SHARP Mini Garden

Posted on October 27, 2010

0


13 Oktober 2010, Jakarta – Indonesia mulai merasakan dampak pemanasan global (global warming), yang dibuktikan dari berbagai perubahan iklim maupun bencana alam yang terjadi.Dampak perubahan iklim telah begitu terlihat, banjir, gempa bumi, angin topan, dan lain-lain. Dampak lainnya yaitu hilangnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan khususnya di Indonesia yang memiliki aneka ragam jenis.

Indonesia merupakan negara terkaya akan keanekaragaman hayati ke-2 di dunia dan merupakan salah satu negara yang sudah meratifikasi konvensi keanekaragaman hayati pada tahun 1994 melalui Undang-Undang No. 5/1994 tentang Pengesahan United Nations Convention on Biological Diversity (Konvensi PBB mengenai keanekaragaman hayati, CBD). Hal ini lah yang menjadi perhatian khusus SHARP di Indonesia.

Untuk itu PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) menggelar program SHARP Mini Garden yang diadakan di kantor Pusat Sharp, Pulogadung, Jakarta Timur. Kegiatan ini juga untuk mendukung program Global Work Party yaitu Hari Perayaan untuk Solusi Iklim (A Day to Celebrate Climate Solutions) yang jatuh pada 10 Oktober 2010. Yaitu sebuah perayaan yang ditujukan agar kita bersama-sama mengurangi emisi karbon dan menciptakan masa depan dengan energi bersih.

”SHARP sebagai perusahaan ramah lingkungan selalu berupaya untuk ikut serta di tiap kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Sebelumnya SHARP juga telah menanam 3.000 pohon di seluruh Indonesia.” jelas Finance Director PT Sharp Electronics Indonesia Satoru Hashimoto.

SHARP Mini Garden merupakan kegiatan tanam pohon untuk menjadikan area kantor pusat  Sharp Pulogadung semakin hijau. Pada kegiatan sehari-hari, SEID pun telah menerapkan gerakan hijau dengan cara memadamkan seluruh lampu di kantor pusat selama satu jam tiap harinya pada jam istirahat, penghematan pemakaian air dan pengurangan menggunakan pendingin ruangan selama jam kerja, memakai bahan daur ulang dalam kegiatan kerja, serta memproduksi produk-produk hemat energi dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan ini SHARP menanam 50 pohon dari 6 jenis pohon lokal yaitu Jamblang, Menteng, Buni, Matoa, Mundu, dan Bisbul. Untuk mendukung program tersebut, SHARP mengajak para karyawan untuk melaksanakan penanaman pohon.

“Kami ingin karyawan kami untuk turut peduli dan berpartisipasi dalam program penanaman pohon sehingga akan menimbulkan rasa memiliki dan sadar lingkungan,” tambah Hashimoto.

Tentang Sharp Cares:
CSR PT Sharp Electronics Indonesia bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti  sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu  memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Kesungguhan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.