SariWangi Mobil Mudik 2010: Solusi Mudik Cerdik

Posted on October 27, 2010

0


Survei menyatakan bahwa program mudik gratis dari SariWangi ini dianggap sebagai jawaban atas permasalahan mudik yang ada, mulai dari perencanaan hingga kembali ke kota keberangkatan

Jakarta, 14 Oktober 2010 – Mudik adalah sebuah fenomena sosial yang rutin setiap tahun dan telah menjadi budaya sebagian besar masyarakat Indonesia. Menyadari permasalahan yang kerap timbul setiap tahun saat mudik, terutama pada proses persiapan, SariWangi untuk kelima kalinya kembali mengadakan program SariWangi Mobil Mudik 2010 untuk menjadi solusi dengan memberikan kesempatan mudik gratis yang aman dan nyaman. Didukung oleh Toyota Kijang Innova dan Telkomsel, program bertema “Solusi Mudik Cerdik” ini telah memberangkatkan 100 keluarga dari 10 kota besar di Indonesia selama tanggal 7-14 September 2010. Lebih dari itu, 10 dari 100 keluarga tersebut berkesempatan untuk mudik kembali tahun depan tanpa melalui proses seleksi sebagai grand prize.

Nanang Siswanto, Senior Brand Manager SariWangi menjelaskan, “Untuk menghindari timbulnya permasalahan saat mudik, persiapan mudik perlu dilakukan secara matang. Pertimbangan terhadap waktu, biaya, transportasi, terutama tujuan – mudik ke daerah asal orangtua istri atau suami – perlu melalui perencanaan yang baik dan dikomunikasikan bersama seluruh anggota keluarga. Dengan demikian diharapkan esensi mudik bisa tercapai, juga terjalinnya komunikasi efektif dalam keluarga.”

Berdasarkan survei yang SariWangi lakukan dalam perjalanan mudik tahun ini, mudik yang nyaman, aman dan penuh persiapan sangat didambakan oleh mayoritas responden. 60% responden mengatakan hanya mempersiapkan mudik kurang dari satu bulan sebelumnya, bahkan mendadak, namun dengan mengikuti program SariWangi Mobil Mudik 2010, 70% mengatakan stres berkurang baik saat mempersiapkan maupun saat perjalanan mudik.

Tri Suyono, pemenang SariWangi Mobil Mudik 2010 asal Jambi mengatakan, “Dana adalah pertimbangan utama saat saya dan istri merencanakan mudik. Saya sangat senang dengan adanya program mudik gratis dari SariWangi. Saya merasa beban saya terangkat karena mudik saya tahun ini benar-benar didukung oleh SariWangi, mulai dari kendaraan, supir, sampai uang saku. Dalam merencanakan mudik, pilihan destinasi juga menjadi faktor yang penting dikomunikasikan dengan anggota keluarga. Venny Tanudjaya, pemenang grand prize asal Surabaya menambahkan, “Penentuan tujuan mudik, apakah ke kampung halaman orangtua atau mertua, adalah hal yang sering saya sekeluarga debatkan menjelang mudik. Kami sangat bersyukur tahun ini kami menang grand prize dari SariWangi untuk bisa mudik lagi tahun depan, sehingga kami bisa mengunjungi sanak keluarga di kampung halaman masing-masing.”

Dilengkapi dengan fasilitas Toyota Kijang Innova yang nyaman, supir profesional, bensin gratis serta tempat peristirahatan yang tersedia di sepanjang rute perjalanan mudik, SariWangi Mobil Mudik 2010 menjadi solusi cerdik untuk menjawab permasalahan mudik yang ada. Selain itu, SariWangi Mobil Mudik 2010 juga memiliki misi untuk membantu para pemenang agar dapat berkomunikasi lebih baik lagi dan efektif dengan pasangan dan keluarga.

Sebanyak 95% responden mengatakan bahwa setelah mengikuti SariWangi Mobil Mudik 2010 mereka merasa lebih dekat dan dapat berkomunikasi lebih baik lagi dengan anggota keluarga. Hal ini, didukung pernyataan 93% responden yang setuju bahwa dengan melakukan mudik yang nyaman dan penuh persiapan, mereka dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan pasangan dan anak-anak dalam perjalanan mudik.

