KEMBUDPAR DUKUNG PENUH PERHELATAN WISDOM 2010

Posted on October 27, 2010

1


BATU LONCATAN MENUJU WORLD CULTURE FORUM 2012

Jakarta, 18 Oktober 2010. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI  Jero Wacik menyambut baik dan memberikan dukungan penuh perhelatan akbar World Conference on Culture, Education and Science – WISDOM 2010 yang akan di gelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.  WISDOM 2010 dipandang berkaitan  erat dengan program nasional World Culture Forum yang direncanakan akan diselenggarakan pada tahun 2012 di Bali. Ajang ini merupakan gagasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadikannya sebagai pasangan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss. Jero Wacik menyampaikan, “Penyelenggaraan WISDOM 2010 memang diarahkan sebagai batu loncatan (stepping stone) menuju penyelenggaraan World Culture Forum 2012.” Penyelenggaraan konferensi internasional ini juga selaras dengan keunggulan utama Indonesia di bidang kebudayaan  yang sudah diakui dunia dan harus terus diangkat dan dikembangkan. Menbudpar yakin bahwa WISDOM 2010 dapat membangkitkan rasa percaya diri bangsa Indonesia yang keunggulan kearifan lokalnya sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

Sementara itu terkait dengan persiapan tahap akhir penyelenggaraan WISDOM 2010, Rektor UGM, Prof. Dr. Sudjarwadi. M.Eng., Ph.D. menyampaikan, “Secara keseluruhan, Organizing Committee menyatakan telah siap dan semua sesuai dengan tahapan kerja yang direncanakan, termasuk koordinasi dengan para mitra pendukung WISDOM 2010, baik dari kalangan Perguruan Tinggi maupun institusi terkait lainnya.

International Conference yang mengedepankan tema besar “Local Wisdom Inspiring Global Solutions,” ini akan menampilkan tokoh peraih hadiah Nobel Perdamaian 2006, serta pendiri Grameen Bank dan anggota Dewan Direksi Persatuan Bangsa Bangsa, Prof. Dr. Muhammad Yunus dari Bangladesh. WISDOM 2010 ini juga mempunyai agenda utama Colloquium in Honor of Dr. Ann Dunham Soetoro & Prof. Dr. Mubyarto, yang merupakan ajang diskusi dalam rangka menghormati hasil-hasil karya kedua tokoh tersebut di bidang pengembangan ekonomi kerakyatan. Dr. Ann Dunham yang merupakan mendiang Ibunda Barack Obama, Presiden Amerika Serikat dan Prof. Dr. Mubyarto adalah pejuang-pejuang ekonomi berbasis kerakyatan.

WISDOM 2010 juga akan mendiskusikan enam tema utama meliputi; Managing Multiculturalism: Complexities and Contradictions, Education in a Global World: Continuity and Change, Managing the Environment: Learning from the Past, Reaching for the Future, Technology and Socio-Cultural Change, Heritage Tourism and Creative Economy, Local Knowledge and Global Health

Rektor UGM, Prof. Dr. Sudjarwadi. M.Eng., Ph.D. menekankan, “WISDOM 2010 bertujuan menggali kearifan lokal (local wisdom) di dunia yang penuh dengan nilai-nilai (values) kehidupan manusia, untuk dikaitkan dengan perannya menjadi inspirasi penyelesaian masalah-masalah dunia yang muncul saat ini. Kita semua yakin bahwa kearifan lokal memiliki potensi dan kekuatan sangat besar untuk menginspirasi sintesis keragaman karakter solusi masalah dunia yang pada gilirannya memberi manfaat dalam meningkatkan mutu tatanan hidup masyarakat dunia.

WISDOM 2010 yang akan digelar pada 8 –  11 November 2010 di Universitas Gadjah Mada diikuti oleh 750 peserta dari 15 negera. Diantara mereka adalah tokoh-tokoh multidimensi dari dalam negeri, seperti; Prof. Dr. Sri Edi Swasono, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Dr.  Ninok Laksono, Dr. Charles Saerang, Garin Nugroho, Dwiki Dharmawan dan Carmanita. Sementara tokoh-tokoh akademis dari luar negeri meliputi antara lain; Prof. Michael Hitchcock, PhD. (Inggris), Prof. Dr. Datuk Mohd. Noh Dalimin (Malaysia), Prof. Duujian Tsai (Taiwan), Prof. Dr. Kwok Kian Woo (Singapura), Prof. Kaoru Takara (Jepang), Prof. Bruce Mitchell, PhD., Prof. Uichol Kim, PhD. (Korea Selatan), Dr. Jean Couteau (Prancis), Prof. Paul Morris (Selandia Baru), Prof. Dr. Judith Schlehe (Jerman), Dr. Nancy Cooper (USA),  Sandra Niessen, PhD. (Canada) dan Prof. Alice Dewey (USA).  Penyelenggaraan WISDOM 2010 juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan Nasional RI, Kementerian Pariwisata & Kebudayaan RI, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Kehutanan RI dan Kementerian Lingkungan Hidup RI serta 30 perguruan tinggi utama di Indonesia.

WISDOM 2010 tidak hanya akan dilaksanakan di kawasan kampus Universitas Gadjah Mada, seluruh peserta dari sejumlah negara ini akan diajak mengenal dan menikmati beberapa tempat budaya dan sejarah di Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Museum Ullen Sentalu, Rumah Budaya Tembi, Batik Winotosastro dan Museum Affandi.

Keterangan lebih lanjut, hubungi:
Irawati Dian Sari
WISDOM Secretariat
M : +62 81 3921 333 66
F   : (62 274) 583 783
E  : ir.diansari@gmail.com & wisdom@ugm.ac.id