Rayakan World Sight Day dan Cetak Rekor Nasional MURI

Posted on October 27, 2010

0


JAKARTA, 16 OKTOBER 2010 – Hari ini, Standard Chartered Bank membantu memperbaiki penglihatan 1250 pelajar Sekolah Menengah Pertama di berbagai area di Jakarta melalui pemeriksaan mata dan pembagian kacamata secara cuma-cuma di 10 sekolah yang tersebar di berbagai area di Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Penglihatan Mata Se-Dunia atau World Sight Day.

Program yang sejalan dengan kampanye kesehatan mata global Standard Chartered Bank bertajuk Seeing is Believing (SiB), berhasil tercatat pada rekor MURI untuk pemeriksaan ulang dan pembagian 1250 kacamata dalam kurun waktu setengah hari saja. Melalui kerjasama dengan Helen Keller International, sebagai mitra dalam memerangi kebutaan di Indonesia dan juga di dunia, kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen Standard Chartered Bank untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan pada generasi mendatang negeri ini.

Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Tom Aaker berkata, “Sungguh merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami untuk dapat membantu memperbaiki penglihatan 1250 generasi penerus bangsa ini. Diharapkan melalui perayaan World Sight Day dengan program pemeriksaan kesehatan mata dan bantuan kacamata cuma-cuma yang digelar hari ini dapat memberikan inspirasi nyata kepada semua pihak untuk berperan dalam pencegahan kebutaan di Indonesia.”

Kegiatan ini diberikan bagi siswa pelajar dari Sekolah Menengah Pertama di empat wilayah Jakarta, yaitu: SMPN 20 Jakarta Timur, SMPN 28 Jakarta Pusat, SMPN 190 Jakarta Barat, SMPN 269 Jakarta Pusat, SMPN 170 Jakarta Utara, SMPN 142 Jakarta Barat, SMPN 125 Jakarta Barat, SMPN 246 Jakarta Timur, SMPN 146 Jakarta Timur, dan SMP 261 Jakarta Utara.

Hellen Keller International, sebagai mitra Standard Chartered Bank Indonesia, mendukung penuh program ini melalui penyediaan pelatihan cara melakukan pemeriksaan bagi para relawan karyawan Standard Chartered Bank Indonesia serta penyediaan tenaga refraksionis profesional di setiap kegiatannya.

Untuk tahun 2010-2012 ini Standard Chartered telah mengalokasikan dana sebesar USD1 juta untuk memeriksa kesehatan mata bagi 125.000 siswa dan guru SMP di Jabodetabek, serta membagikan 18.200 kacamata secara cuma-cuma bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Seperti halnya di program-program kemasyarakatan kami lainnya, dalam kegiatan hari ini kami juga melibatkan para staff kami yang melakukan kerja sukarela. Di Standard Chartered Bank, setiap karyawan memperoleh tambahan dua hari cuti dalam setahun untuk melakukan kegiatan sosial di masyarakat. Khusus tahun ini, dalam rangka merayakan brand promise kami yang baru,  Here for good, cuti kerja-relawan ini ditambah menjadi tiga hari. Ini semua adalah bagian dari usaha kami untuk membuat perbedaan di dan bagi masyarakat,”tambah Tom.

Bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Standard Chartered juga berkomitmen untuk melakukan 1,000 operasi katarak di tahun 2010 ini, bagi mereka yang kurang mampu.