media nasional maupun lokal,”papar Guntur Subagja, yang berpengalaman mengelola sejumlah media cetak.

Portal media bergerak ini dapat memberikan nilai tambah bagi media-media cetak atau lainnya seiring dengan terus meningkatnya pengguna handphone di Indonesia. Saat ini pengguna telepon seluler diperkirakan sebesar 140 juta pelanggan. Dari sejumlah itu, sekitar 25 persen diantaranya sudah memanfaatkan handphone sebagai sarana online berbasis internet.

Mobile media merupakan media baru yang akan menjadi pilihan masyarakat karena kemudahan dalam mengakses. “Masyarakat saat ini memanfaatkan handphone untuk apa saja karena kemudahannya dan sudah menjadi bagian gaya hidup sehari-hari masyarakat,”urai Guntur Subagja. Karena itu, media bergerak dapat menjadi pelengkap bagi media cetak atau media konvensional lainnya.

INN Mobile juga dilengkapi akses cepat terhadap jejaring sosial (social network) yang popular, seperti Facebook, Yahoo! Messenger, Twitter, dan e-Buddy. Semua itu disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna, sehingga cukup dengan sekali akses INN Mobile, mereka dapat menikmati semua layanan: informasi dan jejaring sosial. “Tag line kami, satu klik dapat semua!”kata Guntur.

INN menyediakan launcher yang dapat diunduh (download) untuk handphone, PDA, dan Blackberry. Semua layanan informasi ini dihadirkan untuk publik secara gratis.

GMN Corporation bersama InGO! Project mengembangkan aplikasi mobile reader bertajuk InGO! Reader. Aplikasi ini dilahirkan dari tangan-tangan kreatif anak bangsa, putra putra Indonesia untuk perkembangan teknologi informasi. InGO! Reader diarahkan sebagai aplikasi open source yang dapat dikembangkan dan digunakan siapa saja untuk kepentingan publik.

GMN Corporation adalah perusahaan media dan teknologi informasi & komunikasi (ICT) berbasis di Jakarta. Selain mengelola media dan penerbitan, GMN mengembangkan teknologi informasi berupa aplikasi mobile (mobile application), yang antara lain berupa mobile media dan juga sedang mengembangkan microfinance mobile banking. Produk lainnya adalah sistem antrian untuk perbakan atau konter layanan/pembayaran, temperature monitoring, SMS server, modem monitoring, dan lainnya.
(www.globalmahardika.com/it).

Tagged: , , ,