Nanang melanjutkan, “SariWangi menyadari banyaknya hal positif dari kegiatan mudik, salah satunya adalah kebersamaan selama perjalanan selama mudik yang dapat menjadi momen tepat untuk membangun komunikasi yang baik dan efektif di antara pasangan dan seluruh anggota keluarga, yang selanjutnya dapat membangun dan menguatkan emotional bonding sesama anggota keluarga. Hal positif itu kami dukung dengan kembali mengadakan SariWangi Mobil Mudik 2010 agar mereka dapat merasakan mudik yang aman, nyaman sehingga dapat fokus membangun komunikasi.”
“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme serta kerjasama yang sangat baik dari para pemenang SariWangi Mobil Mudik tahun ini. Program ini merupakan wujud apresiasi SariWangi terhadap konsumennya untuk menjadi solusi mudik cerdik juga membantu meningkatkan komunikasi efektif antara pasangan suami istri dan keluarganya. Karena SariWangi percaya bahwa prinsip komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci menuju keluarga yang harmonis,” tutup Nanang.

Tentang PT Unilever Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama 75 tahun. Sebagai perusahaan penyedia produk konsumen yang mempunyai peran penting di Indonesia, Unilever adalah produsen merek-merek yang sudah sangat dikenal masyarakat, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Pond’s, Citra, Blue Band, Sariwangi, Royco, Bango, Wall’s dan masih banyak lagi. Sebagai perusahaan yang telah ‘go public’ pada akhir tahun 1981 dan sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, Unilever memiliki komitmen kuat untuk terus maju bersama Indonesia. Pada tahun 2009, laba bersih tumbuh 26,5% hingga mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Penjualan tumbuh 17,1%  menjadi Rp 18,25 triliun.

Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan Unilever menjalankan program tanggung jawab perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) tidak hanya pada program korporasi, tetapi juga pada brand-brandnya. Beberapa Program sosial masyarakat yang dilakukan Unilever adalah: Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun (Lifebuoy), Program Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), Program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango), Program memerangi kelaparan dan membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band) dan masih banyak lagi. Dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, Unilever menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang: program pemberdayaan masyarakat/UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat / PHBS), Program Lingkungan (Green and Clean), dan lain-lain.

Posisi Unilever Indonesia yang kuat sebagai pemimpin pasar  telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan internasional yang diterima oleh perusahaan. Pada tahun 2009, Unilever Indonesia menerima 137 penghargaan baik dari dalam dan luar negeri dari berbagai media massa papan atas maupun instansi pemerintah, dan lembaga lainya antara lain: Asiamoney Best Managed Company & Asia’s Best Executive for Indonesia, The Most Admired Companies in Indonesia (best quality, best innovation, best long term vision, best corporate reputation & financial reputation), Asia’s Best Companies (best managed company, best corporate governance, best investor relations, best corporate responsibility, most committed to a strong dividend policy), International Stevie Award for Trashion as a winner Environmental Responsibilty Program of the year, The Most Admired Knowledge Enterprise in Asia, Indonesian CSR Award (1st winner in Social category – Integrated Health Promotion Program, 2nd winner in Environment category – Jakarta Green & Clean, 3rd winner in Economic category – Black Soya Bean Farmer Development Program), Top Brand Award (5 penghargaan), Word of Mouth Marketing Award (12 penghargaan), PR Program of The Year (6 penghargaan), The Most Inspirational HR Practitioner,  Investor Award Best Listed Companies (2 penghargaan), The Most Powerful Distribution Performance (3 penghargaan), The Best Companies Based on Relative Wealth Added Method, Famous Brand (2 penghargaan), Platinum Indonesia Best Brand (9 penghargaan), Golden Indonesia Best Brand Award, Indonesia Best Brand Award, Indonesia Customer Satisfaction Award (13 penghargaan), Indonesia Best Packaging Award (10 penghargaan), Metro TV MDG Award (1st winner Increasing Maternal Health Program), Perusahaan Idaman, Asia Pacific Entrepreneurship Award (Green Leadership Award), The Best in Social Marketing Award, The Best in Marketing Campaign Award, Excellent Brand (2 penghargaan), Indonesia Most Trusted Companies Award dan masih banyak lagi.