SHARP Electronics Indonesia Kembali Dianugerahi Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010

Posted on October 27, 2010

0


04 Oktober 2010, Jakarta – SHARP Electronics Indonesia (SEID) menambah deretan prestasinya dengan meraih 2 kategori di ajang penghargaan yang mengedepankan tingkat kepuasan pelanggan, Indonesian Customer Satisfaction Award ( ICSA ) 2010 untuk kategori lemari es dan mesin cuci.

Penghargaan bergengsi tahunan bagi merek-merek yang paling memuaskan pelanggan ini diselenggarakan oleh Majalah Swa Sembada, salah satu majalah ekonomi paling terpercaya di Indonesia, bekerjasama dengan Frontier, salah satu konsultan pemasaran dan riset terkemuka di Indonesia. Seperti tahun sebelumnya, penilaian ICSA 2010 ini berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan sebagai pengguna merek yang melibatkan 8.400 responden yang berada di enam kota besar di Indonesia : Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar.

Survei yang sudah diselenggarakan selama lebih dari satu dasawarsa (1999 – 2010) ini dilakukan terhadap ratusan kategori produk (manufaktur hingga jasa) yang ada di Indonesia untuk mendapatkan Indeks Kepuasan Pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI). Metodologi survei CSI 2010 ini mencakup empat parameter yang dilakukan dengan metodologi random dan booster untuk mendapatkan Total Satisfaction Score (TSS).

Parameter pertama, Quality Satisfaction Score (QSS) untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk/layanan. Kedua, Value Satisfaction Score (VSS) untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap harga yang mereka bayar. Yang ketiga, Perceived Best Score (PBS) untuk menilai keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adalah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen.

Parameter keempat atau yang terakhir Expectation Score (ES) digunakan untuk pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan dimasa yang akan datang.

Total kumulasi nilai keempat parameter tersebut merupakan nilai akhir kepuasan pelanggan atau Total Satisfaction Score (TSS) dimana hasil tersebut diperoleh dengan menggunakan metode  weighted means ( rata-rata terboboti ) dari QSS, VSS, PBS dan ES. Besar bobot untuk setiap parameter diperoleh dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling.

Untuk kategori produk lemari es dari 6 merek, SEID berhasil mempertahankan posisi teratas dengan jumlah skor TSS dari keempat parameter tersebut mencapai 4.194. Sedangkan untuk Kategori mesin cuci SEID berhasil naik menduduki peringkat pertama dengan total skor TSS 4.109. Dan untuk kategori produk TV LCD, AC dan Audio, SEID bersaing ketat dengan beberapa merek utama lainnya.

Keberhasilan SEID dalam mewujudkan keinginan pelanggannya seperti yang ditemukan dalam survei Swa dan Frontier tersebut memperlihatkan upaya perusahaan dari semua lini untuk terus secara bersama-sama memberikan yang terbaik dengan one of a kind product dan one of a kind technology kepada pelanggan di seluruh Indonesia. SEID pun  menyambut gembira penghargaan yang diberikan pelanggan kepada Sharp melalui survei ICSA 2010 ini, karena hal ini berarti kami mendapat apresiasi langsung dari pelanggan atas kerja keras dalam inovasi dan kreatifitas untuk produk-produk SEID hingga dapat memuaskan pelanggan.

Upaya SEID dalam memuaskan dan menjangkau pelanggan terwujudkan dengan adanya 26 kantor cabang dan Service Center Sharp di Indonesia, lengkap dengan 33 outlet Sharp Direct Service Station (SDSS) dan 223 outlet Sharp Authorized Service Center (SASS) yang tersebar di berbagai penjuru daerah di Indonesia untuk memberikan layanan purna jual terbaik dan tercepat.

Tagged: ,